Home / Uncategorized / Menguatkan Komposisi Kepala Adat Dayak Paser, Ariadi Mengukuhkan Beberapa Kepala Adat Dayak Paser

Menguatkan Komposisi Kepala Adat Dayak Paser, Ariadi Mengukuhkan Beberapa Kepala Adat Dayak Paser

Poto: Samran, Ahmad Ariadi, Fadliansyah dan Raida

Menguatkan Komposisi Kepala Adat Dayak Paser, Ariadi Mengukuhkan Beberapa Kepala Adat Dayak Paser

Sepaku, detikborneo.com – Gaung kinerja Ahmad Ariadi D yang kerap disapa Ariadi sebagai Kepala Adat Besar Dayak Paser Kalimantan banyak membela masyarakat adat Dayak Paser yang terpinggirkan, sehingga membuat banyak orang Paser yang ingin bergabung, dengan alasan tersebut maka guna memperkuat tatanan pranata adat Dayak Paser maka perlu dibentuk Kepala- Kepala Adat secara terstruktur dari tingkat Propinsi, Tingkat Kabupaten, Tingkat Kecamatan hingga sampai ke tingkat Desa/ Kelurahan ditiap wilayah supaya menguatkan organisasi lebih solid lagi, sebagaimana tertuang dalam Anggaran Dasar dan Anggara Rumah Tangga Kepala Adat Besar Dayak Paser.

Agenda acara Pengukuhan dan Pengangkatan Kepala Adat Dayak Paser akan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 4 Desember 2021 di Jalan Negara Km. 34 Desa Tengin Baru Kec. Sepaku tepatnya di Kuta Adat Dayak Paser Kab. Penajam Paser Utara.

Yang akan dilantik saat Acara ini adalah: Kepala Adat Dayak Paser Provinsi Kalimantan Selatan, Kepala Adat Dayak Paser Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kepala Adat Dayak Paser: Tingkat Desa/Kelurahan, Tingkat Kecamatan Se Kabupaten Paser Penajam Utara.

Kepala Adat Besar Paser Bersama Anggotanya

Ketua Panitia Pelaksana Fadliansyah, ST, SH menyampaikan bahwa acara Pengukuhan dan Pengangkatan Kepala Adat Dayak Paser ini dilaksanakan sesuai dengan Adat Budaya Dayak Paser yang tertuang dalam AD/ART, sebagaiman kita ketahui bahwa banyak orang Dayak Paser yang melupakannya, dan semoga dengan agenda kegiatan ini membuat makin banyak orang Dayak Paser yang semakin mencintai budayanya sendiri serta tidak malu lagi mengaku Satu Darah Dayak yang tidak memandang strata sosial dan keyakinan.

Acara ini sengaja dilaksanakan di Sepaku yang merupakan titik nol calon Ibu Kota Negara baru sebagai icon yang menunjukkan keberadaan Dayak Paser yang masih ada dan berkembang, kedepan jika sudah diputuskan menjadi Ibu Kota Negara oleh Pemerintah Pusat maka bisa memperhatikan, membela dan memajukan nasib masyarakat Adat Dayak Paser.

Persiapan acara sudah dilakukan dengan matang dan undangan juga sudah disebar, yang tidak kalah penting pihak panitia tetap mewajibkan kepada tamu dan undangan yang akan hadir untuk tetap memprioritaskan serta mengedepankan protokol kesehatan dengan tetap menjaga jarak, mencuci tangan dan memakai masker demi menghindari penyebaran covid-19.

Agenda Diskusi Yang Akan Dilakukan Deputi IV KSP Salah Sasaran
Poto Ariadi Kepala Adat Besar Dayak Paser saat menghadiri diskusi bersama Para Pakar Universitas Indonesia di Kampus UI bersama para tokoh Dayak Kalimantan

Ariadi sebagai Kepala Adat Besar Dayak Paser Kalimantan dan Raida sebagai Kepala Adat Dayak Paser Kaltim dilantik dan dikukuhkan oleh Irjen Pol (P) Drs, Tommy Sagiman selaku Ketua Dewan Pembina Dayak Paser pada tanggal 30 Desember 2019 Di Hotel Gran Senyiur Balikpapan.

Pada acara Pelantikan dan Pengukuhan tersebut untuk Pembacaan Ikral Janji Setia Kepala Adat di tuntun oleh Sahidan Pelampung selaku Ketua Dewan Penasihat Dayak Paser.

Banyak pihak menantikan kinerja para kepala Adat yang berani dan tulus dalam memperjuangkan hak-hak masyarakat untuk ditingkatkan lagi. Supaya Dayak Paser menjadi Tuan di Negeri Sendiri.

Saat ini sudah banyak kasus Penyerobotan Tanah Ulayat Masyarakar Adat Paser yang dikuasai pihak luar menjadi tantangan besar kedepan jika tidak segera diatasi akan menjadi polemik yang merugikan semua pihak.(Bajare007)

About Admin

Check Also

Peduli Kasih DAD DKI Jakarta Untuk Korban Banjir Sintang, Kalimantan Barat.

Peduli Kasih DAD DKI Jakarta Untuk Korban Banjir Sintang, Kalimantan Barat. Sintang, detikborneo.com – Imbas …