25.4 C
Singkawang
More
    BerandaBeritaKetapang Siap Sampingi Pembebasan Lahan SUTT-Gardu Induk PLN

    Ketapang Siap Sampingi Pembebasan Lahan SUTT-Gardu Induk PLN

    Ketapang Siap Sampingi Pembebasan Lahan SUTT-Gardu Induk PLN

    Ketapang, detikborneo.com – Pemerintah Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, siap mendampingi PT PLN dalam pembebasan lahan untuk pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) berupa Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV dan Gardu Induk (GI) 150 kV di daerah itu.

    “Pemkab Ketapang mendukung PSN sektor ketenagalisttikan,” ujarnya Plh Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat,  Heryandi saat dihubungi di Ketapang, Sabtu.

    Menurut dia, Pemkab Ketapang mendukung pembangunan PSN berupa SUTT 150 kV dan GI 150 kV itu. Ia mengaku ada kendala yang dihadapi dalam pembebasan lahan dan ruang bebas, namun Pemkab Ketapang siap mendampingi penyelesaiannya melalui unsur di kecamatan dan desa.

    BACA JUGA : Densus 88 Kembali Tangkap Lagi Teroris JAD yang Niat Gagalkan Pemilu, Totalnya 42 Orang

    “Jika ada yang perlu diselesaikan sampai tingkat pemda maka Pemkab Ketapang siap memfasilitasi untuk penyelesaiannya,” kata dia.

    General Manager PT PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat (UIP KLB), Muhammad Dahlan Djamaluddin menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Pemkab Ketapang,

    “Kami berterima kasih kepada Pemkab Ketapang serta seluruh pihak yang senantiasa menjaga sinergi dalam upaya meningkatkan keandalan suplai daya listrik di Kalimantan Barat terkhusus di Kabupaten Ketapang, melalui pembangunan proyek infrastruktur ketenagalistrikan. Semoga jembatan silaturahmi yang telah dibangun semakin mempererat hubungan baik antara PLN dengan Pemkab Ketapang,” kata dia.

    Sementara itu, Manajer PT PLN Unit Pelaksana Proyek Kalimantan Bagian Barat (UPP KLB) 2 Ketapang Akhmad Mustaqim menjelaskan bahwa seluruh proyek kelistrikan di di Ketapang ditujukan untuk mendukung interkoneksi sistem kelistrikan Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.

    “Apabila seluruh proyek tersebut rampung dan sudah ‘energize’ maka keandalan listrik di Kalimantan khususnya Kalimantan Barat meningkat karena suplai listrik tidak hanya dari pembangkit Kalimantan Barat saja, tetapi juga bisa masuk melalui provinsi lainnya di Kalimantan,” kata dia.

    Ia menyampaikan informasi terkini proyek ketenagalistrikan yang sedang berlangsung di Kabupaten Ketapang antara lain GI 150 kV Sandai, SUTT 150 kV Tayan – Sandai, SUTT 150 kV Kendawangan – Marau – Sukamara dan SUTT 150 kV Sandai Tx (Ketapang – Sukadana).

    “Saat ini proyek SUTT 150 kV Sandai – Tx sudah mencapai 97 persen, SUTT 150 kV Kendawangan – Sukamara sudah mencapai 73 persen, SUTT 150 kV Tayan – Sandai sudah mencapai 13,29 persen dan GI 150 kV Sandai sudah mencapai 88 persen,” kata dia. (Rd)

    Antara

    latest articles

    explore more

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini