Home / Berita / Berita Duka, Tokoh Dayak Sintang Drs. A. Mikael Abeng, MM Tutup Usia

Berita Duka, Tokoh Dayak Sintang Drs. A. Mikael Abeng, MM Tutup Usia

Sintang, detikborneo.com –  Telah menghadap Sang Pencipta, bapak Drs.A. Mikael Abeng,MM, di RSUD Ade M.Joen Sintang pada (senin 8/4/2024, pukul 08.00 wib).

Menurut keterangan pihak keluarga Drs. Adrianus Senin, M.Si (yang juga adik ipar almarhum) menjelaskan bahwa Almarhum sehari sebelum nya (minggu 7/4/2024) sempat di rawat di rumah sakit, namun Tuhan berkehendak lain, dan pagi hari ini Beliau meninggal dunia, jelas Adrianus.

Di masyarakat Sintang, sosok bapak A. Mikael Abeng di kenal luas. Menurut bapak Chunoi semasa hidup nya, almarhum adalah seorang pendidik (guru) tamatan SPG Sintang tahun 1976 kemudian melanjutkan pendidikan di FKIP UNTAN dan S2 (MM) Fakultas Ekonomi Untan Pontianak.

BACA JUGA : Berita Duka, Irjen Pol (Purn) Drs Tommy Sagiman Meninggal Dunia

Sebagai pendidik alm adalah guru PNS yang mengundurkan dan menjadi kepala SMA Panca Setya Sintang, Pendiri dan menjabat wakil rektor di Universitas Kapuas Sintang. Pendiri Dewan Adat Dayak (DAD) Kab. Sintang, Pendiri IKADUM (Ikatan Dayak Uut Danum) Kab. Sintang.

Dibidang politik dari partai Golkar almarhum pernah menjabat ketua DPRD kab Sintang selama dua (2) periode, dan masa almarhum Kab.Melawi dibentuk/mekar dari kab. Sintang.

Sebagai Tokoh Dayak Sintang (suku Uut Danum) saat kedatangan jenazah almarhum kerumah duka dilangsungkan ritual adat Nyambut Otok dan Kuhrus semangat secara adat Dayak Uut Danum oleh bapak Agen, SH.

Dari catatan sejarah almarhum adalah pendiri Pemuda Katolik, ISKA, PMKRI di kabupaten Sintang. Dari tahun 2008-2012 & 2012-2017 almarhum selaku Ketua DAD Kab. Sintang.

Almarhum meninggalkan 1 istri, 4 putri, 2 menantu dan 5 cucu. Saat berita ini diturunkan almarhum di semayamkan di rumah duka Gg.Palapa 2 Jl.Y.C. Oevang Oeray Sintang, dan rencana dimakamkan pada hari (kamis. 11/4/2024).

Selamat Jalan bapak A.Mikael Abeng. Semoga keluarga yang ditinggalkan tetap diberi ketabahan dalam perlindungan Tuhan.

(Victor Emanuel, Koord. bidang Adat Istiadat & hukum Adat DAD Kab.Sintang)

detikborneo

About detikborneo

Check Also

Sikapi Aliran Baru Kekristenan Pewarna Gelar Diskusi Terbatas Menghadirkan Pdt. Martin L Sinaga

Sikapi Aliran Baru Kekristenan Pewarna Gelar Diskusi Terbatas Menghadirkan Pdt. Martin L Sinaga Jakarta, detikborneo.com …

Pameran Budaya Kuping Panjang Wanita Dayak Di Belanda Terlaksana Sukses, Pj Gubernur Kaltim Apresiasi Panitia

Pameran Budaya Kuping Panjang Wanita Dayak Di Belanda Terlaksana Sukses, Pj Gubernur Kaltim Apresiasi Panitia …

Menteri ATR: OIKN Segera Tuntaskan Lahan 2.086 Ha di IKN

Jakarta, detikborneo.com – Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/ BPN) Agus …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *