Home / Berita / Cornelis Hadiri Event Budaya Barape Sawa 2023 di Kabupaten Bengkayang

Cornelis Hadiri Event Budaya Barape Sawa 2023 di Kabupaten Bengkayang

Bengkayang, detikborneo,com – Anggota Komisi II DPR RI, Fraksi PDI Perjuangan, Daerah Pemilihan Kalimantan Barat 1 Drs. Cornelis, M.H Menghadiri Event Budaya Barape Sawa Kabupaten Bengkayang 2023, di kompleks Ramin Batang Jalan Sanggau Ledo – Bengkayang. Sabtu, (27/05/2024) Sore.

Pada kesempatan tersebut Cornelis menyampaikan selamat terlaksana barape sawa Kabupaten Bengkayang 2023 dengan tema “melalui barape sawa Kabupaten Bengkayang 2023 kita perkuat eksistensi masyarakat adat dalam pelestarian tradisi dan budaya demi terwujudnya kabupaten Bengkayang yang maju, sejahtera dan bermartabat”.

“Saya mau berpesan kepada masyarakat adat Dayak Kabupaten Bengkayang, jangan pernah berkecil hati menjadi seorang Dayak, karena kita menghadapi tantangan ini semakin hari semakin berat, nah bagaimana kita bisa keluar dari persoalan itu. Pertama saya minta anak-anak kita harus bersekolah, harus berpendidikan, harus sehat, harus makan makanan yang bergizi dan yang paling penting, jangan pernah berkelahi dengan sesama kita. Selanjutnya siapa yang mau maju kita dorong, di semua lini dan semua sektor masyarakat Dayak harus ikut berpartisipasi,” ujar Cornelis.

Lebih lanjut Cornelis menyampaikan bahwa tantangan ini, harus di atasi oleh generasi muda, dan Generasi muda kita harus lebih pintar, lebih cerdas, kerja keras dan berjuang, jangan setelah gawai ini habis, habis juga semangatnya.

“Kita evaluasi gawai ini ada manfaat atau tidak, demikian juga adat istiadat mana yang harus kita pertahankan, harus di perhatikan mana yang harus di lestarikan, kita lestarikan dan mana yang tidak baik kita buang jauh-jauh. Dayak harus bersatu dan kompak, jangan mengelompokkan diri karena Dayak banyak sub suku, jangan di kotak-kotakkan, tetapi kita itu sama Dayak, cuma bahasa yang berbeda tetapi kebudayaannya sama,” ucap Cornelis.

Cornelis kembali menyampaikan tahapan Pemilu 2024 kepada seluruh lapisan masyarakat Bengkayang yang memadati Kompleks Ramin Batang, dirinya meminta untuk melihat daftar pemilih, sudah terdaftar atau belum, kalau belum daftar diri agar dapat memberikan hak suara pada pemilu nanti.

“Sekarang daftar pemilih itu masih bisa di perbaiki, silahakan di cek di desanya masing-masing, karena ini penting untuk menentukan masa depan kita semua,” tutup Cornelis. (JVC/ Bajare007).

About Admin

Check Also

Sikapi Aliran Baru Kekristenan Pewarna Gelar Diskusi Terbatas Menghadirkan Pdt. Martin L Sinaga

Sikapi Aliran Baru Kekristenan Pewarna Gelar Diskusi Terbatas Menghadirkan Pdt. Martin L Sinaga Jakarta, detikborneo.com …

Pameran Budaya Kuping Panjang Wanita Dayak Di Belanda Terlaksana Sukses, Pj Gubernur Kaltim Apresiasi Panitia

Pameran Budaya Kuping Panjang Wanita Dayak Di Belanda Terlaksana Sukses, Pj Gubernur Kaltim Apresiasi Panitia …

Menteri ATR: OIKN Segera Tuntaskan Lahan 2.086 Ha di IKN

Jakarta, detikborneo.com – Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/ BPN) Agus …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *