Home / Berita / Sidang Senat Terbuka STT Rahmat Emmanuel Tahun 2023

Sidang Senat Terbuka STT Rahmat Emmanuel Tahun 2023

Jakarta – Sembilan hari setelah Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, tepatnya tanggal 26 Agustus 2023, Sekolah Tinggi Teologi Rahmat Emmanuel melangsungkan Sidang Senat Terbuka dengan agenda seremoni Wisuda XVI dan Dies Natalis XXIV.

Dengan mengusung tema “MEMPERSIAPKAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF MENGHADAPI ERA SOCIETY 5.0 BAGI PENDIDIKAN TINGGI TEOLOGI DAN KEAGAMAAN KRISTEN” yang didasari dari 2 Timotius 4:5, Bapak Dr. Yogi Dewanto, MBA., M.Th., selaku Ketua Sekolah Tinggi Teologi Rahmat Emmanuel menyampaikan pesan bahwa perkembangan teknologi dalam berbagai aspek kehidupan manusia semakin pesat. Digitalisasi sampai kecerdasan buatan telah menguasai hampir semua kehidupan manusia. Tanpa dipungkiri, kita telah masuk ke dalam sebuah peradaban baru berkonsepkan kemajuan intelektualitas yang disebut Revolusi Industri 4.0. Belum selesai dengan Revolusi Industri 4.0, muncul konsep Smart Society 5.0.

Apa itu Smart Society 5.0?
Era Society 5.0 menempatkan manusia sebagai komponen utamanya, dan mempersyaratkan empat kemampuan utama yang perlu dimiliki setiap individu, yaitu: creativity, critical thinking, communication dan collaboration.

Pendidikan memegang peranan penting dalam menyongsong Smart Society 5.0. Ia bertujuan untuk mewujudkan masyarakat yang cerdas, berkarakter dan manusiawi. Terdapat empat kompetensi wajib dalam pembelajaran, yaitu: knowledge, skills, attitude dan value. Perlu diingat bahwa knowledge dan skill berhubungan erat dengan kompetensi mahasiswa, sedangkan attitude dan value berkaitan dengan pembentukan karakter mahasiswa. Oleh karena itulah, terkait dengan tema bahwa kepemimpinan yang mau berubah dan siap menghadapi tantangan perubahan dunia di masa kini tetapi tanpa tercemar sebagaimana dasar Firman Tuhan yang diambil dari 2 Timotius 4:5 menjadi pesan yang mendalam.

Sebagai penutup. beliau berpesan agar lulusan STT Rahmat Emmanuel dapat unggul dalam menghadapi dunia yang semakin dinamis dan sulit untuk diprediksi perubahannya serta hanya bersandar pada Tuhan Yesus, maka keunggulan dan kemampuan menghadapi perubahan dunia masa kini akan dapat dimenangkan.

Senada dengan itu, Bapak Dr. Ellyazer Pada, M.Th., M.Pd. selaku Ketua Panitia menyampaikan bahwa dunia IPTEK sangat dinamis dan mengalami perkembangan yang begitu pesat sehingga dunia pendidikan tentu dipacu untuk mengikuti perubahan dan perkembangan tersebut. Oleh karena itu, pesan yang disampaikan kepada seluruh Civitas Akademika Sekolah Tinggi Teologi Rahmat Emmanuel, khususnya kepada para wisudawan-wisudawati agar dapat terus menggali pengetahuan dan membuka cakrawala berpikir yang luas dengan didasari Firman Tuhan tentunya, dengan harapan, pengetahuan yang dimiliki dipersembahkan hanya untuk hormat kemuliaan Nama Tuhan Yesus.

Bertempat di GBI Victorious Family Ministries, Apartemen Robinson, Jl. Jembatan Dua Raya No. 2, RT.1 / RW. 4, Jakarta Utara, acara kali ini dihadiri oleh Bapak Dr. Binsar K. Pangaribuan, MBA., M.Th., selaku Ketua Yayasan Abraham Conrad Supit Center dan Firman Tuhan disampaikan Bapak Pdt. Dr. Abraham Conrad Supit, M.Th., selaku founding father Yayasan Abraham Conrad Supit Center. Meskipun usia beliau sudah tidak muda lagi, namun Firman Tuhan yang disampaikan masih dengan semangat menggebu-gebu dan membakar spirit pelayanan hadirin yang datang, khususnya para wisudawan-wisudawati. Tidak ketinggalan pula, acara ini dihadiri Bapak Dr. Ir. Johanes MJB., MBA., M.Th., M.Pd., selaku Pembina Yayasan Abraham Conrad Supit Center dan Ketua I serta orasi ilmiah oleh Prof. Dr. John Chong, Ph.D., MCIOB., M.MIArb. dari Curtin University Australia. Kesimpulan orasi ilmiah yang disampaikannya bahwa beliau bangga pada STT REM yang telah menetapkan prioritas kepada seluruh mahasiswa untuk menjadi pemimpin transformatif yang secara efektif dapat merangkul tantangan dan semua peluang dari revolusi 4.0 hingga masyarakat 5.0.

Sekolah Tinggi Teologi Rahmat Emmanuel yang beralamat di Jalan Pelepah Kuning III Blok WE 2 No. 4 G-K, Kelapa Gading, Jakarta Utara ini menyediakan 5 Program Studi, yaitu: Sarjana Theologi, Sarjana Pendidikan Agama Kristen, Magister Theologi, Magister Pendidikan Agama Kristen dan Doktor Theologi yang semuanya sudah terakreditasi. Sekolah Tinggi Teologi yang masih eksis dalam mengemban amanah di dunia pendidikan ini, satu di antara sekian banyak STT yang memiliki tugas, mencetak hamba-hamba Tuhan yang berkualitas dalam mengemban Amanat Agung Tuhan Yesus dan mampu menjadi pemimpin.

Oleh karena kemurahan Tuhan, Sidang Senat Terbuka dengan agenda Wisuda XVI dan Dies Natalis XXIV Sekolah Tinggi Teologi Rahmat Emmanuel dapat berjalan dengan baik. Suasana kekeluargaan dan keakraban pun begitu jelas terlihat.

Selamat kepada kesebelas Doktor Theologi, kedua puluh dua Magister Theologi, kedua belas Magister Pendidikan Agama Kristen, kelima belas Sarjana Theologi dan ketujuh belas Sarjana Pendidikan Agama Kristen. Selamat mengaplikasikan ilmu yang telah diterima selama proses perkuliahan. Kiranya menjadi pemimpin transformatif dalam menghadapi era society 5.0.

Selamat kepada Sekolah Tinggi Teologi Rahmat Emmanuel atas berlangsungnya acara tersebut. Selamat kepada seluruh Panitia yang terlibat. Sampai bertemu dalam acara yang sama. Tuhan Yesus memberkati kita semua.

Penulis: Hertanto, S.Th., MACM, M.I.Kom., M.Pd.

About Admin

Check Also

Idul Adha 1445 H, Prabowo Salat di Dekat Kediamannya

Jakarta, detikborneo.com – Menteri Pertahanan (Menhan) RI sekaligus Presiden Terpilih Prabowo Subianto menunaikan ibadah salat Idul …

Presiden Jokowi diagendakan Shalat Idul Adha di Semarang

Jakarta (ANTARA) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) diagendakan beribadah Shalat Idul Adha 1445 Hijriah di …

Kementerian PUPR Percepat Penyelesaian SPAM Sepaku Untuk Air Minum IKN

Jakarta, detikborneo.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mempercepat penyelesaian Sistem Penyediaan Air …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *