26.8 C
Singkawang
More
    BerandaBeritaNusantara Short Film Festival 2024 Jadi Momen Apresiasi Karya Anak Bangsa

    Nusantara Short Film Festival 2024 Jadi Momen Apresiasi Karya Anak Bangsa

    Balikpapan, detikborneo – Dalam upaya mengembangkan potensi ekonomi kreatif, Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) bersama PT Produksi Film Negara (Persero) dan Radio Republik Indonesia (RRI) dengan bangga menggelar Awarding Day Nusantara Short Film 2024.

    Acara ini berlangsung di CGV, Plaza Balikpapan pada Kamis (01/08/2024), menampilkan karya-karya film pendek terbaik karya anak bangsa dengan tema “Nusantara untuk Semua: Lestari Budayanya, Maju Pariwisatanya, dan Berkembang Ekonomi Kreatifnya”.

    Nusantara Short Film Festival 2024 merupakan platform untuk merayakan dan mengapresiasi karya film pendek yang mengangkat tema Nusantara juga mendukung pelestarian budaya, pengembangan pariwisata, serta pertumbuhan ekonomi kreatif.

    BACA JUGA : Proof-of-Concept Mobil Terbang IKN Berhasil Diuji Terbang di Samarinda

    Gambar WhatsApp 2024 08 02 pukul 19.08.37 6ee806bc

    Tema acara ini menekankan pentingnya keselarasan antara pembangunan dalam aspek fisik maupun budaya dalam pembangunan, serta mendorong inovasi dan kreativitas di sektor perfilman, khususnya yang mengangkat tema mengenai Nusantara.

    Direktur Kebudayaan, Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif, Muhsin Palinrungi, dalam sambutannya menyampaikan, “Film merupakan salah satu dari 17 subsektor ekonomi kreatif yang sangat digemari oleh anak muda dan memiliki masa depan yang cerah. Kegiatan ini menjadi penting untuk pembangunan yang sejalan antara aspek fisik dan budaya. Untuk itu, kita ingin memastikan bahwa pengembangan ekonomi kreatif di Nusantara terus bergerak ke arah yang lebih baik.”

    Sejalan dengan hal tersebut, Direktur Utama PT Produksi Film Negara (Persero), Dwi Heriyanto, menambahkan, “Inovasi dan wadah berkreasi dalam dunia perfilman sangat penting untuk memajukan industri ini. Melalui acara ini, kami berharap dapat mendorong lebih banyak sineas mampu menghasilkan karya yang tidak hanya menghibur tetapi juga mendidik dan mempromosikan kekayaan budaya Indonesia.”

    Gambar WhatsApp 2024 08 02 pukul 19.08.36 6ec322fa

    “Ini adalah momen yang tepat untuk sineas sineas muda Nusantara bisa memulai karya mereka,” ujar Prisia Nasution, aktris kenamaan tanah air sekaligus salah satu juri dalam acara tersebut.

    Harapan dari terselenggaranya kegiatan ini adalah untuk terus memajukan industri film Indonesia, mendorong pelestarian budaya, sekaligus meningkatkan daya tarik pariwisata dan potensi ekonomi kreatif di Nusantara. Melalui penghargaan ini, diharapkan dapat muncul lebih banyak talenta kreatif yang akan berkontribusi positif terhadap pengembangan ekonomi kreatif dan budaya Indonesia di masa depan.

    Latest articles

    Explore more

    Arsip berita