Home / Berita / UKDC Gelar Seminar Nasional Characterpreneurship

UKDC Gelar Seminar Nasional Characterpreneurship

Surabaya, Detikborneo.com – Seminar Nasional bertajuk Mengapa Karakter Penting Dalam Entrepreneurship? yang diselengarakan secara daring oleh kampus Universitas Katolik Darma Cendika (UKDC), Rabu (29/6/2022).

Characterpreneurship, suatu formula luar biasa dalam dunia usaha saat ini yang kemudian mengilhami Universitas Katolik Darma Cendika (UKDC) mengadakan seminar nasional tentang characterpreneurship.

Dengan pembicara yang pengalaman dalam dunia usaha yaitu Armand Hartono, putra mahkota pemilik BCA, Felix Ali Chendra merupakan Presiden Komisaris Lippo General Insurance, dan dari akademisi yaitu Prof. Dr. Sihol Situngkir merupakan Rektor Unika St. Thomas, Medan.

Karakter dalam entrepreneurship adalah tentang suatu kemampuan melihat dunia seperti yang dikatakan oleh Armand Hartono, “Kami bisa menjadi hari ini karena adanya masa sulit yang sudah dilalui. Tanpa karakter yang baik, akan cepat putus asa. Cara melihat dunia salah. Jadi stress.”

Mendukung hal tersebut Felix Ali Chendra juga  menyampaikan jika seseorang ingin menjadi pebisnis, maka kemampuan melihat peluang networking menjadi kunci.

“Kalau punya networking, punya sahabat dan mentor dapat memberikan masukan yang terkadang kita tidak bisa melihat peluang keluar dari masalah tersebut,” kata Felix.

Menurut Felix, yang membedakan pengusaha sukses adalah kemampuan mengelola masalah yang dihadapi.

“Jangan takut menghadapi masalah karena itu merupakan bagian dari kita naik kelas, jangan dilihat sebagai “the end of the world” tapi liat sebagai suatu tangga untuk bisa naik ke atas,” ujarnya.

Dari sisi akademisi Prof Dr. Sihol Situngkir, mengatakan sumber daya manusia yang unggul akan menghasilkan Indonesia yang maju. Karena itu perlu persiapan menuju Indonesia emas yang menghasilkan SDM unggul.

“Jadilah pemimpin yang transformasional bukan transaksional,” ujar Dr. Sihol.  

“entrepreneurship itu sangat membutuhkan karakter. Kegagalan demi kegagalan berbisnis akan menempa seorang entrepreneurship menjadi pengusaha yang berkarakter. Tanpa karakter yang baik, maka  seorang entrepreneurship akan sulit menapaki jalan kesuksesan,” kata Armand Hartono

Menurut Felix, yang membedakan pengusaha sukses adalah kemampuan mengelola masalah yang dihadapi. Di sisi lain menurut Prof Dr. Sihol Situngkir yaitu tentang kepemimpinan transformasional.  

Dapat disimpulkan terdapat poin penting yang dapat dikutip dari semua pembicara pada seminar ini, ternyata sepaham bahwa entrepreneur yang berkarakter adalah entrepreneur yang mampu melihat, menjawab dan menciptakan tantangan zaman.

About Admin

Check Also

Senam Sehat Bersama Dalam Acara Bazar Institut Shanti Bhuana Bengkayang

| Penulis: Betrishandi Titia Aurelly | Editor: Rima Irma Bengkayang, Detikborneo.com – Institut Shanti Bhuana, …