26.5 C
Singkawang
More
    BerandaBeritaPengukuhan Pengurus MADN 2021-2026, Marthin Billa: Sesungguhnya MADN Adalah Mitra Pemerintah

    Pengukuhan Pengurus MADN 2021-2026, Marthin Billa: Sesungguhnya MADN Adalah Mitra Pemerintah

    Jakarta, detikborneo.com – Pengukuhan pengurus MADN berjalan dengan lancar. Setelah pemilihan Presiden Majelis Adat Dayak Nasional (MADN) beberapa waktu yang lalu dengan Dr. Drs. Marthin Billa, M.M., sebagai presiden MADN terpilih. Akhir nya pengukuhan pengurus MADN masa bakti 2021-2026 di Hotel Santika, Jakarta Sabtu 6/11/2021.

    Tema yang diusung “Pemantapan Peran dan Fungsi MADN dalam Percepatan Pembangunan Nasional Menuju Indonesia yang Hebat dan Mandiri”. Dalam arti khusus melalui tema tersebut hendak mendorong agas segera di bangun Ibu kota baru di Kaltim.

    Hadir dalam acara ini Dr. Mochammad Fadjroel Rachman, S.E., M.H. Ibu Susi Pudjiastuti organisasi-organisasi Dayak seperti Ikatan Cendekiawan Dayak Nasional (ICDN), Forum Intelektual Dayak Nasional (FIND), Gerakan Dayak Nasional (GerDayak), Sultan AMH Andrian Sulaiman, ST., MBA sultan Pandu Cakra Kusuma sultan Aji Tujuh SULTAN PASER XVII,  yang lainnya.

    Baca Juga: Pengukuhan Pengurus MADN Masa Bakti 2021-2026

    Acara juga diikuti secara online via zoom, dimulai pertunjukkan tarian adat Dayak, kemudian dibuka dengan laporan dari ketua panitia pengukuhan pengurus MADN, Drs. Yakobus Kumis, M.H. Sekaligus acara dibuka secara resmi.

    Pengukuhan pengurus MADN Masa Bakti 2021-2026 secara organisasi dan adat. Pengurus terpilih merupakan tokoh-tokoh yang dirasa mumpuni di bidangnya. Mereka tokoh-tokoh memiliki sepak terjang baik dalam kancah lokal, nasional maupun internasional. Mulai dari tokoh adat, akademisi, pengusaha, hukum, keagamaan, dll. Acara dilanjutkan dengan penandatangan berita acara.

    Selanjutnya sambutan oleh Presiden MADN, Dr. Drs. Marthin Billa, M.M. dan Dr. A. Teras Narang, SH, Presiden MADN ke-1.

    “Pengukuhan yang dilakukan pada hari ini adalah merupakan rangkaian Munas pada bulan Juni yang lalu untuk menetapkan dan mengukuhkan kepengurusan secara lengkap sesuai anggaran dasar anggaran rumah tangga yang berlaku” Ucap Marthin Billa.

    “Pada kesempatan yang baik ini saya akan menyampaikan beberapa hal pengurus yang ada di Indonesia hanya ada di 6 provinsi yaitu Kalimantan barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan timur, Kalimantan Utara serta DKI Jakarta.” Terang Marthin Billa.

    “MADN terbentuk atas  dasar kesepakatan bersama oleh tokoh daya pada tahun 2006 merupakan ormas yang tidak dapat dipisahkan dari masyarakat itu sendiri. dari masing-masing masyarakat itu mereka kepentingan Bagaimana caranya membangun suku bangsa dalam negara kesatuan republik Indonesia.

    Baca Juga: Dukung dan Doakan Acara Pengukuhan Pengurus MADN Masa Bakti 2021-2026

    Namun ada kesan seolah -lah MADN adalah kepanjangan tangan pemerintah, sesungguh nya MADN adalah mitra pemerintah yang mebantu sepenuhya sesuai dengan perundangan yang berlaku,” Pungkas Presiden MADN

    Presiden MADN berharap dikukuhkannya pengurus MADN dapat memberikan kekuatan kepada pengurus dalam menjalani tugas yang diamanatkan kepada kepada seluruh pengurus yang sudah berkenan dikukuhkan menjadi pengurus. Dengan kesiapan untuk bersama-sama membangun suku bangsa yang merupakan salah satu suku bangsa yang ada di Indonesia.

    Sementara itu Presiden MADN yang pertama Dr. Agustin Teras Narang, S.H juga memberikan selamat secara virtual atas pengukuhan pengurus baru ini, iya berharap tetap ada solidaritas dan semangat kebangsaan untuk semuanya

    “Terus kita tingkatkan solidaritasi kita, semangat kebangsaan suku bangsa Dayak yang berkemampuan dan suku bangsa Dayak dan suku bangsa Dayak yang ampuh Indonesia Raya yang Jaya. Adat Dayak di manapun berada kepemimpinan di mana estafet kepemimpinan berjalan dengan baik dan suku bangsa Dayak,” kata mantan Gubernur Kalimantan Tengah ini.

    Dr. Teras Narang menyampaikan, MADN adalah organisasi kekerabatan yang bertujuan peningkatan peran dan peranan suku bangsa Dayak. Dayak harus mendapat pengakuan, perlindungan, dan kesempatan untuk maju. Dalam perannya suku bangsa Dayak melalui MADN harus siap bergerak sesuai dengan tujuan bangsa Indonesia, serta melindungi dan mempertahankan NKRI, UUD 1945, Pancasila, dan Bhinneka Tunggal Ika.

    Ucapan selamat kepada pengurus MADN juga disampaikan oleh H. Sutarmidji, S.H., M.Hum. (Gubernur Kalimantan Barat), Brigjen. Pol. (Purn.) Drs. Zainal Arifin Paliwang, S.H., M.Hum. (Gubernur Kalimantan utara), dan Dr. Willy M. Yosep (Ketua ICDN).

    Setelah pengukuhan pengurus terpilih, selanjutnya Presiden MADN beserta rombongan bertolak menuju Gedung BAMUDA group di Marina Ancol, dimana melanjutkan peresmian kantor baru sekretariat MADN di Jakarta. (Rd)

    Latest articles

    Explore more

    Arsip berita

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini