25.9 C
Singkawang
More
    BerandaPetuah LeluhurMengelola Waktu

    Mengelola Waktu

    | Penulis: Dr. Mugeni

    Sampai sekarang, masih banyak orang yang tidak peduli terhadap waktunya yang hilang, dan tidak bersedih atas waktunya yang terbuang sia-sia.

    Ada orang yang hari-harinya hanya dihabiskan dengan duduk-duduk di depan rumah sambil melihat orang lain lalu lalang dengan pikiran kacau dan bingung atau malah dengan pikiran kosong. Mereka adalah orang-orang yang menyerah dengan keadaan, atau orang-orang yang pikirannya mati, atau orang-orang yang tidak punya impian, tidak punya rencana masa depan.

    Baca juga: Bagaimana Saya Produktif dan Mengungguli Orang Lain?

    Mereka tidak mempunyai inspirasi dan motivasi. Mereka hanya bisa menghabiskan waktu mengagumi orang lain dan menjadikannya bahan obrolan, atau mendengki orang lain dan mempergunjingkannya.

    Ayo bergerak, bangun impian, rencanakan masa depan. Mulailah dengan yang ada di hadapan kita, di sekeliling kita. Lakukan mulai dari yang kecil, kembangkan pelan-pelan, tingkatkan pengetahuan dan keterampilan, lalu buatlah lompatan-lompatan.

    Baca juga: Penilaian Orang

    Mereka yang jauh berada di depan masih dapat kita kejar dan lampaui. Sekarang, mulailah dengan mencari inspirasi. Dengan melihat dan menikmati pemandangan dari hamparan padi yang mulai menguning, mungkin bisa menginspirasi kita untuk bangkit dan menjadi orang sukses, setidaknya tidak membuat waktu kita terbuang sia-sia.

    Good morning. Selamat pagi!

    ***

    Bionarasi

    Dr. H. Mugeni, S.H., M.H. lahir pada 4 Juli 1959 adalah seorang tokoh literasi di Kalimantan Tengah, dan dahulu pernah menjadi seorang birokrat. Jabatan yang pernah ia emban salah satunya adalah sebagai Penjabat Bupati Barito Selatan pada 2016–2017.

    Kini menikmati hidup yang lebih hidup di perkebunannya di Sukamara, sembari giat berliterasi. Ia ketua Komunitas Penulis Lembaga Literasi Dayak.

    latest articles

    explore more

    99 KOMENTAR

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini