25.8 C
Singkawang
More
    BerandaBeritaLasarus Kecewa Kontraktor Pelaksana Abaikan Pengaturan Lalu Lintas Pada Pekerjaan Jalan Nasional

    Lasarus Kecewa Kontraktor Pelaksana Abaikan Pengaturan Lalu Lintas Pada Pekerjaan Jalan Nasional

    Sekadau, detikborneo.com – Ketua Komisi V DPR RI yang Juga Bakal Calon Gubernur Kalbar, Lasarus kecewa dan berang karena terjadinya kemacetan akibat tidak ada petugas dari kontraktor pelaksana Pembangunan Jalan Nasional. Akibatnya kemacetan panjang tak terhindar ditambah lagi adanya bis yang tergelincir pada jalan yang dikerjakan tersebut.

    Lasarus dalam visual video yang dikirim langsung mengontak kontraktor pelaksana untuk segera mengatasi kemacetan tersebut.

    BACA JUGA : Lasarus Ketua Komisi V DPR RI Rela Mundur Demi Dapat Tiket Calon Gubernur Kalbar

    Kemacetan lalu lintas terjadi di Jalan Sanggau-Sekadau, tepatnya di Desa Sungai Kunyit, Kecamatan Sekadau Hilir, sejak Sabtu, 6 Juli 2024.

    Kapolres Sekadau, AKBP I Nyoman Sudama, melalui Plh Kasat Lantas IPDA Alexander Aldo, menjelaskan bahwa kemacetan ini disebabkan oleh adanya perbaikan jalan di lokasi tersebut.

    Petugas Satlantas Polres Sekadau bersama anggota Polsek Sekadau Hilir telah berupaya mengurai kemacetan sejak hari Sabtu hingga dini hari tadi, dengan menutup jalur secara bergantian untuk melancarkan arus lalu lintas dari dua arah.

    Kemacetan semakin parah akibat adanya bus yang tergelincir dan melintang di jalan, akibat jalan licin dampak dari timbunan tanah proyek perbaikan jalan di lokasi tersebut.

    Kejadian ini terjadi pada pukul 02.00 WIB dini hari, dan menyebabkan arus lalu lintas dari dua arah terhenti total. Akibatnya, kemacetan panjang pun tak terhindarkan.

    “Sejak pukul 20.00 WIB malam, anggota kami telah melakukan pengaturan lalu lintas sampai pada pukul 24.00 WIB dini hari, arus lalu lintas masih bisa diuraikan. Terjadinya macet total sekitar pukul 02.00 WIB karena ada bus Damri yang tergelincir dan melintang di jalan,” jelas IPDA Aldo, Minggu 7 Juli 2024.

    Untuk mengatasi hal ini, petugas Polres Sekadau kemudian menuju ke PT. MPE guna meminta bantuan alat berat untuk mengevakuasi bus dari badan jalan.

    “Pukul 03.00 WIB, anggota kami sudah di PT. MPE untuk meminta bantuan ekskavator dari perusahaan guna proses evakuasi bus, namun belum ada operatornya,” kata IPDA Aldo.

    Proses evakuasi bus kemudian dilakukan menggunakan ekskavator pada pagi tadi dan baru selesai sekitar pukul 09.40 WIB. Hingga saat ini, petugas Satlantas dan Regu Siaga Polres Sekadau bersama Polsek Sekadau Hilir masih standby untuk menguraikan kemacetan panjang di lokasi tersebut.

    “Kami terus berupaya agar kemacetan segera terurai dan arus lalu lintas kembali normal,” ujar IPDA Aldo.

    “Kami mengimbau kepada pengendara untuk bersabar dan mengikuti arahan petugas di lapangan, serta berhati-hati saat melintasi jalan yang masih dalam perbaikan untuk menghindari kecelakaan,” imbaunya. (Amad)

    latest articles

    explore more