Home / Berita / Tanah Longsor Terjang Desa Tengkajau Putuskan Akses Jalan
Tanah Longsor Terjang Desa Tengkajau Putuskan Akses Jalan

Tanah Longsor Terjang Desa Tengkajau Putuskan Akses Jalan

Tanah Longsor Terjang Desa Tengkajau Putuskan Akses Jalan

Melawi, Detikborneo.com – Telah terjadi tanah longsor yang menerjang Desa Tengkajau Kecamatan Pinoh Utara Kabupaten Melawi Kalimantan Barat Pada Senin 12 Juni 2023 Sekitar Pukul 17.00 wib.

Ketua Satgas Informasi Bencana BPBD Prov. Kalbar Daniel, S.Pd., SE, mengatakan kejadian tersebut berawal pada hari Minggu, 11 Juni 2023 malam turun hujan deras dan keesokan harinya Senin, 12 Juni 2023 sekitar pukul 02.00 wib terjadi tanah longsor.

Baca Juga :
Tanah Longsor di Desa Andeng , Kec. Sengah Temila, Daniel Sinyor Minta Warga Waspada dan Hindari Area Pegunungan yang Berpotensi Longsor

“Penyebab terjadinya tanah longsor ini diakibatakan oleh intensitas curah hujan yang cukup tinggi hingga bencana tanah longsor ini mengakibatkan terputusnya jalan antar dusun di desa tengkajau dan ada 36 KK yang rumah, juga kebunnya tertimbun tanah” terang Daniel.

Selain itu rusaknya sarana satu rumah warga, anak tangga naik ke daratan dari Sungai Melawi dan rusaknya tanaman kebun warga namun kendati demikian tidak ada korban jiwa.

“Kami BPPD Provinsi dan BPPD Melawi bersama Kepala Desa Tegkajau beserta aparat desa,Kepala Dusun, Ketua RT Dan Masyarakat disana sudah mengambil langkah penyelamatan dengan perbaikan jalan desa dan membuat tanggul darurat untuk menahan tanah” Ujarnya.

Baca Juga :
Tanah Longsor Menutupi Jalan Singkawang-Bengkayang, Danramil Bengkayang Kota Ikut Membersikan Lokasi Kejadian

Oleh karena itu kami menghimbau warga Desa Tengkajau agar tetap waspada dengan tanah longsor susulan jika intensitas hujan semakin lama.

“Tidak usah panik, tetap siaga dan salah satunya menyiapkan dokumen2 penting keluarga agar TDK tercecer pada saat menyelamatkan diri” Ujar Daniel

Masyarakat juga dihimbau untuk peka dengan keadaan sekitarnya, karena ada tanda-tanda alami yang dapat dikenali sebagai pertanda akan terjadi tanah longsor susulan diantaranya :
1. Tebing tanah sudah banyak rapuh dan kerikil sudah banyak berjatuhan.
2. Adanya retakan dilereng tang sejajar dengan arah tebing. Retakan muncul biasanya setelah hujan.
3. Halaman atau lantai rumah tiba2 ambles.
4. Adanya tanah yg runtuh dalam jumlah yang besar
5. Munculnya mata air secara tiba-tiba
6. Tiang listrik dan atau pohon-pohon miring.
7. Jendela dan pintu rumah secara tiba-tiba susah dibuka
8. Tidak ada genangan air di tanah setelah hujan.

“Jika di temukan tanda tanda alami seperti ini masyarakat dihimbau untuk berkoordinasi dengan pemerintah desa atau kecamatan terdekat serta saling mengingatkan sesama warga supaya bersiap siap untuk menyelamatkan diri secara mandiri. Jika di Desa itu ada kelompok rentan seperti lansia, orang sakit, disabilitas, ibu hamil dan anak2 harus diprirotas untuk di evakuasi” tutup Daniel. (Rd)

detikborneo

About detikborneo

Check Also

Idul Adha 1445 H, Prabowo Salat di Dekat Kediamannya

Jakarta, detikborneo.com – Menteri Pertahanan (Menhan) RI sekaligus Presiden Terpilih Prabowo Subianto menunaikan ibadah salat Idul …

Presiden Jokowi diagendakan Shalat Idul Adha di Semarang

Jakarta (ANTARA) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) diagendakan beribadah Shalat Idul Adha 1445 Hijriah di …

Kementerian PUPR Percepat Penyelesaian SPAM Sepaku Untuk Air Minum IKN

Jakarta, detikborneo.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mempercepat penyelesaian Sistem Penyediaan Air …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *