Home / Wisata / Wisata Goa Bawan,t di Sejajah

Wisata Goa Bawan,t di Sejajah

| Penulis: Lodomini

Seiring berjalannya waktu, kebutuhan orang akan wisata semakin penting. Semua itu tak lain karena kesibukan pekerjaan. Baik pekerjaan kantor, wirausaha, maupun usaha lainnya. Rekreasi/wisata sangat diperlukan untuk me-refresh pikiran dan suasana hati. Untuk sekedar melepas lelah, menghilangkan kejenuhan atau bahkan mengobati stres.

Meningkatnya kebutuhan akan wisata telah memunculkan tempat-tempat wisata yang baru. Bak jamur di musim hujan. Apakah wisata budaya, wisata bahari, wisata pertanian, wisata alam, dan wisata Goa. Namun demikian banyak juga tempat-tempat wisata yang sebenarnya berpotensi menjadi pilihan bagi para wisatawan tetapi belum tersentuh dan di kelola secara maksimal.

Sebut saja Goa Bawan. Goa Bawan adalah salah satu tempat wisata yang dapat menjadi pilihan bagi wisatawan baik lokal maupun asing. Goa bawan terletak di Dusun Sejajah RT/RW 01/01 Desa Bange Kec. Sanggau Ledo, Kab. Bengkayang, Kalimantan Barat.

Baca juga: Cerpen | Gua Gimbang

Jaraknya hanya Dua Kilometer dari Jalan utama dan dapat di tempuh dengan kendaraan roda empat sampai ke tempat Wisata. Goa bawan menawarkan destinasi wisata yang menarik karena memiliki keunikan yang mempesona.

Mulai dari jalan masuk sampai ke dalam Goa kita langsung disuguhkan keindahan lekukan batu hasil maha karya Sang Pencipta. Tidak hanya itu, atap dan dinding Goa yang begitu kokoh menemani perjalanan masuk ke dalam Goa. Sejauh 200 meter sampai ke pusat Goa, di sana terdapat dua buah danau yang indah, menambah kekaguman kita akan karya ciptaan-Nya.

Di samping itu ada keunikan lain yang di sebut masyarakat setempat “Goa dalam Goa”. Memang kedengaran aneh tetapi itulah realitanya. Di dalam Goa Bawan terdapat Goa Gimbang yang hanya dapat di masuki dengan cara merangkak melalui lobang kecil.

Konon lobang kecil itu di gali oleh Gimbang seperti yang di kisahkan dalam cerpen “Gua Gimbang”. Disana terdapat aliran air yang masuk ke dalam Goa dan jatuh ke dalam danau sehingga menimbulkan suara yang jernih membuat suasana syahdu dalam Goa.

Suara suara kelelawar menyambut para wisatawan semakin memeriahkan suasana dalam Gua. Akhirnya, Goa Bawan dapat menjadi destinasi alternatif wisatawan. Gua yang sungguh unik dan menarik, layak dikunjungi. (Lodomini)

***

 

About Admin

Check Also

Pulau di Kalimantan Barat Jadi Terkecil di Dunia, di Singkawang Cuma Ada 2 Pohon Kelapa

Pulau Terkecil di Dunia ada di Singkawang Kalbar

Jakarta, detikborneo.com – Hai warganet, khususnya kamu masyarakat Kalimantan Barat, tahukah kamu di mana pulau …

Jakarta, detikborneo.com - Ketua Forum Dayak Kalimantan Barat Jakarta (FDKJ) wilayah Jakarta barat Rudito, S.M akan sowan ke beberapa warga baru yang berada diwilayah Jakarta Barat. Hal itu di katakan saat dirinya memberikan paparan dalam malam kebersamaan dalam rangka fellowship warga FDKJ Korwil Jakarta Barat di Carita Anyer 28-29 September 2023. Rudi mengtakan banyak warga Dayak Kalbar di perantauan yang masih belum tersentuh dan bergabung Bersama FDKJ. Informasi yang didapatinya jika kesibukan kerja membuat orang-orang Dayak repot untuk bergabung dan berkumpul bersma-sama.

Fellowship FDKJ Korwil Jakarta Barat, Rudi: Kita Sowan ke Warga dan Ajak Mereka Gabung Bersama Kita

Jakarta, detikborneo.com – Ketua Forum Dayak Kalimantan Barat Jakarta (FDKJ) wilayah Jakarta barat Rudito, S.M …

Bupati Buka Expo Sintang 2022  

Sintang, Detikborneo.com – Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno, M. Med. PH didampingi Wakil Bupati …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *