31.6 C
Singkawang
More
    BerandaBeritaMengenal Lebih Dekat Mujilastuti, Sosok Pemilik Sosial Tinggi Pendamping UKM dan Koperasi

    Mengenal Lebih Dekat Mujilastuti, Sosok Pemilik Sosial Tinggi Pendamping UKM dan Koperasi

    Mujilastuti 1 edited
    Foto (Tengah Mujilastuti)

    Jakarta, detikborneo.com – Mari mengenal sosok seorang perempuan yang memiliki nama Mujilastuti. Mungkin banyak yang belum mengetahui perempuan asal Pulau Borneo ini, yang mempunyai tekad untuk merubah kondisi di sekitarnya menjadi lebih baik.

    Mujilastuti awalnya merasa prihatin terhadap apa yang terjadi kepada para pelaku UKM dan koperasi yang kondisinya tidak bagus akibat merebaknya wabah pandemi Covid-19.

    Saat itu, Mujilastuti melihat ekonomi masyarakat khususnya pelaku UKM dan koperasi benar-benar terpuruk. Bisa dikatakan kondisi mereka jauh dari sejahtera.

    Mujilastuti 2 Copy

    Sebagai pelaku usaha dan pemberdayaan masyarakat, pribadi Mujilastuti di kalangan masyarakat Bengkayang sudah tidak asing lagi. Hal itu, karena semenjak pandemi melanda dirinya tanpa lelah sangat gencar melakukan pendampingan kepada UKM dan koperasi.

    Melalui sebuah wadah yang diberi nama Kowapi, ia terus melanjutkan program-program yang digaungkan melalui Inkowapi dan Puskowspi seperti pembinaan dan pemberdayaan pelaku usaha warung sembako dan para pelaku UKM lainnya. Tidak hanya sampai disitu, para petani jagung juga menjadi sasaran pembinaan.

    Mujilastuti 3

    Berbagai langkah yang terus dilakukannya adalah menggelar kegiatan sosial dan pemberdayaan kepada masyarakat. Mujilastuti pun disela-sela, kesibukannya masih menyempatkan diri memberikan pendampingan kepada mahasiswa universitas terbuka yang sudah usia lanjut.

    Sosok perempuan yang dikenal energik ini juga telah melakukan beberapa terobosan terhadap pelaku UKM. Di saat pandemi, Mujilastuti sempat menciptakan ramuan jamu tradisional yang digunakan sebagai penambah imun.

    Saat ini, Mujilastuti diberi kepercayaan dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI sebagai pendamping koperasi modern di Pulau Borneo.

    Beberapa koperasi modern yang dibawah pendampingannya adalah :

    1. Koperasi Simpati di Kalimantan Timur
    2. Koperasi Bokar Tanah Laut di Kalimantan Selatan
    3. Koperasi Pakat Sama di Kalimantan Tengah
    4. Koperasi Jastelkom di Kalimantan Barat

    Dalam pendampingan ini, Mujilastuti berhasil mengangkat produk kearifan lokal kalimantan tengah ke kancah nasional dan mendapatkan mitra kerjasama dalam penampungan produk barito utara. Masih banyak lagi yang dilakukan oleh Mujilastuti, namun hanya sedikit yang mengetahui nya…

    Mujilastuti adalah sosok perempuan yang energik dan memiliki sosial yang sangat tinggi. Salah satu figur yang harus kita support, pantas untuk kita perjuangkan. (Ib/Rd)

    Mujilastuti 2

    latest articles

    explore more

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini