Home / Petuah Leluhur / Wisata

Wisata

| Penulis: Dr. Mugeni

Berwisata atau bepergian ke tempat-tempat yang menarik, indah, dan menakjubkan, meskipun jauh, hampir menjadi impian semua orang.

Orang bahkan rela berhemat, menabung bertahun-tahun, dan bekerja keras mengumpulkan uang demi mewujudkan mimpi dapat bepergian ke tempat-tempat wisata atau berkunjung ke negeri-negeri nan elok di belahan bumi nun jauh di sana. Ini dilakukan agar diperoleh kepuasan batin dan ketenangan jiwa serta merajut berbagai kenangan tak terlupakan.

Baca juga: Tertawa Kontekstual

Semakin sering dan semakin jauh perjalanan (wisata) seseorang, semakin meneguhkan simbol kemapanan status sosial seseorang. Tetapi yang jelas, ketika semakin jauh dan semakin beragamnya pengalaman wisata seseorang, semakin banyak cerita menakjubkan yang diperoleh, semakin banyak hal baru yang diketahuinya.

Dia pasti akan berjumpa dengan beragam karakter orang. Menyaksikan banyak budaya, menikmati banyak keunikan, mencoba belajar banyak bahasa, melihat warna-warni kulit yang berbeda, mendengar sejumlah dongeng dan cerita, serta menikmati banyak pemandangan yang indah. Semua akan menjadi hiburan dan kenangan tak terlupakan.

Imam Al-Syafii bahkan menyebutkan lima hikmah bagi orang yang (sering) bepergian, yaitu mengobati kegelisahan, mendapatkan ilmu pengetahuan, menambah teman, melatih kesantunan, dan mendatangkan pekerjaan.

Baca juga: Berbuat Salah

Bepergian (berwisata) juga merupakan bagian dari wujud silaturahmi sosial.

Dengan demikian, banyak bepergian akan (insya Allah) menambah rezeki dan memanjangkan umur. Jadi, berbahagialah kawan-kawan yang telah ditakdirkan sering bepergian.

Good morning. Selamat pagi!

***

Bionarasi

Dr. H. Mugeni, S.H., M.H. lahir pada 4 Juli 1959 adalah seorang tokoh literasi di Kalimantan Tengah, dan dahulu pernah menjadi seorang birokrat. Jabatan yang pernah ia emban salah satunya adalah sebagai Penjabat Bupati Barito Selatan pada 2016–2017.

Kini menikmati hidup yang lebih hidup di perkebunannya di Sukamara, sembari giat berliterasi. Ia ketua Komunitas Penulis Lembaga Literasi Dayak.

About Admin

Check Also

Penuhi Panggilan DAD Jakarta, Rustono ‘Dewa Datuk’ Beri Klarifikasi dan Minta Maaf kepada Masyarat Dayak

Jakarta, detikborneo.com – Perkumpulan ‘Dewa Datuk’ yang di ketuai Rustono penuhi panggilan Dewan Adat Dayak …

Kota Pontianak Resmi Selenggarakan Naik Naik Dango Pertama Kalinya

Pontianak, detikborneo com – Acara Naik Dango untuk yang pertama kalinya di Kota Pontianak resmi …

Pawai Obor Pertama di IKN Diikuti Puluhan Peserta

Pawai Obor Pertama di IKN Diikuti Puluhan Peserta

Jakarta, detikborneo.com – Berlokasi di Desa Karang Jinawi, kecamatan Sepaku, kabupaten Penajam Paser Utara, Kepala …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *