Home / Berita / Toko Tri Sakti Terima Pembinaan dan Pendampingan UMKM Berbasis Modul ILO SCORE

Toko Tri Sakti Terima Pembinaan dan Pendampingan UMKM Berbasis Modul ILO SCORE

| Penulis: Batistuta Tama dan Antima Filadelfia | Editor: Rima Irma

Bengkayang, Detikborneo.com Institut Shanti Bhuana, Prodi Manajemen semester 7 pada Mata Kuliah Kerja Praktek akan mendampingi UMKM yang berada di Bengkayang.

SCORE Training merupakan sebuah pelatihan bagi UMKM/IMKM yang dikembangkan oleh International Labour Organization (ILO).

Modul SCORE (Sustaining Competitive and Responsible Enterprises) sebagai sebuah program pelatihan dan pendampingan terhadap UMKM dalam mengembangkan usaha bisnis serta memperkuat kerja sama dalam tim yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja produktivitas UMKM yang ada di Indonesia.

Modul ILO SCORE Indonesia menerapkan prinsip-prinsip yang digunakan seperti metode Learn Manufacturing, partisipasi para karyawan dalam mengupayakan meningkatkan kinerja Sumber Daya Manusia (Employee Participation) melakukan kegiatan pendampingan dan konsultasi di lapangan dalam mengkombinasikan pelatihan ILO SCORE (Training Combinations), program pelatihan dan pendampingan dalam satu bulan penuh yang meningkatkan biaya produktivitas serta mengembangkan program dengan mengimplementasikan kerja sama antar lembaga ILO SCORE Indonesia (Program Executive and Short Development Cost).

Perkembangan ekonomi di Indonesia, tidak terlepas dari adanya peran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Pertumbuhan jumlah UMKM yang terus meningkat dari tahun ke tahun, mampu memberikan kontribusi bagi masyarakat dan negara.

Namun dalam perkembangannya dengan pertumbuhan UMKM juga mengalami berbagai tantangan sehingga mendorong peran penting dari Pemerintah melalui International Labour Organization (ILO) menjalin kerja sama dengan lembaga pendidikan untuk berperan serta terlibat mengembangkan UMKM di Indonesia. Oleh karena itu, adanya studi yang dilakukan oleh Prodi Manajemen angkatan 2018 dalam mengikuti training dari pihak ILO SCORE memberikan pembekalan pelaksanaan Kerja Praktik untuk membantu perkembangan UMKM di Bengkayang.

Program Kerja Praktik dilaksanakan sejak bulan November hingga Desember 2021 selama sebulan penuh dengan melakukan Kerja Praktek selama 50 jam serta melakukan pendampingan dan konsultasi menggunakan modul berbasis ILO SCORE. Sebelum melakukan program Kerja Praktek, Mahasiswa perlu mengikuti pelaksanaan pembekalan pelatihan yang diajarkan oleh Dosen Pembimbing secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting.

Pada pelaksanaan pembekalan dan pelatihan diberikan bahan materi dengan berbagai modul ILO SCORE yakni modul bidang Kerja Sama, Berbagi Informasi, 5S, Tata Letak, Keselamatan, Kenyamanan Kerja (K3), Hygiene, Peningkatan SDM, Kualitas Produk, Pembukuan, Perhitungan Harga Pokok/ Jual, Inovasi, Pengembangan Produk, Pasar Baru, Promosi dan Sosial Media.

Pembekalan telah dilalui selama 1 minggu, dilanjutkan dengan observasi lapangan dan wawancara terhadap pemilik UMKM. Kemudian melakukan kerja sama dalam program pelatihan Kerja Praktik berupa Memorandum of Agreement (MoA), Baseline Assessment (BLA), dan pelaksanaan program pelatihan pendampingan Kerja Praktek berbasis Modul ILO SCORE serta melakukan penyusunan Laporan Akhir Kerja Praktek.

Keseluruhan Pelaksanaan KP memberikan pengalaman dan pengetahuan kepada Mahasiswa dalam mengetahui bagaimana proses pendampingan dan melaksanakan Kerja Praktek secara langsung pada Toko Sembako Tri Sakti yang menyediakan kebutuhan rumah tangga dan sayuran. Mengimplementasikan pendampingan sekaligus melaksanakan Kerja Praktek dapat membantu mengembangkan usaha bisnis UMKM yang berada di Bengkayang secara khusus pada Toko Sembako Tri Sakti dengan tujuan meningkatkan perekonomian UMKM secara optimal, efektif, dan efisien.

Dengan menjalankan Modul Pelatihan dan Pengembangan SDM ILO SCORE Indonesia melalui Kerja Praktek dalam melakukan kerja sama antar lembaga pendidikan serta UMKM yang bertujuan untuk mengetahui keahlian, kemampuan, dan keterampilan pada bidangnya masing-masing dalam menyelesaikan pekerjaannya yang menghasilkan lulusan yang dapat dipercaya saat terjun dalam dunia kerja nantinya. Selain itu, dapat meningkatkan pertumbuhan UMKM di Bengkayang dengan melaksanakan Program Pelatihan Pengembangan Pendampingan ILO SCORE melalui Institut Shanti Bhuana Bengkayang.

Program tersebut berupaya dalam keberhasilan mempertahankan keberlangsungan UMKM dan meningkatkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas serta memiliki keunggulan kompetitif. Tujuan dari pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals) dengan meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat sehingga menyejahterakan masyarakat Indonesia melalui UMKM dalam meningkatkan kerja sama dan produktivitas kinerja keberhasilan dalam mengembangkan UMKM di Bengkayang maupun pada wilayah Indonesia lainnya.

Deum Amare et Amatum Facere

About Admin

Check Also

R/E-volusi MENULIS | Dari Bulu Ayam ke Alat Tangkap Suara

Khusus di dalam teknik dan alat menulis. Perubahan secara lambat (evolusi). Ataukah perubahan secara cepat …