Home / Bisnis / Bulog Kaltim-Kaltara Prioritaskan Penyerapan Hasil Panen Lokal

Bulog Kaltim-Kaltara Prioritaskan Penyerapan Hasil Panen Lokal

Jakarta, detikborneo.com – Perum Bulog Wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara (Kaltim-Kaltara) memprioritaskan penyerapan hasil panen petani lokal dan siap menyerap hingga 3.000 sampai 4.000 ton beras untuk memastikan kebutuhan selama Ramadhan hingga Lebaran terpenuhi.

“Meskipun ada pergeseran waktu panen yang menyebabkan fluktuasi harga, Bulog telah siap dengan operasi pasar untuk menstabilkan harga beras,” ujar Pimpinan Perum Bulog Kaltim dan Kaltara Mersi Windrayani di Samarinda, Rabu.

Ia menegaskan kesiapan stok beras yang mencukupi untuk bulan Ramadhan hingga Idul Fitri, dengan menyiapkan sekitar 20.000 ton beras di seluruh cabang yang tersebar di wilayah tersebut.

BACA JUGA : Pemerintah Tetapkan 1 Ramadhan 2024 Jatuh pada 12 Maret

“Kami memiliki lima cabang di Kaltim-Kaltara, yaitu di Samarinda, Berau, Paser, Bontang dan Tarakan. Semua gudang Bulog di wilayah ini siap dan stok beras sangat cukup,” ujar Mersi.

Bulog berkolaborasi dengan dinas terkait untuk menggelontorkan beras subsidi sehingga masyarakat memiliki lebih banyak pilihan beras yang terjangkau.

“Kami tidak hanya menyediakan beras medium, tetapi juga beras berkualitas yang dapat dipilih masyarakat sesuai dengan kebutuhan mereka,” tutur Mersi.

Bulog menjamin bahwa stok beras di wilayah Kaltim-Kaltara dalam kondisi aman dan mencukupi untuk beberapa bulan ke depan.

“Kami telah menggelontorkan beras ke pasar tradisional, ritel modern, dan outlet Rumah Pangan Kita,” ujar Mersi.

BACA JUGA : BNPB: Banjir Masih Rendam Empat Kecamatan di Melawi Kalbar

Menurut Mersi, keberadaan kios penyeimbang yang didirikan di Samarinda telah membantu masyarakat mendapatkan akses mudah terhadap beras Bulog. Pihaknya berterima kasih kepada pemerintah Kalimantan Timur yang telah memberikan tempat untuk memasarkan beras Bulog.

“Sebagai badan pendukung, kami siap mendukung dan memenuhi stok beras di kios-kios tersebut agar masyarakat selalu mendapatkan pasokan beras yang cukup,” tuturnya.

Mersi berharap agar lebih banyak sejenis toko penyeimbang yang dibuka di kabupaten lain Provinsi Kaltim dan Kaltara untuk memudahkan distribusi beras Bulog dengan harga yang stabil di daerah tersebut.

 

(Antara)

detikborneo

About detikborneo

Check Also

Asyik Buat Rileks, Resto Arab Hadramot Jakarta Hadirkan Live Musik di Sky View

Jakarta, detikborneo.com  – Hal-hal yang bisa bikin kita happy bersama keluarga dan teman adalah nongkrong …

12 Desa Wisata Kalbar Masuk Nominasi 300 Besar ADWI 2024

Jakarta, detikborneo.com – Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar), Windy Prihastari mengatakan, sebanyak 12 Desa …

Rayakan Hari Jadi nya, Calysta Skincare Bagikan Progam Kebahagiaan Bagi Para Customer

Bandung, detikborneo.com – Pertumbuhan industri skincare atau kosmetik di Indonesia setiap tahun nya mengalami kenaikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *