Home / Uncategorized / DAD Jakarta Dipercaya Panitia Sumpah Pemuda

DAD Jakarta Dipercaya Panitia Sumpah Pemuda

Jakarta, detikborneo.com – Wadah Forum Pembauran Kembangsaan  (FPK) merupakan organisasi Kemasyarakatan Plat Merah di bawah naungan  Kesatuan Bangsa & Politik (KESBANGPOL) Provinsi DKI Jakarta dan Dirjen Politik & Pemerintah Umum Kementerian Dalam Negeri.

Perayaan SUMPAH PEMUDA kali ini mengambil tema: KEMENDAGRI BERSAMA KESBANGPOL DKI JAKARTA DAN DIDUKUNG OLEH DAD DKI JAKARTA  MENYELENGGARAKAN LOMBA VIDEO CLIP MARS FPK.

Adapun agenda kegiatan nya adalah lomba:

1. Membuat Vidio Klip Mars FPK

2. Film Pendek Tentang Kehidupan Pembauran Suku Bangsa  di Indonesia.

3. Pembaca Teks SUMPAH PEMUDA

Memang patut diacungkan jempol apa yang sudah dipercaya KESBANGPOL DKI JAKARTA sehingga merekomendasikan DEWAN ADAT DAYAK (DAD) PROVINSI DKI JAKARTA.

Dalam keragaman suku, budaya dan agama di Masyarakat Adat Dayak sudah final dan tidak pernah ada lagi namanya pergesekan.

Semua itu karena falsafah Perjanjian Tumbang Anoi  sejak  tahun 1894  di  kampungnya Damang Batu orang yang menggagas pertemuan ini  di Kalimantan Tengah sehingga dapat menghasilkan  keputusan:

1. Mengakhiri Perang antar Suku Dayak biasa disebut Ngayo (Tradisi Potong Kepala)

2.  Menghentikan Perbudakan.

3.  Memberlakukan Hukum Adat.

Pertemuan Tumbang Anoi yang dilaksanakan selama satu bulan ini semua nya dibiayai oleh Masyarakat Tumbang Anoi atas prakarsa dari Damang Batu Tokoh Pemersatu di Rumah Betang saat itu.

Di negara kita yang jumlah suku bangsa di Indonesia mencapai tujuh ratus lebih semuanya ada di DKI Jakarta menjadi kan Jakarta adalah Kampung Nusantara, yang pasti penuh keberagaman ditambah lagi banyak bangsa yang menetap.

Sebagai Peran aktif dari KESBANGPOL DKI Jakarta menampung semua ormas ini diwadahnya  tergabung dalam Forum Pembauran Kembangsaan (FPK)

Tamunan Kiting SE adalah Ketua Umum DAD DKI Jakarta Periode Tahun 2021-2026 dipercaya mewakili Masyarakat Adat Dayak dan atas kinerjanya selama menjabat maka di percaya menjadi Ketua Panitia Nasional Hari SUMPAH PEMUDA Tahun 2021 di bawah mandat Dirjen Politik dan  Pemerintah Umum Kemendagri dan  Kesbangpol DKI JAKARTA.

Pada Senin 13 September 2021 DAD DKI Jakarta di undang oleh Dirjen Polotik & Pemerintah  Umum Kementerian Dalam Negeri untuk membahas rencana kerja acara yang akan dilaksanakan serta  memberikan Surat Keputusan.

Timotius Sipur Ketua 1 DAD yang mewakili  DAD DKI Jakarta saat pertemuan tersebut menyampaikan: Berterima kasih atas kepercayaan  Kemendagri, Kesbangpol dan FPK untuk menunjuk DAD DKI JAKARTA Menjadi Panitia dan siap untuk mensukseskannya.

Sipur juga menyampaikan bahwa yang  hadir pada pertemuan tersebut dari Direktorat Jenderal Politik & Pemerintah Umum Kemendagri, Kesbangpol Prov DKI & FPK.

Ketua Panitia, Tamunan Kiting menghimbau kepada semua Masyarakat Adat Dayak di Jakarta yang berasal dari lima provinsi di Pulau Kalimantan dengan jumlah anggotanya hampir dua puluh ribu untuk mendukung kesuksesan acara ini dan kepada semua suku bangsa di Indonesia untuk mau terlibat ikut serta kegiatan lomba yang diadakan. (Bajare007)

About Admin

Check Also

Ketua Umum Dewan Adat Dayak (DAD) Provinsi DKI Jakarta  Tamunan Kiting SE, MM bersilaturahmi dengan Bp Taufan Bakri Kepala Kesbangpol Provinsi DKI Jakarta

Ketua Umum Dewan Adat Dayak (DAD) Provinsi DKI Jakarta  Tamunan Kiting SE, MM bersilaturahmi dengan Bp Taufan Bakri Kepala Kesbangpol Provinsi DKI Jakarta

Ketua Umum Dewan Adat Dayak (DAD) Provinsi DKI Jakarta  Tamunan Kiting SE, MM bersilaturahmi dengan …