Breaking News
Home / Berita / Pilkades Serentak di Sintang Tahun 2022 Berjalan Aman

Pilkades Serentak di Sintang Tahun 2022 Berjalan Aman

foto: Pilkades serentak

Sintang, Detikborneo.com- Herkulanus Roni,SH,M.Si Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Sintang menjelaskan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak Tahun 2022 pada (Selasa,18/10/2022) sudah berjalan dengan demokratis, aman dan lancar.

Dari pantauan dan komunikasi pihaknya dengan anggota Polri, TNI dan panitia pelaksanaan Pilkades di desa yang menyelenggarakan pilkades,diperoleh informasi bahwa pelaksanaan Pilkdes Serentak Tahun 2022 di 72 Desa, dan hingga (sore senin 18/10/2022) pilkades di 72 desa dengan jumlah DPT 53.859 pemilih, 242 TPS dan 246 calon kades, mulai dari tahap pencoblosan dan perhitungan suara dalam kondisi aman, tertib dan lancar, ungkap Herkulanus Roni.

Anggaran operasional pilkades serentak tahun 2022 ini semuanya dibiayai oleh Pemkab Sintang. Pilkades ini melibatkan Panitia Pemilihan Kabupaten sebanyak 153 orang baik yang ada di tingkat kabupaten, sekretariat dan kecamatan. Tim akan bekerja selama 6 bulan, “jika ada sengketa, paling lama dilakukan 1 x 24 jam usai pencoblosan.

Penyelesaian pada tingkat desa dan kecamatan kurang lebih 10 hari, bila tidak selesai di tingkat desa dan kecamatan, akan diselesaikan pada tingkat kabupaten selama 20 hari”, dan untuk diketahui bahwa kita di Kabupaten Sintang sudah 3 kali dan punya pengalaman dalam Pilkades serentak ini, untuk Pilkades tahun 2022 merupakan keempat kalinya, Pilkades tahun 2021 yang lalu, kita sukses ungkap Roni.

Kapolres Sintang AKBP Tommy Ferdian menjelaskan Polres Sintang dalam rangka pengamanan proses pilkades tahun 2022 di menurunkan 117 personil Polri yang ditempatkan di semua TPS, dan personil Polri yang kami tugaskan ini semuanya berasal dari Polsek-Polsek dengan alasan mereka lebih paham kondisi dilapangan.

Pihak Polres Sintang sudah memetakan analisa kerawanan keamanan saat pilkades dengan menyiagakan pasukan penguatan sebanyak 45 personil, selain itu pihaknya juga telah meminta bantu Polres Sekadau 30 personil, Kompi Brimob 30 personil dan Samapta Polda Kalbar ada 30 personil, dan pihaknya yakin bahwa pilkades kabupaten tahun 2022 ini berjalan aman dan lancar, namun kami tidak mau lengah dengan tetap waspada dan siaga” tegas Tommy Ferdian.

Dandim 1205 Sintang Letkol Inf. Kukuh Suharwiyono mengatakan bahwa untuk mendukung pengamanan pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2022 di kabupaten sintang, pihak Kodim 1205 Sintang mengirim Babinsa yang ada di kecamatan untuk ditugaskan ke desa-desa yang melaksanakan pilkades serentak, dan dari 72 desa yang melaksanakan pilkades, pihak Kodim 1205 Sintang telah mengirim 144 personil TNI untuk memantau dan mengamankan pilkades. Dalam hal pegeseran pasukan,operasional dan logistik tim, pihaknya mendapat dukungan dari Pemda kab Sintang, terang. Kukuh Suharwiyono. ( VE*).

About Admin

Check Also

Jum’at Curhat, Kapolres Bengkayang Mengundang Kepala BNN Kabupaten Bengkayang, Ini Pembahasannya

Jum’at Curhat, Kapolres Bengkayang Mengundang Kepala BNN Kabupaten Bengkayang, Ini Pembahasannya

Bengkayang, Detikborneo.com – Untuk kesekian kalinya Kepolisian Resor Bengkayang menggelar program “Jum’at Curhat” yang di …