Breaking News
Home / Berita / Mendagri Tito Karnavian Buka Rakernas 1 Majelis Adat Dayak Nasional (MADN)

Mendagri Tito Karnavian Buka Rakernas 1 Majelis Adat Dayak Nasional (MADN)

Mendagri Tito Karnavian Buka Rakernas 1 Majelis Adat Dayak Nasional (MADN) - detik borneo

Balikpapan, detikborneo.com – Mendagri Tito Karnavian hadir dan secara resmi membuka Rakernas MADN 1 di hotel Novotel Balikpapan Kalimantan Timur Kamis 13/10/2022.

Hadir dalam acara tersebut yaitu Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara Ir. Bambang Susantono, MCP., MSCE., Ph.D, para Gubernur dari Kalimantan, Wamen LHK Dr. Alue Dohong, Pd.D dan beberapa pejabat pemeritahan lainnya

Dalam sambutan nya ia menyampaikan kecintaannya pada suku bangsa Dayak,  hal itu dibuktikan nya beberapa acara tertentu dirinya dan istri menggunakan pakaian khas Dayak.

“Saya dari dulu sangat cinta budaya Dayak, ini adalah foto di istana dan istri menggunakan pakaian Dayak waktu HUT RI” ucap Tito yang tampilan foto beserta istri yang kompak menggunakan pakaian Dayak.

Lebih lajut dirinya juga mengatakan sangat terinspirasi atas salam Dayak yang sering di ucapkan dalam berbagai acara resmi Dayak dan Nasional. “Adil Ka Talino, Bacuramin Ka’ Saruga Basengat Ka’ Jubata

Makna yang besar dari kata tersebut sudah membuktikan bahwasannya Dayak sangat menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan bagi sesama.

Iya juga apresiasi seni dan Budaya Dayak, detail unik menunjukan variasi sangat tinggi dan toleransi bagi sesama.

Tarian tari perang mewujudkan masyarakat Dayak itu petarung dan pemberani. Dalam kotek kehidupan keberanian dan jiwa peratung di wujudkan dengan hal yang lain, bangkit dari kemiskinan, ketertinggalan dan lain-lain. Warga Dayak harus jadi petarung untuk menjadi pemenang.

“Sekarang keberanian dan jiwa petarung itu dalam wujud perang yang lain, yaitu real menjadi petarung  dalam SDM, mampu bersaing dengan ada nya IKN di Kalimantan”. Ucap Mendagri

Dirinya juga mendorong warga Dayak di Kalimantan mampu bersaing dengan ada nya IKN di Kalimantan juga membuat banyak keuntungan tak hanya di Kalimantan, bahkan Indonesia.

Dalam kesempatan itu juga Mendagri Tito Karnavian mendapat penganugerahan warga kehormatan tertinggi oleh suku bangsa Dayak ditandai dengan penyematan selendang manik, topi dan Mandau serta pembacaan SK oleh Sekjen MADN Yakobus Kumis. (Rd)

About detikborneo

Check Also

Jum’at Curhat, Kapolres Bengkayang Mengundang Kepala BNN Kabupaten Bengkayang, Ini Pembahasannya

Jum’at Curhat, Kapolres Bengkayang Mengundang Kepala BNN Kabupaten Bengkayang, Ini Pembahasannya

Bengkayang, Detikborneo.com – Untuk kesekian kalinya Kepolisian Resor Bengkayang menggelar program “Jum’at Curhat” yang di …