Home / Berita / Jumlah Penduduk Penajam Terus Bertambah Usai Ditetapkan Jadi Ibu Kota Baru
Gambar Ilustrasi

Jumlah Penduduk Penajam Terus Bertambah Usai Ditetapkan Jadi Ibu Kota Baru

Detikborneo.com – Jumlah penduduk di Kabupaten Penajam Paser Utara terus bertambah pascapenetapan Kecamatan Sepaku sebagai lokasi ibu kota negara Indonesia yang baru. Kepala Disdukcapil Kabupaten Penajam Paser Utara Suyanto mengatakan, arus urbanisasi tidak bisa terbendung sejak sebagian wilayah Penajam Paser Utara, yakni Kecamatan Sepaku, ditetapkan sebagai lokasi ibu kota negara yang baru.

Bahkan, ia memprediksi, jumlah penduduk Kabupaten Penajam Paser Utara akan terus meningkat dan harus melakukan antisipasi adanya lonjakan urbanisasi.

“Banyaknya warga pendatang baru di Kabupaten Penajam Paser Utara itu karena ingin mencari lapangan pekerjaan,” ujarnya, Kamis (25/11/2021), seperti ditulis Antara.

Tercatat jumlah penduduk Kabupaten Penajam Paser Utara sepanjang 2021 sebanyak 185.022 jiwa atau meningkat jika dibandingkan jumlah penduduk 2020 sebanyak 181.349 jiwa.

Disdukcapil sudah melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data kependudukan dengan data Kementerian Dalam Negeri atau Kemendagri. Sampai Juli 2021, ada penambahan penduduk sekitar 3.000.

Penduduk Kabupaten Penajam Paser Utara yang sudah wajib memiliki kartu tanda penduduk (KTP) atau berusia 16 tahun ke atas sebanyak 127.151 jiwa, laki-laki sebanyak 65.831 orang, dan perempuan sebanyak 61.320 orang.

Dari jumlah penduduk 185.022 jiwa, kata Suyanto, warga berjenis kelamin laki-laki mendominasi dengan total 95.776 orang, sedangkan warga berjenis kelamin perempuan sebanyak 89.246 orang. “Jumlah penduduk laki-laki lebih banyak dibandingkan yang perempuan, termasuk yang sudah wajib KTP atau sudah memiliki hak pilih,” ucap Suyanto.(Rd)


About Admin

Check Also

Sikapi Aliran Baru Kekristenan Pewarna Gelar Diskusi Terbatas Menghadirkan Pdt. Martin L Sinaga

Sikapi Aliran Baru Kekristenan Pewarna Gelar Diskusi Terbatas Menghadirkan Pdt. Martin L Sinaga Jakarta, detikborneo.com …

Pameran Budaya Kuping Panjang Wanita Dayak Di Belanda Terlaksana Sukses, Pj Gubernur Kaltim Apresiasi Panitia

Pameran Budaya Kuping Panjang Wanita Dayak Di Belanda Terlaksana Sukses, Pj Gubernur Kaltim Apresiasi Panitia …

Menteri ATR: OIKN Segera Tuntaskan Lahan 2.086 Ha di IKN

Jakarta, detikborneo.com – Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/ BPN) Agus …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *