Home / Uncategorized / Keren Alue Dohong Akan Memfasilitasi Anggota TBBR Menjadi Bagian Penjaga Hutan Di Kementerian LHK
IMG 20230320 WA0005 1

Keren Alue Dohong Akan Memfasilitasi Anggota TBBR Menjadi Bagian Penjaga Hutan Di Kementerian LHK

IMG 20230320 WA0010

Toho Kab Mempawah, detikborneo.com – Peringatan Hari Ulang Tahun Keramat Patih Patinggi yang dilaksanakan dari tanggal 17-19 Maret 2023 di Desa Sepang Kecamatan Toho Kabupaten Mempawah Kalimantan Barat berjalan sukses dan lancar.

Meskipun cuaca dalam keadaan hujan pada awal kegiatan bahkan akses menuju lokasi dari jalan raya kurang lebih dua kilometer tidak menyurutkan Tamu Penting dan para anggota untuk hadir melewati akses jalan banjir dan becek.

Diantaranya Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo orang nomor satu di Kepolisian Negara Republik Indonesia juga ikut hadir pada tanggal 18 Maret 2023.

IMG 20230319 WA0016

Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo dianugerahi gelar Patih Bakula dan menyatakan diri bagian dari masyarakat adat Dayak di TBBR dan TBBR merupakan juga bagian dari Kapolri ucapnya saat menerima anugerah Patih Bakula oleh Masyarakat Adat Dayak di TBBR atau Pasukan Merah Pimpinan Agustinus PJ (Panglima Jilah).

Kehebohan hari kedua makin seru lagi saat peringatan Keramat Patih Patinggi pada tanggal (19 /03/2023) dengan dihadiri Alue Dohong putra Dayak yang saat ini menjadi Wakil Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan RI.

IMG 20230320 WA0009

Alue Dohong merupakan warga berasal dari Dayak Ngaju Kalimantan Tengah dan di Masyarakat Adat Dayak Nasional (MADN) Jabatannya saat ini menjadi Ketua Dewan Pakar.

Dalam mengikuti rangkaian kegiatan dari mengunakan sepeda motor hingga naik rakit kayu untuk menyeberangi sungai kecil menuju lokasi Keramat Patih Patinggi dilalui dengan sukacita bersama para tokoh-tokoh masyarakat adat Dayak di TBBR.

Sambutan tarian penyambutan khas Dayak Ngaju dan tradisi potong umpakng/ upakng/ pantan menjadi tanda tolak bala atas kehadiran tamu di suatu wilayah atau daerah menjadi rangkaian kegiatan yang harus dilewati secara hikmat dan seksama oleh ribuan anggota TBBR serta peserta tamu undangan.

IMG 20230320 WA0005 1

Kehadiran Alue Dohong di Keramat Patih Patinggi dalam rangka untuk mensosialisasikan dan memfasilitasi hutan adat serta peletakan batu pertama pembangunan rumah radakng dilokasi keramat Patih Patinggi.

Yulius Aho selaku Dewan Pembina dan Penasehat TBBR mengucapkan terima kasih kepada Kapolri jenderal polisi Listyo Sigit Prabowo, Alue Dohong dan Daud Jordan Petinju juara Dunia yang berasal dari Dayak Simpang Ketapang telah meluangkan waktu untuk hadir memperingati HUT Keramat Patih Patinggi bersama keluarga besar Pasukan Merah atau Tariu Borneo Bangkule Rajakng (TBBR).

IMG 20230320 WA0007 1

Selama kegiatan pada momen yang bersejarah ini untuk masyarakat adat Dayak dan TBBR, Aho mengajak semua masyarakat adat Dayak untuk kembali ke dasar pedoman adat budaya Dayak yang tidak bisa digantikan dengan kemajuan teknologi sehingga setiap kegiatan adat bulan hanya sekedar simbol dan lambang saja tapi wajib nyata dilakukan, ucap tokoh Dayak yang ikut menjadi kandidat Ketua DAD Provinsi Kalimantan Barat beberapa waktu yang lalu.

Juga disampaikan terima kasih kepada Pak Alue Dohong yang telah memotivasi anggota TBBR untuk selalu mencintai Budaya Dayak dan akan memfasilitasi hutan produksi yang seluas 10 Ha di lokasi Keramat Patih Patinggi menjadi Hutan Adat. Terima kasih juga jika ada anggota TBBR bisa dilibatkan menjadi bagian dari Penjaga Hutan Adat dari kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan, kata Aho yang saat kegiatan juga ikut menyumbang 3 mobil ambulance dan satu ruko untuk kantor sekretariat TBBR di Kota Pontianak. (Bajare007).

About Admin

Check Also

IMG 20230311 WA0047

Dua Maestro Dayak, Bidang Musik Sape Dan Gitar Memeriahkan Hari Musik Nasional 2023 Di Jakarta

Poto: Fery Sape, Lawadi Nusah (Sekum DAD DKI Jakarta) Dan Eet Sjahranie Jakarta, detikborneo.com -Hari …