24.2 C
Singkawang
More
    BerandaBeritaWakil Bupati Sintang Melkianus, S.Sos Buka PGD Sintang XI

    Wakil Bupati Sintang Melkianus, S.Sos Buka PGD Sintang XI

    Sintang,  detikborneo.com – Wakil Bupati Sintang Melkianus,S.Sos dengan ditandai pemukulan gong sebanyak 7 kali dan dilanjutkan membuka dan minum Tuak Pemali di halaman betang Tampun Juah sekaligus membuka Pekan Gawai Dayak (PGD) XI Sintang tahun 2024 pada Rabu (24/7/2024).

    Diketahui PGD Sintang XI  akan berlangsung dari tanggal 24 – 27 juli 2024 di Rumah Betang Tampun Juah Sintang Desa Jerora 1 Jl.Sintang Putussibau.

    Dalam sambutannya, Wakil Bupati Sintang menyampaikan terima kasih kepada Panitia PGD XI sintang ini yang sudah merencanakan dan menyiapkan sehingga terselenggaranya kegiatan gawai pada hari ini, dan atas PGD XI Sintang tahun 2024 ini pemerintah sangat mendukung event budaya yang sukses ini, ungkap Melkianus. Kabupaten sintang telah menetapkan Sintang sebagai Collaborative Governance.

    Gambar WhatsApp 2024 07 25 pukul 13.19.41 095c1d37

    BACA JUGA : Pekan Gawai Dayak ke 38 Resmi di Buka

    Sebagai Wujud Pemerintah yang kolaborasi, maka semua persoalan dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakat diatasi secara bersama oleh semua elemen masyarakat, pemerintah dan badan usaha, tegas Melkianus.

    Mengakhiri sambutannya, wakil Bupati Sintang mengatakan, bahwa di kabupaten banyak persoalan yang membuat sintang viral, pihak pemda sintang siap menerima kritikan masukan dari semua pihak demi kabaikan bersama di kabupaten sintang, tegasnya.  PGD XI Sintang tahun 2024 ini diketuai oleh Agustinus RJ,SH dan Welbertus,S.Sos sebagai sekretaris, dengan mengambil tema  “Melalui Adat dan Budaya, Kita Bersatu Dalam Bingkai Nusantara”

    Hadir dalam pembukaan PGD XI sintang 2024 ini, Bupati Sintang Jarot Winarno, Ketua DPRD Sintang F.Ronny, jajaran Forkompinda Kab.Sintang, Camat Sekabupaten Sintang, ketua DAD kecamatan se-kab.sintang, Kepala OPD di lingkungan Pemda Kab Sintang, perwakilan ormas agama dan etnis di kab. Sintang, pejabat yang mewakili Kapolres Sintang, Dandim 1205 sintang, pejabat yang mewakili Danrem 121 ABW Sintang.

    BACA JUGA : Karnaval Budaya Meriahkan Pekan Gawai Dayak ke 38 di Kalbar

    Ketua DAD Kabupaten Sintang, Jeffray Edward, SE,M.Si dalam sambutan menegaskan bahwa Gawai Dayak sudah menjadi agenda rutin tahunan kita, dan terima kasih kepada Pemda sintang yang sudah menyiapkan semua sarana prasarana dalam PGD tahun 2024 ini. Moment PGD ini harus dijadikan wadah kebersamaan & persatuan kita sesama Dayak dan elemen masyarakat lainnya, ungkap Jeffray.

    Menurutnya, Kita orang Dayak sudah mampu seperti sesama kita lainnya. Jeffray mengajak semua elemen Dayak bersatu untuk membangun Dayak, Karena Dayak saat ini tidak di ragukan untuk menjadi pemimpin di tanah sendiri, Dayak sudah siap menjadi Gubernur, Bupati, dan  di jajaran POLRI dan TNI, putra-putri Dayak juga sudah siap, namun diakuinya semua itu tidak mudah dan perlu kerja keras, yang salah satu caranya kita harus bersatu, tegas Jeffray.  

    Kegiatan pembukaan PGD Sintang XI tahun 2024 ini juga di hadiri dan di meriahkan atraksi Pasukan merah TBBR Kabupaten Sintang, atraksi pasukan Pangkak Pajaji dan atraksi Pasukan hitam. Perwakilan TBBR, James,SH mewakili Pangalangok Jilah (pemimpin tertinggi TBBR) dalam sambutannya menegaskan bahwa keberadaan dan kehadiran TBBR adalah dalam rangka menjaga dan melestarikan marwah Dayak.

    Tradisi adat budaya Dayak harus lestari dan tidak boleh hilang ditelah jaman. Dikatakannya, saat ini TBBR mempunyai komitmen mewujudkan Dayak Cerdas, untuk itu Kita orang Dayak harus bersatu demi harkat dan martabat Dayak, ungkapnya. TBBR siap bersinergi dengan Pemerintah di semua tingkatan serta bersama seluruh elemen masyarakat yang ada dalam menata membangun Indonesia umumnya dan Kalimantan Khususnya, tegas James. 

    Setelah pembukaan PGD tahun 2024, tepat pukul 13.00 wib (Rabu24/7/2024) dilangsungkan penyisihan lomba lagu Dayak, dan final dilanjutkan pada malam harinya. Setelah pengumuman pemenang lomba lagu Dayak oleh tim Yuri (Sutarman, Alfon & Desi Olivia) diteruskan dengan hiburan yang menampilkan artis Dayak.

    Tampil di malam pertama PGD XI sintang 2024 ini, Artis Pela asal sekadau, Ega BJMB Sound Solution, Desi olivia. Halaman betang Tampun juah tepatnya di depan panggung utama penuh dipadati penoton yang antusias menyaksikan sugguhan lagu-lagu Dayak. 

    Pada PGD XI sintang 2024 ini, pihak panitia mempercayakan kepada Sound System dari BJMB Sound Solution pimpinan Martino Leonardo (Tino Bujang Jemelak) denga 3 keyboardis (Ahi Om Kebuk, Japri, Ramon), Taliz soundman, bersama Lighting Ais Pro dan Multimedia dari Tri Media Tama digital, berkat dukungan aparat keamanan dari jajaran TNI dan Polri, suasana malam pertama PGD XI Sintang berlangsung aman dan sukses, tepat pukul 23.59 Wib kegiatan berakhir.

    Hari Ke-2 PGD (Kamis 25/7/2024) jam 08.00-12.00 Wib perlombaan nyumpit perorangan, jam 13.00-17.00 wib lomba menumbuk padi, malam harinya jam 18.00-22.00 wib lomba tari Dayak Kreasi, jam 22.00-24.00 win Hiburan artis Dayak dan penampilan dari perwakilan DAD Kecamatan. (vestg)

    Latest articles

    Explore more

    Arsip berita