25.7 C
Singkawang
More
    BerandaBeritaSah Dilantik Ketua LPD DKI Jakarta, Nini Magdalena Tancap Gas, Berikut 5...

    Sah Dilantik Ketua LPD DKI Jakarta, Nini Magdalena Tancap Gas, Berikut 5 Program nya

    WhatsApp Image 2023 07 19 at 21.26.31

    Jakarta, detikborneo.com – Ketua Umum Lembaga Perempuan Dayak Nasional (LPDN) Nyelong Inga Simon melantik Nini Magdalena, S. Th sebagai Ketua LPD DKI Jakarta pada Rabu (19/07/2023).

    Hadir di pelatikan tersebut juga ketua Dewan Adat Dayak (DAD) DKI Jakarta bapak Tamunan Kiting, berserta tamu undangan lainnya.

    Pembukaan acara dengan tarian Dayak, dan lagu mars Dayak, kemudian Nyelong Simon membaca satu persatu pengurus yang dilantik.

    Baca Juga : Nyelong Inga Semon Lantik Nini Magdalena Menjadi Ketua LPD DKI Jakarta

    Usai dilantik Nini Magdalena sampaikan pesan sambutanya bahwa perempuan adalah salah satu tonggak penting dalam keluarga.

    “Perempuan adalah salah satu tonggak penting dalam keluarga, suku dan bangsa, Sejak awal penciptaan manusia, Hawa melengkapi kebutuhan Adam. Ia melengkapi kebutuhan emosi, intelektual, dan sosial Adam” Ucap Nini.

    Tak sampai disitu Ia juga sampaikan 5 program-program LPD kedepan, diantaranya yaitu:

    1.Pengembangan dan pemberdayaan kaidah-kaidah adat istiadat dan hukum adat di dalam Masyarakat Dayak sesuai dengan Struktur Lembaga Adat Asli, yang mengatur sistem sosial dan kemasyarakatan dalam masyarakat adat Dayak serta fungsi dari masing-masing Lembaga Adat tersebut. memperkenalkan parawisata Kalimantan,

    2.Peningkatan hubungan antar perempuan Dayak dan perempuan pada umumnya untuk berpartisipasi aktif dalam pemberdayaan perempuan , Meningkatkan komunitas pemuda dan olah raga disegala bidang olang Raga yang ada, memberikan penyuluhan dan pelayanan Kesehatan kepada anak, berperan aktif dalam Upaya menghapuskan kekerasan terhadap anak dan perempuan, memberikan penyuluhan dalam Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba

    3.Mendorong agar terjadinya peningkatan aktifitas dan kratifitas ekonomi baik dalam bidang UMKM, dalam melestarikan kebudayaan dan lingkungan hidup, mendaur ulang sampah, Home industry, usaha produksi dan usaha perdagangan lainnya.

    4.Mengkaderisasi perempuan Dayak dalam berpartisipasi antar Lembaga dalam  pengembangan sebagai  upaya yang terencana, terpadu dan terarah agar hukum adat, adat-istiadat, kebiasaan kebiasaan dalam masyarakat, dan lembaga adat dapat tumbuh dan berkembang, sehingga mampu meningkatkan peranannya dalam mengangkat harkat dan martabat masyarakat adat setempat,  tetap mampu beradaptasi dengan perubahan sosial, peradaban dan budaya bangsa, dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

    5.Mendorong dan mengembangkan kwalitas dan kreatifitas perempuan Dayak dalam bidang IT dan Jurnalistik untuk menciptakan berita-berita publik yang positif, berkualitas melalui informasi, data, dan sudut pandang baru. (Rd)

    Latest articles

    Explore more

    Arsip berita