Home / Berita / Peran Seniman Dayak dalam Acara Pengukuhan Pengurus MADN

Peran Seniman Dayak dalam Acara Pengukuhan Pengurus MADN

| Penulis: Lisa Mardani

Masyarakat Suku Dayak telah usai melaksanakan acara Pengukuhan Pengurus MADN Masa Bakti 2021-2026 pada hari Sabtu (26/10/2021). Acara digelar di Hotel Santika Premier Slipi Jakarta.

Namun dalam setiap rangkaian acara, rasanya akan hambar “bagi sayur tanpa garam” jika tanpa kehadiran para seniman. Karya seni memiliki peranan penting dalam membangun soladiritas kelompok. Oleh karena itu, pada moment sakral dan bersejarah bagi suku Dayak tidak terlepas dari peran para seniman, khususnya seniman Dayak yang ada di ibu kota.

Acara dimulai dengan pertunjukkan tarian tradisional adat Dayak, yang diberi nama “Tarian BERSATU untuk membangun”. Para seniman Dayak meyakini, bahwa dengan adat budaya dapat mempersatukan seluruh pulau Kalimantan yang beraneka ragam suku, agama, bahasa, dan budaya. Pertunjukan musik dan tarian adat yang ditampilkan oleh para seniman Dayak semakin menambah daya dan rasa semangat kebersamaan dan persatuan suku Dayak.

Adapun team yang turut hadir dan tampil dalam acara tersebut adalah team dari sanggar “Tinggang Madang”, “Dango Katulistiwa”, dan “Sanggar Dayak Banyuke” Jakarta. Meskipun ini dari team sanggar Dayak, tetapi anggotanya dari suku Dayak yang berbeda-beda. Ada yang dari Kalbar, Kalteng, Kaltim, Kalsel, dan Kaltara.  

Setiap sanggar masing-masing mempersiapkan kostum dan kelengkapan ritual adat yang akan digunakan. Para seniman Dayak ini berperan penting dalam menjaga dan melestarikan adat budaya suku Dayak yang penuh keberagamaan. Seni memiliki keberagaman berdasarkan pemikiran dan kebudayaan masing-masing setiap daerahnya.

Jaffrai Andreas Esrom (Jeffry), seorang seniman Dayak asal Kaltara selaku koordinator dari sanggar tari mengungkapkan peranan para seniman Dayak di ibu kota berperan penting untuk melestarikan tarian tradisional Dayak, alat musik tradisional, lagu daerah, pakaian adat, hingga tata cara ritual adat Dayak.

***

Bionarasi

Lisa Mardani, S.Pd.K., dilahirkan di Kepingoi, Kalimantan Barat pada 11 Oktober 1986. Seorang perempuan dari suku Dayak Uud Danum. Sejak tahun 2021 aktif menulis feature tentang suku Dayak Uud Danum.

About Admin

Check Also

Idul Adha 1445 H, Prabowo Salat di Dekat Kediamannya

Jakarta, detikborneo.com –¬†Menteri Pertahanan (Menhan) RI sekaligus Presiden Terpilih Prabowo Subianto menunaikan ibadah salat Idul …

Presiden Jokowi diagendakan Shalat Idul Adha di Semarang

Jakarta (ANTARA) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) diagendakan beribadah Shalat Idul Adha 1445 Hijriah di …

Kementerian PUPR Percepat Penyelesaian SPAM Sepaku Untuk Air Minum IKN

Jakarta, detikborneo.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mempercepat penyelesaian Sistem Penyediaan Air …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *