Home / Berita / Naik Dango Singkawang 2023, Cornelis Ajak Generasi Muda Dayak Berpartisipasi Politik

Naik Dango Singkawang 2023, Cornelis Ajak Generasi Muda Dayak Berpartisipasi Politik

Singkawang, detikborneo,com – Anggota Komisi II DPR RI, Fraksi PDI Perjuangan, Daerah Pemilihan Kalimantan Barat 1 Drs. Cornelis, M.H turut hadir pada acara Gawe Dayak Naik Dango Singkawang Ke-23, di Rumah Adat Dayak Kota Singkawang. Sabtu, (27/05/2023) Malam.

Cornelis memberikan pesan khusus kepada suku Dayak, bahwa tantangan masyarakat adat Dayak kedepannya akan lebih berat lagi, seperti masalah ekonomi, politik, iklim, inflasi, lapangan pekerjaan dan masalah persaingan, maka dari itu jangan kita tengelam dengan urusan gawai terus. Habis gawai ini mulai merenung dan mulai berpikir apa yang harus di kerjakan kedepannya untuk menghadapi tantangan ini.

“Banyak koreksi bagi generasi muda, yang harus perbaiki diri terlebih dahulu agar mampu bersaing dengan orang luar, harus lebih bekerja keras dan jangan hanya bersungut-sungut. Jangan jadi beban negara, maka dari itu harus berpendidikan cerdas, pintar dan mampu bersaing, tidak boleh iri dengki dengan orang lain, tapi bagaimana bisa mengupgrade diri dan menguasai semua sektor termasuk sektor perdagangan,” terang Cornelis.

Proses Pemilu telah berjalan, Dirinya juga minta pemuda-pemuda Dayak yang pintar juga ikut mendaftar Bawaslu kabupaten/kota, jangan berdiam diri. Selain itu organisasi-organisasi dayak harus merekomendasikan pemuda-pemuda dayak, supaya kita bisa mengambil bagian di bidang politik.

“Kita harus tingkatkan kemampuan supaya mampu bersaing, ini penting untuk di pikirkan dan di renungkan. Kita pemilik sah penduduk di Kalimantan yang telah menempati tempat ini ribuan tahun yang lalu, maka hal ini kita pikirkan baik-baik dan lakukan persaingan cerdas agar kita tidak mudah diremehkan oleh orang lain,” tegas Cornelis.

Cornelis juga mengingatkan kepada generasi muda yang telah mempunyai pekerjaan, untuk berkerja dengan baik dan sungguh-sungguh, jangan asal-asalan, kita harus mempunyai integritas dalam rangka mengurus Negara dan bangsa ini, kalau tidak kita akan ketinggalan kita akan dilindas oleh jaman, apa lagi sekarang dunia ini sudah tanpa batas.

“Ancaman selanjutnya adalah media sosial, anak-anak kita jangan terlibat terus dengan HP dan internet, agar tidak lupa belajar, tidak lupa untuk masa depan generasi kita selanjutnya, karena saya yakin dan percaya generasi dibawah saya harus lebih pintar lebih hebat dari saya, ini lah harapan saya selaku orang tua yang dituakan,” tutup Cornelis.(JVC/Bajare007).

About Admin

Check Also

Idul Adha 1445 H, Prabowo Salat di Dekat Kediamannya

Jakarta, detikborneo.com –¬†Menteri Pertahanan (Menhan) RI sekaligus Presiden Terpilih Prabowo Subianto menunaikan ibadah salat Idul …

Presiden Jokowi diagendakan Shalat Idul Adha di Semarang

Jakarta (ANTARA) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) diagendakan beribadah Shalat Idul Adha 1445 Hijriah di …

Kementerian PUPR Percepat Penyelesaian SPAM Sepaku Untuk Air Minum IKN

Jakarta, detikborneo.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mempercepat penyelesaian Sistem Penyediaan Air …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *