Home / Spiritual / Korban Iklan

Korban Iklan

Iklan shampoo yang diperagakan oleh orang-orang cantik membuat pemirsa televisi terbius oleh bujuk rayunya agar bukan saja membeli shampoo tetapi juga menjadi seperti artis cantik itu.

Seorang penyanyi yang fenomenal seperti Elvis Presley, John Lennon, Agnez Monica, dan masih banyak lagi menjadi trend pada eranya dalam hal gaya rambut, cara bernyanyi, trend busana dan lain sebagainya. Orang menjadi senang mengikuti gaya orang lain sampai kehilangan dirinya sendiri.

Salah satu hal yang tidak mudah dijalani oleh manusia adalah menjadi diri sendiri. Sepertinya bagi banyak orang, hidup menjadi orang lain adalah hal yang wajar bahkan ketika melakukannya mereka tidak sadar bahwa mereka sedang berusaha menjadi orang lain.

Dalam usahanya tersebut sampai- sampai ada yang membenci dirinya sendiri. Apapun bentuknya, ketika seseorang tidak menjadi dirinya sendiri, itu adalah hal yang tidak baik, tidak benar dan meleset dari tujuan mengapa manusia diciptakan.

Di dalam dunia yang kompetitif, banyak orang berlomba untuk menaikkan jenjang karir agar lebih profesional dan bekerja dengan baik, orang terinspirasi oleh orang sukses lain, aturan kerja dan lainnya membuat dirinya berubah, bukan lagi yang alami. Kebanyakan manusia memilih untuk ‘bermain aman’ daripada mengambil resiko ‘tidak aman’ dengan menjadi dirinya sendiri.

Dapatkah Anda membayangkan jika diantara sepuluh sahabat Anda, hanya ada satu, yaitu Anda saja yang berbeda ketika sebuah pendapat atau sikap ditanyakan? Setidaknya ada pergulatan batin untuk mengambil keputusan, untuk memilih yang aman dan nyaman atau yang benar dan beresiko.

Pribadi yang menjadi diri sendiri adalah menjadi berbeda dengan orang lain, dan untuk mewujudkan itu dibutuhkan keberanian yang besar. Bagi seorang pemimpin otoriter, mereka akan mencari orang-orang yang menurut dan mau dibentuk sesuai keinginannya. Sebagai contoh adalah kepemimpinan Hitler di Jerman. Dia menghendaki hanya ras Jerman yang bertahan dan unggul dengan membasmi ras-ras yang lain karena dianggap akan mencemarkan ras Jerman.

Semua orang dicetak untuk menjadi sama dengan cita-citanya. Manusia menjadi tidak asli atau orisinil lagi karena dia menjadi orang lain. Semestinya manusia terlahir dengan kekhasannya yang alami, bertumbuh dewasa dalam kealamiannya dan mati juga tetap alami.

Resiko apa yang harus diambil untuk menjadi diri sendiri? Kemungkinan kehilangan teman, kehilangan jabatan, kehilangan kesempatan, bahkan bisa kehilangan orang yang terdekat atau malah mungkin bisa mati.

Para tokoh yang terkenal karena berani menjadi berbeda misalnya: Albert Einstein ahli Fisika, Thomas Alfa Edison penemu bolam lampu, Leonardo Da Vinci, seorang pemahat, pelukis. Mereka orang-orang yang berhasil menjadi dirinya sendiri walaupun mereka memiliki banyak kekurangan di aspek yang lain jika dibanding dengan orang lain.

Kemauan keras untuk menjadi diri sendiri yang berani berbeda dengan yang lain membuat mereka mampu menghasilkan karya- karya yang besar. Bayangkanlah jika orang hanya berani mengekor, menjadi penggemar bahkan fans berat seseorang hingga mati-matian hendak meniru idolanya, maka hidupnya justru tidak akan menghasilkan apa-apa.

Di dalam Alkitab ditunjukkan kisah orang-orang yang sangat mencintai Tuhan dan menjadi diri sendiri. Contohnya: Daniel, yang bersedia untuk berbeda dengan orang pada umumnya.

Daniel 1:8a mengatakan, ”Daniel berketetapan untuk tidak menajiskan dirinya dengan santapan raja dan dengan anggur yang biasa diminum raja.” Pada ayat 16, Daniel memilih untuk makan sayur daripada makanan kehormatan yang biasa disantap raja.

Kisah ini menarik karena Daniel memiliki keberanian untuk berbeda dengan lingkungannya, dan meninggalkan yang enak-enak dan istimewa, bahkan hidangan kehormatan itu dapat meningkatkan keakraban yang menambah kehangatan, persahabatan antara Daniel dan rekan pejabat lainnya dan raja. Daniel mengambil sikap tegas untuk menolak tawaran raja, no way!

Berbeda lagi Yohanes pembaptis yang eksentrik, tidak mengenakan pakaian yang selayaknya sebagai seorang anak imam, dan makan selayaknya anak imam. Ia mengenakan jubah bulu onta, ikat pinggang kulit dan makanannya madu hutan (Matius 3:4), namun suara lantangnya berani diserukan di padang gurun sebagai pembuka jalan bagi Yesus.

Bagaimana dengan kita?

Di dalam 2 Korintus 5:17 dikatakan bahwa kita adalah ciptaan baru di dalam Tuhan. Kita harus berbeda dengan pola pikir dunia ini meskipun kita tidak bisa lepas dari mereka. Sedangkan di dalam lingkup ‘rohani’ kita juga perlu mendengar panggilan, memiliki visi dan kreativitas yang diyakini dapat menyenangkan hati Tuhan dan memperluas kerajaan-Nya dengan keaslian kita, jangan ragu! Jika Tuhan berkenan, maka Dia akan menyertai kita untuk menjadi diri sendiri.

Pepatah mengatakan: ONE MAN WITH GOD IS MAJORITY.

About Admin

Check Also

MADN dan Ormas Dayak Jabodetabek Bersama Rayakan Natal Oikumene 2023

Jakarta, detikborneo.com – Warga Dayak Jabodetabek akhirnya sukses melaksanakan Natal bersama Minggu 27/1/2024 bertempat di …

33 comments

  1. oral clomiphene 50mg clomiphene price clomid 100mg us

  2. generic gabapentin gabapentin 100mg drug gabapentin 100mg us

  3. buy generic furosemide diuretic order furosemide 100mg sale order furosemide 40mg

  4. doxycycline online order cheap acticlate order doxycycline 100mg

  5. buy rybelsus without a prescription semaglutide us semaglutide 14 mg generic

  6. levitra 10mg sale vardenafil 10mg price vardenafil price

  7. lyrica 150mg generic generic pregabalin 75mg buy generic lyrica over the counter

  8. buy generic plaquenil online oral plaquenil plaquenil cost

  9. triamcinolone 10mg cheap triamcinolone without prescription aristocort 10mg cost

  10. buy tadalafil 40mg online cheap cialis 20mg tablet tadalafil 40mg price

  11. clarinex for sale online order desloratadine online cheap brand desloratadine 5mg

  12. purchase cenforce online cheap order cenforce 50mg order cenforce online cheap

  13. claritin 10mg ca claritin 10mg over the counter loratadine 10mg cheap

  14. buy aralen paypal chloroquine 250mg for sale order aralen 250mg online

  15. order dapoxetine 30mg online order misoprostol without prescription misoprostol 200mcg sale

  16. glucophage 1000mg us buy generic glucophage 1000mg purchase metformin

  17. purchase xenical online diltiazem tablet order generic diltiazem 180mg

  18. lipitor over the counter atorvastatin 80mg canada order lipitor generic

  19. order acyclovir 800mg generic buy acyclovir 800mg pills buy zyloprim for sale

  20. norvasc oral oral norvasc purchase amlodipine generic

  21. rosuvastatin price order ezetimibe online cheap order generic zetia 10mg

  22. purchase zestril buy generic lisinopril 5mg brand zestril 2.5mg

  23. metoprolol 100mg over the counter order lopressor 100mg online metoprolol 100mg us

  24. ketorolac us cost colcrys purchase colchicine for sale

  25. buy methylprednisolone for sale depo-medrol brand medrol 16 mg for sale

  26. i need a paper written for me writing assignments academic writing article

  27. generic methotrexate 2.5mg methotrexate drug order coumadin

  28. mobic 15mg pill generic mobic 15mg buy celebrex 100mg for sale

  29. buy maxolon sale buy maxolon no prescription losartan 50mg over the counter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *