24.6 C
Singkawang
More
    BerandaLumbungSistem Informasi Manajemen Pada Bisnis E-Commerce

    Sistem Informasi Manajemen Pada Bisnis E-Commerce

    | Penulis: Narulita Rahmadhani (Mahasiswa Program Studi S1 Akuntansi, Universitas Pamulang)

    Pada era saat ini, teknologi informasi berkembang sangat pesat, bahkan digunakan di beberapa sektor seperti pendidikan, publik, kesehatan, dan sektor yang lainnya. Semua kegiatan tidak jauh dari teknologi informasi, semua memakai jaringan internet. Itu artinya kita sudah memanfaatkan kemajuan teknologi dengan baik. Contohnya dalam dunia bisnis, munculnya e-commerce adalah suatu bentuk pemanfaatan teknologi informasi.

    E-commerce adalah tempat untuk menjual atau membeli barang dengan menggunakan akses web yang terhubung dengan jaringan internet. Perbedaan e-business dengan e-commerce ialah E-business jangkauannya lebih luas sedangkan e-commerce jangkaunnya lebih sempit.

    Contoh e-commerce saat kita ingin membeli tiket pesawat, buku, atau baju bisa menggunakan e-commerce tanpa harus datang ke tokonya langsung. Setiap e-commerce memiliki sistem informasi tersendiri untuk mengatur fitur-fitur yang ada. Biasanya e-commerce satu dengan yang lainnya memiliki sistem informasi yang berbeda juga.

    Sistem informasi manajemen (management information system) adalah sebuah sistem untuk mengendalikan fungsi internal suatu perusahaan dengan memanfaatkan manusia, dokumen atau data, dan teknologi untuk memecahkan masalah yang ada di dalam suatu perusahaan seperti masalah keuangan hingga masalah strategi yang digunakan. E-commerce berhubungan dengan sistem informasi manajemen untuk kegiatan operasional dam juga mengambil keputusan.

    Sistem informasi yang digunakan e-commerce adalah DSS atau Discussion Support Systems dimana ini digunakan sebagai pengambilan keputusan berbasis data. Selain itu ada TPS atau Transaction Processing Systems, seperti yang kita tahu bahwa e-commerce menggunakan pembayaran melalui online, nah sistem ini yang akan memproses data-data keuangan yang masuk ke dalam perusahaan.

    Lalu selanjutnya ada MIS atau Management Information Systems yang gunanya untuk mendukung tugas dalam suatu perusahaan. Dan selanjutnya menggunakan EIS atau Executive Information System yang berfungsi sebagai akses untuk para eksekutif untuk memantau informasi internal dan eksternal perusahaan.

    Referensi:

    https://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik

    https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi_manajemen

    https://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik#:~:text=9%20Pranala%20luar-,Sejarah%20dan%20perkembangan,12%2C2%20miliar%20pada%202003.

    https://www.niagahoster.co.id/blog/apa-itu-ecommerce/?amp#Tertarik_Membuat_Website_Ecommerce

    latest articles

    explore more

    108 KOMENTAR

    1. I seriously love your blog.. Very nice colors & theme.

      Did you create this website yourself? Please reply back as I’m
      trying to create my own site and would like to learn where you got
      this from or what the theme is named. Cheers!

      Take a look at my homepage … vpn code 2024

    2. Hmm it seems like your site ate my first comment (it was
      super long) so I guess I’ll just sum it up what I wrote and say,
      I’m thoroughly enjoying your blog. I as well am an aspiring blog blogger but I’m still new to
      everything. Do you have any points for beginner blog writers?
      I’d definitely appreciate it.

      Here is my homepage … vpn special coupon

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini