Home / Berita / Tondano di Goncang Gempa 5,8 Sr

Tondano di Goncang Gempa 5,8 Sr

Tondano, detikborneo.com -Gempa bermagnitudo (M) 5,8 terjadi di Bitung, Sulawesi Utara (Sulut). Titik pusat gempa ini berada di laut.
“Pusat gempa berada di laut 119 km Tenggara Bitung,” tulis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) di akun Twitter @infoBMKG, Kamis (14/10/2021).

Gempa yang terjadi pada pukul 23.16 WIT memiliki kedalaman 10 km. Titik koordinat gempa berada di 1,32 lintang utara dan 126,19 bujur timur.

“Hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi,” tulis BMKG.

Gempa ini dirasakan dengan skala MMI III di Tondano, Manado, Bitung, Bolaang Mongondow Timur, Bolaang Mongondow Selatan, serta skala MMI II-III di Minahasa dan Minahasa Utara.

Skala MMI II berarti getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Sedangkan skala MMI III artinya getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Belum ada informasi mengenai ada atau tidak dampak gempa tersebut.

Suasana penginapan di Yama Resort Tondano Kab Minahasa getaran gempa sangat terasa sekali terjadi kurang lebih hampir satu menit.

Di lantai dua tempat penginapan ini, getaran bergoyang membuat Lawadi yang menghadiri kegiatan kantor selesai baru mau istirahat kaget merasakan goyang akibat gemba, gantungan hiasan manik kerang didinding hotelpun terlihat bergerak.

Sepertinya di Sulut dalam tahun ini sudah dua kali terjadi gempa dengan skala ricter yang rendah, kejadian malam ini yang palin tinggi. (Bajare007)

About Admin

Check Also

Pembukaan MTQ Ke-XXIX Tingkat Provinsi Kalbar Tahun 2021 Akan Tampilkan Tarian Kolosal

Sintang, Detikborneo.com – Salah satu rangkaian acara pada kegiatan pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran ke-XXIX tingkat …