25.7 C
Singkawang
More
    BerandaBerita40 Legislator Kaukus Kalimantan Mendukung H.Damianus Jackie Jadi Anggota Wantimpres

    40 Legislator Kaukus Kalimantan Mendukung H.Damianus Jackie Jadi Anggota Wantimpres

    ICDN DPN
    Poto dari kiri: Dr. Andersius Namsi, Ph.D, Dr. Ir. Willy Yosep, MM, Brigjen Pol(P). Drs. H. Damianus Jackie, Lawadi Nusah, S.Pd.K, Moh. Djaelani, Lely Tundang

    Jakarta– detikborneo.com

    Dukungan terhadap Brigjen Pol (Purn) Drs. H. Damianus Jackie sebagai Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) terus mengemuka. Mantan Kapolda Kalimantan Tengah Tahun 2009-2012 dengan segudang pengalaman ini, dinilai tepat menjabaat Wantimpres karena dikenal menguasai territorial Pulau Kalimantan.

    “Salah satu agenda prioritas Presiden Jokowi adalah pemindahan ibu kota negara ke Pulau Kalimantan, sehingga menurut pandangan saya sangat tepat jika mengangkat anggota Wantimpres asal Kalimantan Bapak Damianus Jackie,” ujar Koordinator Kaukus Kalimantan (Anggota DPR-RI Dapil Pulau Kalimantan) Dr. Ir Willy Yosep kepada detikborneo.com saat silaturahmi dengan para tokoh masyarakat diruang kerjanya Senayan Jakarta, Kamis (31/10/2019).

    Willy mengatakan, semua anggota DPR-RI dan DPD-RI tergabung di Kaukus Kalimantan telah siap mengawal dan mendukung program Presiden Jokowi untuk pemindahan Ibu kota negara ke Kalimantan Timur.

    “Terkait proses pemindahan ibu kota negara ini,untuk itu di sekitar wilayah kerja Bapak Presiden Joko Widodo dalam mengambil keputusan untuk diminta pendapatnya,harus ada orang yang sudah menguasai wilayah teritorial Pulau Kalimantan dan jika diperlukan saran Tindak yang mencakup Aspek Astagatra, Aspek Astagatra terdiri dari Trigatra (Sumda, Demografi dan Geografi) di Wilayah Kalimanta dan Pancagatra (Ipoleksosbudhankamag:  ideologi, politik, sosial, budaya, pertahanan, keamanan dan agama) dan sosok Bapak Brigjen Pol (Purn) Drs. H. Damianus Jackie adalah orang yang pas diajukan menjadi Kandidat Anggota Wantimpres RI,” ungkapnya.

    “Bapak H. Damianus Jackie adalah figur yang sudah sukses mengamankan Provinsi Kalimantan Tengah, ketika menjadi Kapolda Kalimantan Tengah dan juga sukses menduduki jabatan lainnya di institusi Polri di Pulau Kalimantan, dan kota besar lain di Indonesia,” kata Willy Yosep menambahkan.

    Terpisah, Ketua Komisi V DPR-RI Lasarus mengatakan sangat mendukung atas kesiapan fisik, mentalitas dan wawasan kebangsaan untuk menjaga keamanan dan ketertiban dimasyarakat.

    “Karena dalam pemilihan Anggota Wantimpres RI, Presiden pasti memutuskan calon yang kapabel dan berkinerja yang sudah teruji dan itu semua ada pada pribadi Bapak H. Damianus Jackie,” tuturnya.

    Hal senada dikatakan KetuaUmum Forum Dayak Kalimantan di Jakarta (FDKJ) IrjenPol (Purn) Drs. Tommy Sagiman. Ia juga mendukung Damianus Jackie terlibat dalam pengabdian kepada bangsa dan Negara di usia yang sudah purna tugas dari Korps Bhayangkara.

    “Saya mendukung Pak Damianus Jackie sebagai Anggota Wantimpres, sangat pas untuk berkontribusi dalam pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur. Saya juga bersyukur saat ini Presiden Joko Widodo telah menetapkan Kalimantan Timur menjadi lokasi ibu kota negara yang baru,” kata mantan Deputi Penindakan Narkotika Badan Narkotika Nasional (BNN) Pusat ini.

    Dukungan terhadap Damianus Jackie sebagai Wantimpres juga disampaikan oleh Anggota Komisi X DPR-RI Dapil 2 Kalbar Adrianus Asia Sidot. “Saat ini adalah era globalisasi dan keterbukaan, track record Pak H. Damianus Jackie sangat mudah diketahui. Selain mengusai territorial pulau Kalimantan, beliau merupakan figur tokoh nasional yang menjunjung tinggi nilai-nilai budaya untuk keharmonisan dalam menunjang masyarakat yang aman, nyaman dan tentram,”ucapnya.

    Sekjen MajelisAdat Dayak Nasional (MADN) Yakobus Kumis juga sependapat bahwa figur Damianus Jackie cocok untuk duduk menjadi Anggota Wantimpres dalam pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin.

    Sosok H.Damianus Jackie

    Jackie

    Brigjen Pol (Purn) Drs. H. Damianus Jackie adalah putra Dayak Kanayatn kelahiran Singkawang 65 tahun yang lalu.

    Berikut riwayat jabatan Dewan Pembina Majelis Adat Dayak Nasional (MADN) yang dikenal tegas dan bersahaja ini selama berdinas di Kepolisian RI:

    1. Kapolres Hulu Sungai Selatan Polda Kalsel.

    2. Kapolres Banjarmasin Polda Kalsel.

    3. Dirlantas Polda Kalbar

    4. Kapolwil Bonegori Polda Jawa Timur

    5. WakapoldaKalsel

    6. Kapolda Kalteng

    BintangJasa:

    1. Tanda Jasa Satria Tamtama

    2. Tanda Jasa Dwija Shista

    3. Tanda Jasa Kesetiaan 32 Tahun

    4. Tanda Jasa Raksaqa Dharma.

    5. Tanda Jasa Bhayangkara Nararia.

    Aktif Dalam Organisasi Masyarakat Dayak

    1. Ketua Ikatan Cendikiawan Dayak Nasional (ICDN) DPD DKI Jakarta.

    2. Dewan Pembina Ikatan Cendikiawan Dayak Nasional (DPN ICDN)

    3. Ketua Dewan Penasehat Forum Dayak Kalimantan di Jakarta (FDKJ)

    4. Dewan Pembina Majelis Adat Dayak Nasional (MADN). (Bapage007).

    Latest articles

    Explore more

    Arsip berita