Home / Hukum & Kriminal, / Kegiatan Pramuka Saat Pandemi, Tetap Semangat

Kegiatan Pramuka Saat Pandemi, Tetap Semangat

| Penulis: Dr. Hendry Jurnawan, CLA.

Semakin merebaknya wabah covid 19 di bumi kita ini, sudah melebihi satu setengah tahun. Dunia sudah tercatat telah menelan nyawa manusia melebihi 4 juta orang.

Untuk itu, kiranya gerakan pramuka se-Indonesia terpanggil jiwanya. Timbul kepedulian dan komitmen membantu pemerintah menanggulangi virus Corona ini.

Gerakan pramuka berkewajiban menjaga keutuhan dan kesatuan bangsa, telah menjadi suatu kewajiban. Dan berusaha turut serta menanggulangi bencana covid-19. Virus kecil tak nampak oleh mata kita, ternyata sangat ganas dan berbahaya.

Betapa nilai tinggi jiwa bangsa Indonesia. Kita jangan mati konyol. Covid yang selalu mengancam kehidupan manusia. Tak peduli tua muda, kaya miskin, tanpa bulu, latar belakang sosial, ras, dan agama. Semua orang kalau tidak hati-hati pasti tertular atau terjangkit.

Taatilah anjuran pemerintah. Patuhilah protokol kesehatan. Sehingga bangsa Indonesia tetap kokoh. Jangan ada pikiran atau dikhawatirkan bangsa kita akan tumbang karena covid. Untuk itu, kita harus lawan.

Setiap Pramuka, pasti memakai masker. Karena dalam kegiatan kepramukaan selalu taat peraturan.

Maka dari itu, taatilah 7 M. Antara lain: 1). Mencuci tangan setiap saat. 2). Memakai masker selalu, 3). Menghindari kerumunan, 4). Menjaga jarak. 5). Mengurangi aktivitas. 6). Mendiami dirumah saja. 7). Menghindari makan bersama- sama.

Karena pendidikan pramuka mempunyai nilai tambah, keterampilan khusus dan kemampuan yang bermanfaat. Patutlah membantu pemerintah mensosialisasikan, cara pencegahan, melalui WhatsApp, Webminar, You tube, memberikan edukasi kepada masyarakat.

Menganjurkan masyarakat harus banyak minum air, harus jemur matahari, minum suplimen dan vitamin. Tingkatkan olahraga untuk meningkatkan imum diri. Senantiasa konsul ke dokter, bila ada gejala, harus segera mengobatinya. Jangan anggap diri sudah kebal, anti virus.

Anggota Pramuka harus memasyarakatkan dan menganjurkan setiap orang harus di vaksin, sebagai pencegahan dan memberikan kekebalan tubuh.

Tolong bantu menjelaskan kepada masyarakat bahwa memang ada virus. Dunia kedokteran, pakar kesehatan , pharmakolog, pun masih bingung belum menemukan obat untuk membasmi virus corona. Keberhasilan hanya jika berhasil ketemu vaksin.

Banyak masyarakat belum paham sering bertanya tanya. Apa yang dimaksud dengan Gerakan Pramuka?
Apa yang dimaksud dengan Gerakan Pramuka dan kepramukaan? Apakah tujuan dari Gerakan Pramuka?
Bagaimana tentang Pramuka?

Gerakan Pramuka Indonesia adalah nama organisasi pendidikan non-formal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan di Indonesia.

Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Karana, yang artinya Rakyat Muda yang Suka Berkarya. Pramuka merupakan organisasi atau gerakan kepanduan.

Gerakan Pramuka Indonesia didirikan oleh Hamengkubuwana IX pada tanggal 20 Mei 1961. Organisasi gerakan kepanduan bersifat universal, dan mendunia. Kantor pusat pramuka Indonesia di Jakarta dengan bumi perkemahan Buperta Cibubur, Jakarta Timur.

Apa Arti Kata Pramuka? Yang dimaksud “kepramukaan” adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan keluarga yang diselenggarakan dalam kegiatan yang membentuk setiap anggota Pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, dan beraklak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, dan munjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa.

Karena negara komunis, atheis, tidak beragama, maka negara komunis tidak ada kepanduan sejenis Pramuka.

Dari tujuan pramuka tersebut telah jelas dapat ditangkap maknanya bahwa gerakan Pramuka adalah sebuah kawah candradimuka pembentukan karakter generasi milenial Indonesia yang berlandaskan Pancasila.

Gerakan pramuka tidak memandang batasan usia. Prinsip dasarnya yang lebih tua bertanggung jawab membina dan mendampingi adik-adiknya.

Atas dasar prinsip tersebut, pramuka merupakan media efektif untuk menempa generasi millenial ini untuk tumbuh dan mengembangkan dirinya secara optimal demi nusa dan bangsa.

Hari Pramuka ke-60 tahun 2021 ini, di masa pandemi covid-10 masih ganas, dan mengancam. Dirgahayu Pramuka. Sekali pramuka tetap pramuka.

***

Dr. Hendry Jurnawan, CLA., Anggota Pramuka Kalimantan Barat, dosen dan pengacara.

About Admin

Check Also

Pandi Sangat Kecewa Pelaku Penembakan Anaknya Frisco Sirage Hanya Dihukum IMSP 10 Tahun Dan IG 8 Tahun

Pandi Sangat Kecewa Pelaku Penembakan Anaknya Bipda Ignatius Dwi Frisco Sirage Hanya Dihukum Vonis Masing-masing …

Pihak Panitia Tegas Nyatakan Akan Melakukan Tindakan Hukum Kepada Oknum Membuat Onar di Penutupan Naik Dango Pontianak

  Jakarta, detikborneo.com – Panitia Naik Dango ke-1 Kota Pontianak menangapi dan akan tindak tegas …

Polda Kaltim Ungkap Kasus Pelanggaran UU ITE Jual foto Porno

Balikpapan, detikborneo.com – Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Kepolisian Daerah (Polda) Kaltim berhasil mengungkap kasus …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *