30.7 C
Singkawang
More
    BerandaSosokLukas dan Kasimirus: Ayah dan Anak Berpangkat Letnan Dua

    Lukas dan Kasimirus: Ayah dan Anak Berpangkat Letnan Dua

    Penulis | Paran Sakiu

    Membaca judul diatas mungkin ada yang berpikir itu terjadi karena antara sang ayah dan sang anak sama-sama berkarier di militer dan sudah pensiun. Pensiun dengan pangkat yang sama yaitu Letnan dua. Jarak pensiun pun terbentang jauh. Tidak salah jika ada yang memiliki pemikiran yang demikian. Namun jika melihat dua sosok ini maka kita akan tercengang. Keduanya masih perwira aktif.

    Sang Ayah, Letnan dua Infantri Lukas sekarang ini bertugas di Kodim 1207 Pontianak. tepatnya Paur OPS Intel penghubung Kodim 1207 Pontianak. Sebelumnya pernah bertugas di Yonif 642/KPS dari tahun 1992 sampai tahun 2002.

    Kemudian bertugas di Rindam XII/TPR dari tahun 2003 sampai tahun 2020. Pria yang biasa di panggil Udok oleh keluarga dan teman-temannya ini ternyata putra asli Desa Pampakng, Karangan, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat. Ia dilahirkan pada tanggal 19 Juli 1972.

    Sang Anak, Letnan dua infantri Kasimirus Billy Marlinandiwan, lahir di Sintang pada tanggal 5 Maret 1998. Anak pertama dari dua bersaudara. Buah cinta dari Letnan dua Infantri Lukas dengan Ima Kolata, Kampung bali, Bodok–Sanggau Kapuas.

    Setelah tamat dari SMA Negeri 3 Singkawang melanjutkan di Akademi Militer-Magelang, Wefing 2017. Lulus Akmil leting 2021. Ia dilantik bersama 227 orang. Adapun nama kesatuannya adalah Pussenif. Jabatannya Pama Pussenif.  Pelantikan dilakukan oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Joko widodo. hari Selasa, 13 Juli 2021 via WEBINAR.

    Mengamati perjalanan kedua sosok ini sungguh menarik. Dulu semasa duduk di bangku SMAN 1 Karangan-Mempawah Hulu, Letnan dua Infantri Lukas, bertubuh kurus krempeng. Tidak ada potongan tentara. Namun otot-ototnya yang belum nampak itu terbentuk dengan mengayuh sepeda. Ia menggunakan sepeda setiap hari ke Sekolah. Jarak yang ditempuhnya dari desa Pampakng ke SMAN 1 Karangan cukup jauh.

    Pembentukan awal menentukan seperti apa ke depannya. Dulu saat kelelahan bersepeda, biasanya ia berteduh di bawah pohon cempedak dekat puskesmas Karangan. Pohon cempedak yang diabadikan dalam salah satu tema kumpulan cerpen “Hari Terakhir” yang dikarang oleh Pdt. Paran Sakiu. Untuk mengenang sejarah masa lalu.

    Letnan dua Infantri Kasimirus Billy Marlinandiwan. Menempuh pendidikan dari TK-SMA di Singkawang. Ia menyukai sepak bola, bala Voly. Kesukaan ini sama seperti kesukaan ayahnya. Namun ada yang berbeda. Ayahnya tidak suka dengan Karate dan Yongmoodo, sedangkan Billy menyukainya. Billy adalah nama panggilan sehari-hari.

    Dari olah raga tersebut dapat dikatakan sebagai bagian dari proses latihan ketahanan fisik dan latihan ketahanan mental. Benarlah kata orang bahwa di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat pula. Untuk menembus Akademi Militer bukan perkara mudah. Semua harus sehat baik jasmani maupun sehat rohani.

    Kelulusan angkatan 2021 di Akmil berjumlah 227 orang. Yang berasal dari Kodam XII/TPR berjumlah 8 orang. Sedangkan dari Pontianak ada 4 orang, salah satunya adalah Billy. Ia satu-satunya putra Dayak yang ada di angkatan ini. Semoga di angkatan berikutnya ada lagi Billy-Billy baru dari generasi muda Dayak Kanayatn. Mengingat banyak kisah yang mengatakan untuk masuk di Akademi Militer bukan perkara mudah. Ada berbagai macam syarat yang harus di penuhi.

    Jika dapat menembus Akademi Militer hingga lulus itu adalah anugerah sekaligus sebuah prestasi. Yang tidak mungkin menjadi mungkin. Oleh karenanya pernyataan letnan dua Infatri Lukas atas kelulusan anaknya ini benar adanya. Ia menyatakan demikian:” bersyukur dan berterima kasih kepada Tuhan yang memberikan anugerah luar biasa kepada anak kami dan keluarga. Dan tentunya sangat bangga dan senang karena kami berasal dari keluarga yang boleh dikatakan sangat tidak mungkin untuk Masuk AKMIL, ternyata bisa mewujudkan impian anak kami yang saat itu pangkat saya masih sersan kepala. Segala yang tidak mungkin bisa mungkin terjadi atas berkat Tuhan”.

    Selamat berkarier untuk Kasimirus Billy Marlinandiwan. Kini pangkatmu sama dengan pangkat ayahmu. Selamat atas pelantikanmu. Kini antara ayah dan anak menyandang pangkat yang sama. Letnan dua Infantri.

    ***

    detikborneo.com - Rabu, 14 Juli 2021, 10.43

    Latest articles

    Explore more

    Arsip berita