Home / Berita / PJ Gubernur Kalbar Harisson Ajak Tingkatkan Pengamanan di Kalbar Jelang Imlek 2024

PJ Gubernur Kalbar Harisson Ajak Tingkatkan Pengamanan di Kalbar Jelang Imlek 2024

Pontianak, detikborneo.com – Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat Harisson memimpin rapat koordinasi (rakor) lintas sektoral dalam rangka pengamanan Imlek 2575, dan Cap Go Meh yang dibuka Kapolda Kalbar Irjen Pol Pipit Rismanto di Graha Khatulistiwa, Polda Kalbar, Senin (5/2).

Adapun rakor lintas sektoral tersebut turut diikuti jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kalbar, Pj Sekda Kalbar Mohammad Bari, serta beberapa kepala perangkat daerah di lingkungan Pemprov Kalbar. Termasuk pula instansi terkait di beberapa kabupaten/kota se-Kalbar yang diikuti secara virtual.

“Atas nama Pemprov Kalbar saya sangat mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini diharapkan acara ini menghasilkan manfaat besar bagi semua, menjelang perayaan Imlek dan Cap Go Meh di Kalbar,” ungkap Harisson.

BACA JUGA:Harisson Jadi Irup Hari Pahlawan ke-78, Ajak Anak Muda Kobarkan Semangat Kepahlawanan

Seperti diketahui, masyarakat Tionghoa tak lama lagi, akan menyambut, dan merayakan tahun baru Imlek 2575 yang jatuh pada 10 Februari 2024.

Kemudian selama sekitar 14 hari akan berlangsung berbagai tradisi hingga disusul dengan perayaan Cap Go Meh pada hari ke-14.

Untuk itu, tak lupa Pj Gubernur Harisson mengingatkan bahwa pada 14 Februari 2024 juga akan dilaksanakan pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024.

“Sejalan dengan hal tersebut, atas nama Pemprov saya mengajak semua untuk berpartisipasi aktif dalam upaya meningkatkan pelayanan, dan pengamanan dalam rangka menjaga keamanan perayaan tahun baru Imlek, dan Cap Go Meh. Mari bersama mempersiapkan, dan memastikan semuanya berjalan sebagaimana mestinya,” harapnya.

Menurut Harisson beberapa poin penting yang harus dipersiapkan, dan diantisipasi yang pertama adalah soal pengamanan.

BACA JUGA :Harisson Dipilih Presiden Jokowi Jadi Pj Gubernur Kalbar, Berikut Biodata dan Karir Singkatnya

Diharapkan semua pihak tetap menjaga ketertiban sehingga tercipta ketentraman. Kemudian ketersediaan layanan kesehatan, ketersediaan sarana transportasi, dan rekayasa lalu lintas.

Termasuk pula ketersediaan sarana akomodasi yang humanis, ketersediaan, dan distribusi kebutuhan bahan pokok (bapok), meningkatkan pengelolaan sampah, dan melakukan mitigasi jika terjadi bencana.

“Juga mendukung peningkatan layanan infrastruktur, dan juga di pusat perbelanjaan, dan UMKM (usaha mikro kecil dan menengah),” paparnya.

Tak hanya itu, dalam mendorong dan menggerakkan dunia pariwisata, dirinya juga berpesan pihak-pihak yang bergerak di bidang tersebut. Diantaranya dengan memperhatian hospitality, dan kebersihan di seluruh destinasi-destinasi wisata yang ada di Kalbar.

“Saya mengajak seluruh masyarakat Kalbar untuk terus menjaga kerukunan, dan tidak mudah terpecah belah jelang Pemilu.

Jangan membuat kita terpecah belah. Mari bersama-sama terus berkomitmen melaksanakan tugas, dan fungsi dengan baik, dan berkolaborasi dengan semua sektor demi Kalbar maju, aman dan kondusif,” pungkasnya.(Rd)

detikborneo

About detikborneo

Check Also

Kota Singkawang Diusulkan Jadid Venue Cap Go Meh Nasional

Singkawang, detikborneo.com – Pj Wali Kota Singkawang Sumastro mengatakan sangat diperlukan sebuah usaha keras untuk …