32.3 C
Singkawang
More
    BerandaBeritaHari Jadi Pontianak ke-251 Tahun, Jadikan Pontianak Kuat dan Hebat

    Hari Jadi Pontianak ke-251 Tahun, Jadikan Pontianak Kuat dan Hebat

    Hari Jadi Pontianak ke-251 Tahun, Jadikan Pontianak Kuat dan Hebat

    Pontianak, detikborneo.com – Puncak Hari Jadi Kota Pontianak ke -251 tahun 2022 menjadi momen kebangkitan bagi kota berjuluk Khatulistiwa ini. Dengan mengusung tema ‘Pontianak Kuat, Pontianak Hebat’ , Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengajak seluruh warga Pontianak terus mendukung pembangunan di kota ini.

    “Kita terus berupaya menciptakan Kota Pontianak semakin nyaman, semakin hijau, semakin bersih dan membuat masyarakatnya bisa bahagia dan sejahtera,” ujarnya pada puncak peringatan Hari Jadi Kota Pontianak ke-251 di halaman depan Kantor Wali Kota Pontianak, Minggu (23/10).

    BACA JUGA : Mahfud MD Resmi Jadi Bakal Cawapres Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

    Edi memaparkan, seiring perkembangan setelah mengalami masa pandemi, Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dengan melibatkan seluruh jajaran dunia usaha dan masyarakat.

    Hal ini terbukti dengan peningkatan-peningkatan yang berhasil ditoreh oleh Pemkot Pontianak. Pertama, pertumbuhan ekonomi Kota Pontianak sekarang ini mencapai 4,6 persen. Setelah di masa pandemi sempat mengalami minus hingga 3,9 persen. Kemudian, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) mengalami peningkatan yang cukup signifikan, yang mana tahun 2021 IPM menyentuh angka 79,93. Tahun 2022 ini  ditargetkan hingga 80. Angka kemiskinan  juga menurun, dari sebelumnya 4,7 persen menjadi 4,3 persen.

    BACA JUGA : Berjarak Dekat Dengan Pontianak, Namun Sekolah Ini Kesulitan Akses Internet

    “Kota Pontianak juga ditetapkan sebagai TPID Terbaik se-Kalimantan dan meraih penghargaan TPID Awards baru-baru ini,” ungkapnya.

    Pembangunan infrastruktur di Kota Pontianak terus berlanjut, seperti dimulainya pembangunan duplikasi Jembatan Kapuas I dan penataan Jalan Sultan Hamid II. Pembangunan ini akan memberikan dampak yang sangat positif untuk wilayah Pontianak Timur dan Utara. Selanjutnya target menyelesaikan pembangunan rumah sakit di Pontianak Utara tahun ini.

    “Jalan-jalan akan ditingkatkan kualitasnya termasuk jalan-jalan lingkungan,” imbuhnya.

    Edi menyebut, masih banyak pekerjaan rumah yang masih harus dituntaskan, seperti bertambahnya volume produksi sampah, kebutuhan air bersih, masalah air limbah dan masalah transportasi kota. Kota Pontianak sebagai pusat pemerintahan Provinsi Kalbar, sebagai pusat pendidikan, pusat perekonomian, sebagai kota jasa dan perdagangan, tidak bisa berdiri sendiri. Sebagai barometer Provinsi Kalbar, tentunya dibutuhkan kolaborasi, antara Pemerintah Pusat, Pemprov Kalbar dan pemerintah kabupaten/kota. Hal ini lantaran mobilitas yang ada di Kota Pontianak sangat tinggi, apalagi berdekatan dengan pelabuhan udara, pelabuhan sungai dan transportasi darat dapat dijangkau ke kabupaten/kota di Kalbar.

    “Saya juga  memohon kepada Pemprov Kalbar dan pemerintah pusat untuk kita bergandengan tangan membangun kota ini karena sebagai barometer pemerintahan di Kalbar, Pontianak harus disokong, baik berkaitan permasalahan infrastruktur maupun masalah-masalah sosial lainnya,” ucapnya.

    Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan, atas nama Pemprov Kalbar, mengucapkan Selamat Hari Jadi Kota Pontianak ke-251, semoga Kota Pontianak semakin maju dan terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakatnya.

    “Kita sekarang melihat Kota Pontianak berbenah diri dan semakin baik. Semua ini berkat dari pada tangan dingin Wali Kota dan Wakil Wali Kota serta Sekretaris Daerah Kota Pontianak bersama seluruh jajaran OPD dan masyarakat Pontianak. Mudah-mudahan ke depan semakin lebih baik dan semakin maju,” katanya.

    Sementara itu, Ketua DPRD Kota Pontianak, Satarudin berharap di Hari Jadi yang ke-251 ini, Kota Pontianak terus berbenah dalam segala aspek sehingga menjadikan kota ini semakin maju dan hebat.

    “Sesuai dengan tema Hari Jadi tahun ini ‘Pontianak Kuat, Pontianak Hebat’, artinya momen ini kita jadikan titik kebangkitan dari keterpurukan saat dilanda pandemi,” sebutnya.

    Pasca pandemi Covid-19 ini, berbagai aktivitas dan geliat perekonomian mulai bangkit kembali. Pada puncak Hari Jadi Kota Pontianak ke-251 ini, tergambar dari animo masyarakat yang sangat luar biasa. Ia berharap agar ke depannya bisa semarak seperti pada hari ini, bahkan lebih meriah lagi.

    “Saya salut dengan masyarakat Kota Pontianak yang begitu antusias merayakan hari ulang tahun kota tercinta ini,” pungkasnya. (iza/rd)

     

    Sumber : pontianakpost

    latest articles

    explore more

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini