Home / Uncategorized / Enam PAMEN TNI Tokoh Dayak Yang Berpeluang Menjadi Jenderal.

Enam PAMEN TNI Tokoh Dayak Yang Berpeluang Menjadi Jenderal.

Jakarta, detikborneo.com -Sudah 76 Tahun Indonesia Merdeka mengusir penjajah tidak terkecuali Masyarakat Adat Dayak juga banyak yang gugur dimedan perang untuk berjuang bersama mempertahankan wilayah NKRI dari penjajah.

Kunjungan Marthin Billa Presiden Ke 3 Majelis Adat Dayak Nasional (MADN) bersama para Tokoh Dayak dan pengurusnya pada Kamis 30/06/2022 ke Kantor Panglima Jendral TNI Andika Perkasa di Mabes TNI sepertinya ada angin segar untuk harapan sangat dinanti bagi para tokoh -tokoh Dayak yang berkarir di TNI agar ada juga terlahir Jenderal baru dari Suku Bangsa Dayak saat ini.

Sangat menjadi harapan dan Panglima TNI Andika Perkarsa juga sangat merespon baik atas kunjungan para Tokoh Dayak dan Pengurus Majelis Adat Dayak Nasional (MADN) pada akhir pekan lalu.

Lawadi Nusah Sekum Dewan Adat Dayak DKI Jakarta dan Media Center serta Kepala Humas Kantor MADN mengapresiasi langkah mulia Marthin Billa dan Para Senior Tokoh Dayak yang sudah menyempatkan diri untuk bertemu dengan Jenderal TNI Andika Perkasa.

Dari data kami memang saat ini sudah ada enam orang Perwira Menengah TNI berpangkat Kolonel jika diberi kesempatan oleh Jenderal TNI Andika Perkasa maka mereka sangat berpeluang diangkat untuk menduduki jabatan strategis guna mendukung mensukseskan program kerjanya, ucap Lawadi.

Adapun ke Enam Pamen TNI berpangkat Kolonel dari para Tokoh Dayak ini diantaranya:

1.Kolonel Laut (E). Bonifasius Giantara Andjioe ST,. MAP Akmil TNI AL lulus Tahun 1993. Putra Dayak Kanayatn terlahir 1 Mei 1971 di Pontianak Kalimantan Barat. Saat ini menjabat PABAN 1 Rendik Ditdik Sesko TNI dari 2020 sampai sekarang. Pangkat Kolonel disematkan dipundak Bonifasius pada tahun 2016. Delapan tanda jasa sudah diterima oleh Boni diantaranya: Satya Lencana Wira Nusa, Satya Lencana Dwidya Sistha, UN Monuc Medal, Konga-XX, Satya Lencana Dharma Nusa, Satya Lencana Kebaktian Sosial, Satya Lencana Kesetiaan VIII, XVI & XXIV Tahun dan Bintang Jalasena Nararaya.

2. Kolonel CPL. Wilbertus, NS adalah alumni Akmil TNI AD kelulusan Tahun 1996, Putra Dayak Ut Danum lahir di Nanga Serawai Sintang pada 5 Maret 1972. Saat ini jabatan tugas yang diemban oleh Kolonel CPL. Wilbertus, NS sebagai Kepala Peralatan Kodam XIII Merdeka di Manado Sulawesi Utara sejak Desember 2021. Sudah dua jabatan yang diembannya sejak promosi Kolonel pada September 2020.

3. Kolonel Inf. Akatoto, SH adalah putra Dayak Maanyan Kalimantan Tengah, saat ini bertugas sebagai Komandan Distrik Militer 0903/ Bulungan Tanjung Selor Kalimantan Utara. Alumni Akmil TNI AD lulus Tahun 1997. Promosi Kolonel diemban Akatoto sejak April 2019.

4. Kolonel Marinir. Yustinus Rudiman, M.Tr (Han) adalah alumni Akmil TNI AL lulusan Tahun 1998. Saat ini bertugas sebagai Asisten Intelijen Danlantamal XII di Pontianak Kalimantan Barat. Lahir pada 2 Juli 1976 di Sambas Kalimantan Barat dan Dari Suku Dayak Kanayatn.Yustinus merupakan tokoh Dayak di TNI Mantan Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Cirebon dan masih banyak lagi tugas yang sukses diembannya.

  1. Kolonel Arm. Yusuf Setiaji, M.Si (Han) Alumni Akmil AD lulus tahun 1998 dan Saat ini menjabat sebagai Kepala Seksi Logistik (KASILOG) Kepala Staf Korem (KASREM) 152/BBL Kodam XV Patimura sejak Juni 2020. Putra Dayak Bugau/ Iban lahir 14 April 1976 di Sintang Kalimantan Barat.Kolonel Arm. Yusuf Setiaji tergolong masih muda dan banyak bertugas diluar negeri.
  1. Kolonel Niko Oktaria, SE, M.Tr. Hanla alumni akmil TNI AL lulus Tahun 1999. Lahir di Palangkaraya pada tanggal 28 Oktober 1978 dari Suku Dayak Ngaju, Pangkat Kolonel disematkan dipundak oleh Niko pada 1 April 2021. Saat ini Niko bertugas sebagai Asisten Oprasional Danlantamal XIV Sorong Papua. Dari usia saat ini Niko tergolong paling muda dari 5 Tokoh Dayak yang saat ini juga berkarir di TNI.

Ditempat terpisah Yakobus Kumis Sekjen MADN berharap penuh agar para tokoh Dayak yang mengabdi dan berkarir di TNI maupun Polri untuk didukung semua ormas dan masyarakat Adat Dayak.

Saat ini puji Tuhan sudah terjalin komunikasi dengan Mabes TNI dan berharap kedepan dapat terjalin juga dengan Mabes Polri dan Institusi lainnya, para tokoh Dayak yang berkarir di TNI dokumen sudah lengkap hari ini kita sampaikan ke Pak Andika dan mohon doanya ada 6 Tokoh Dayak yang pangkat kolonel dapat segera diangkat menjadi Jendral, ucap Yakobus Kumis. (Bajare007).

About Admin

Check Also

Jaksa Agung ST. Burhanuddin Tawarkan Marthin Billa Kerjasama Dengan Persatuan Jaksa Untuk Program Restorative Justice Dan Kawal Jaksa Nakal.

Jakarta, detikborneo.com -Gedung Bundar Kantor Jaksa Agung yang terkesan mengerikan ternyata didalam jauh berbeda, para …