26.2 C
Singkawang
More
    BerandaBeritaKegiatan Pelatihan Pendidikan Keluarga, Berlangsung Sukses.

    Kegiatan Pelatihan Pendidikan Keluarga, Berlangsung Sukses.

    Jakarta – Kegiatan Pelatihan yang diadakan oleh P2KPTK2 (Pusat Pengembangan Kompetensi Pendidik, Tenaga Kependidikan dan Kejuruan)- Jakarta Barat,  berlangsung sukses.  Kegiatan pelatihan ini diadakan dari  tanggal 17-21 Februari 2020, bertempat di Jln Kerajinan No.42 , Krukut, Taman Sari-Jakarta Barat.   Pesertanya adalah perwakilan    guru dari sekolah negeri maupun guru dari sekolah  Swasta  jenjang SD, SMP, SMA dan SMK dari delapan kecamatan yang ada di Jakarta Barat.

    WhatsApp Image 2020 02 24 at 21.23.22

    Selama lima hari kegiatan pelatihan,  para peserta sangat antusias. Hal ini disebabkan beberapa faktor diantaranya  karena materinya yang  menarik. Pembawaan penyajian dari nara sumber tidak membosankan. Ditambah lagi dengan adanya berbagi pengalaman  diantara peserta dengan nara sumber. Nara sumber dengan peserta. Tanpa terasa lima hari pelatihan dapat dilewati. Peserta kembali ke sekolah dengan dilengkapi  buku panduan dan flasdisc yang berisi materi.

    Pelatihan pendidikan keluarga sangat mengena dan aplikatif. Hal ini dapat diketahui  dari pernyataan beberapa beserta.  Megawati , guru dari SMKN XI Taman Sari   menyatakan prinsif cinta  membuatnya: “ belajar menjadi Guru dan Ibu  rumah tangga yang lebih baik”.  Sarno guru SMAN 2  menyatakan :” saya bisa belajar dan terapkan ke anak saya tentang negoisasi. Saya bangunkan anak tanpa ada kemarahan”.  Pinta, Guru SDN 07  menyatakan:”Dengan pelatihan ini kita dapat berdiskusi bersama mengenai permasalahan orang tua dengan anak. Saya jadi tahu cara baik memberikan konsekuensi pada anak”.

     Peserta yang lain pun memiliki respon yang kurang lebih sama, dapat diterapkan untuk diri sendiri,  rekan sesama guru disekolah masing-masing maupun dengan orang tua murid.  Hal ini sesuai benar dengan harapan salah satu nara sumber Nina Ratna yang menyatakan:” harapan saya, sama seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya agar Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu guru yang sudah mendapatkan pelatihan bisa menyebarkan materi yang sudah diberikan”.

    WhatsApp Image 2020 02 24 at 21.24.51

    Di tempat yang sama namun berbeda ruangan  ada peserta  pelatihan untuk Kepala sekolah,  Guru Seni dan budaya. Di acara penutupan pelatihan pendidikan keluarga di satukan dengan peserta pelatihan yang lain.  Aula menjadi penuh, acara diawali dengan menyanyikan lagu wajib : ”Satu Nusa Satu Bangsa”,  Kata sambutan dari instansi penyelenggara, memberikan penekanan akan pentingnya Implementasi di sekolah masing-masing usai mengikuti pelatihan ini. 

    Di acara penutup juga ada Penyerahan surat keterangan dari P2KPTK2 yang dikeluarkan oleh BPSDM-DKI Jakarta pengganti sertifikat yang masih dalam proses kepada perwakilan peserta. Yang menjadi hiburan khusus  di acara penutupan adalah adanya pertunjukan dari peserta Seni dan Budaya.  Musik, tarian serta lagu zaman now dan beberapa lagu nusantara diramu sedemikian rupa. Peserta yang menyaksikan seperti berada di arena Karnaval.  Kiranya kesuksesan pelatihan Pendidikan keluarga gelombang pertama sama suksesnya bahkan lebih lagi dengan pelatihan gelombang berikutnya.

    (Penulis: Paran,S.Th – Guru SMPK Rahmani).

    latest articles

    explore more

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini