Home / Berita / Uji Coba Pesawat Perintis Cassa C208B di AURI Sanggau Ledo, Tak lama Lagi Kabupaten Bengkayang ada Layanan Transportasi Udara

Uji Coba Pesawat Perintis Cassa C208B di AURI Sanggau Ledo, Tak lama Lagi Kabupaten Bengkayang ada Layanan Transportasi Udara

Bengkayang, detikborneo.com – Pesawat Penerbangan Perintis Cassa C208B sekira pukul 09.30 Wib di sukses uji coba landing di Pangkalan TNI Angkatan Udara Harry Hadisoemantri atau (Lanud Had)  (4/8/2022).

Kegiatan ini juga merupakan diskusi tentang potensi penerbangan perintis di Kabupaten Bengkayang dengan pihak PT Smart Cakrawala Aviation yang dilaksanakan di  Baseops Lanud Harry Hadisoemantri.

Hadir dalam kegiatan tersebut , Komandan Lanud Harry Hadisoemantri Letkol Nav W.P. Pujo Wahono, S. H., M. Han, Kapolres Bengkayang, AKBP Dr. Bayu Suseno, S.H.,S.I.K.,M.M., M.H, Dandim 1202 Singkawang diwakili Mayor Inf Katirin Dandim 1203 Singkawang, Wa Danyon PAM Tas 642 Mayor, Wakil Ketua DPRD Kab Bengkayang, Junaidi S.Pi, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkayang diwakili Sekdis Bapak Deomedes S. Sos. M. Si., Presiden Direktut PT Smart Cakrawala Aviation Bapak Pongky Najaya, Wadan Satgas Pamtas 645 Kapten Inf Agus Dwi Prabowo, Danyonzipur 6 Bengkayang Letda Czi E. F Riza,  Kepala Bea Cukai Jagoi Babang Bapak Agus Warjono, Camat Tujuh Belas Bapak Gustian Andiwinata, S. Pd. M. M., Camat Sanggau Ledo Bapak Dedy Rinaldi, Kapolsek Sanggau Ledo IPDA Dwiyanto Bhanu Susilo, S.I.P, Tokoh masyarakat Kec Sanggau Ledo dan Kec Tujuh Belas.

Adapun jenis pesawat yang melakukan uji coba landing Pesawat Penerbangan Perintis di  Baseops Lanud Harry Hadisoemantri adalah Cassa C208B, dengan pilot Capten Pilot Riski dan Rute Skw – Had – Liku.

Adapun uji coba landing pesawat penerbangan perintis dan diskusi tentang potensi penerbangan perintis di Kabupaten Bengkayang dengan pihak PT Smart Cakrawala Aviation, merupakan upaya pemerintah Kab Bengkayang dan Pihak Danlanud Harry Hadi Soemantri dan Pihak PT Smart Cakrawala Aviation untuk mendukung program pembangunan di wilayah kabupaten Bengkayang khususnya di daerah perbatasan antara Indonesia dan Malaysia di Jagoi Babang dalam hal akses transportasi udara sehingga dapat mendukung aktivitas masyarakat yang memerlukan waktu yang cepat.

Dengan adanya penerbangan sipil ini kelaknya akan sangat membantu percepatan transfortasi guna menunjang kebutuhan percepatan transfortasi daerah perbatasan.

“Kami sangat menyambut baik penerbangan perintis ini, dan semoga ini sangat membantu. Karena disekitar kecamatan Sanggau Ledo ini banyak perusahan-perusahan dan sanat dekat dengan perbatasan yang dimana banyak orang bekerja, jadi warga sangat menyambut positif dengan ada pesawat perintis di lanut ini. intinya sangat membantu warga di kabupaten Bengkayang umumnya”, ucap Kades Lembang pak Asuin saat di hubungi terpisah oleh wartawan.

“Masyarakat juga semangat dan mendukung penuh tersedia doorprize untuk yang menhgadirinya, kebetulan hari ini juga kami akan menghadiri undangan tersebut.” tutupnya.

Diketahui Pangkalan TNI Angkatan Udara Harry Hadisoemantri atau (Lanud Had) adalah Pangkalan Udara Militer type C yang terletak di dusun Bange Kecamatan Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang, Kalbar. Lanud ini digunakan oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI-AU). Pangkalan Udara ini sebelumnya bernama “Lanud Singkawang II” Nama pangkalan udara ini diambil dari salah seorang pahlawan TNI-AU, Kapten Udara (Anumerta) Harry Hadisoemantri. (Rd/Ar)

About detikborneo

Check Also

Senam Sehat Bersama Dalam Acara Bazar Institut Shanti Bhuana Bengkayang

| Penulis: Betrishandi Titia Aurelly | Editor: Rima Irma Bengkayang, Detikborneo.com – Institut Shanti Bhuana, …