Home / Uncategorized / Lewat Talk Show Gawai Dayak Menyapa Dunia, DAD DKI Jakarta Diundang Ikut Promosi Budaya dan Pariwisata ke Afrika Selatan

Lewat Talk Show Gawai Dayak Menyapa Dunia, DAD DKI Jakarta Diundang Ikut Promosi Budaya dan Pariwisata ke Afrika Selatan

Lewat Talk Show Gawai Dayak, DAD DKI Jakarta Diundang Ikut Promosi Budaya dan Pariwisata ke Afrika Selatan

Jakarta, detikborneo.com -Acara Talk Show Gawai Dayak Menyapa Dunia dilaksanakan pada hari Minggu, 10 April 2022 di Trans Studio Mall (TSM) Cibubur Jakarta.

Pameran yang digagas oleh PT. Segitiga Dot Com dengan tema: Infact Expo 22 adalah Indonesia, Investment, Fashion, Art, Craft, Trade and Tourism diselenggarakan sejak hari Rabu, 7 -10 April 2022 dimeriahkan dengan stand dari mitra binaan Pertamina yang ikut hadir diacara pameran hingga UMKM.

Dewan Adat Dayak (DAD) DKI Jakarta juga ikut hadir pameran produk-produk kerajinan khas Dayak dan ikut mengisi acara Tarian, Musik sape serta Lagu-lagu Dayak yang dimotori oleh Sanggar Banyuke pimpinan Nini Magdalena.

Petrus Sape yang ikut hadir mengisi Acara menjadi ikon di pameran dengan mengunakan pakaian dan assesoris Dayak serta sukses dengan atraksi menyumpit balon membuat para tamu mall TMC kagum serta bertepuk tangan hingga minta berpoto.

Dra. Hj. Novaria dibantu oleh Ir. Zamaida Valentina ikut menjadi moderator talk show Gawai Dayak Menyapa Dunia pada pameran INFACT EXPO 2022 di Trans Studio Mall Cibubur sebagai Pembicara:

  1. Mayjen TNI (Purn). Hendardji Soepandji selaku Ketua Umum Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN)
  2. Tamunan Kiting, SE, MM Ketua Umum Dewan Adat Dayak (DAD) DKI Jakarta.
  3. Lawadi Nusah, S.Pd Wakil Ketua Panitia Gawai Dayak Jakarta 2022

Talk show berlangsung dari pukul 11.00 -13.00 WIB dan Mayjen TNI (Purn). Hendardji Soepandji menyampaikan bagaimana sejarah KSBN untuk memperjuangkan agar Seni Budaya Nusantara tetap eksis dikenal dan dicintai oleh semua suku-suku yang ada di Indonesia, karena dengan Budaya kita bisa meminimalisir segala bentuk perpecahan yang akan menggangu keharmonisan Semua suku Bangsa di Indonesia ini.

Tamunan Kiting sangat berterima kasih atas diselenggarakan kegiatan talk show Gawai Dayak Menyapa Dunia pada ajang pameran kali ini, DAD siap untuk bekerjasama dengan siapapun dalam menjaga serta melestarikan budaya Dayak di Indonesia. DAD DKI Jakarta yang terdiri dari warga Dayak berasal dari 5 (lima ) Provinsi Kalimantan yang ada di Jakarta yang merupakan terwakilan dari kurang lebih 405 sub suku Bangsa Dayak yang merupakan kekayaan aset bangsa Indonesia khususnya Budaya Dayak yang melimpah untuk dapat dikembangkan sebagai sarana pariwisata domestik dan mancanegara.

Lawadi Nusah Wakil Ketua Gawai Dayak Jakarta 2022 mengundang semua masyarakat adat dan ormas-ormas yang ada di DKI Jakarta hadir serta ikut berpartisipasi dalam kegiatan Gawai Dayak ini karena selain didukung oleh Pemda DKI Jakarta, Gawai Dayak Ini juga kerjasama dengan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Jakarta, Komite Seni Budaya Nusantara dan banyak lagi ormas Dayak dan ormas lainnya ikut serta akan mensukseskan acara ini.

Lomba Sumpit, Lomba Pangka Gasing, Peragaan Busana Etnik Dayak, Lomba Lagu Dayak dan Pencak Silat akan menjadi perlombaan ikut memeriahkan acara Gawai Dayak.

Panitia Gawai Dayak juga akan mengundang Menteri Dalam Negeri lewat Direktur Bina Ideologi Karakter Dan Wawasan Kebangsaan untuk sekaligus bisa hadir di Acara Festival Gasing Nusantara supaya Pangka Gasing tidak punah dan dapat diusulkan menjadi olaraga yang dilombakan pada acara Pekan Olahraga Nasional (PON).

Karena hampir bersamaan dengan puasa dan Lebaran maka mohon maaf acara Gawai Dayak Jakarta 2022 diundur menjadi tanggal 5 -7 Agustus 2022 di Lapangan Banteng Jakarta, ucap Lawadi menambahkan.

Saat closing statement, Mayjen TNI (Purn). Hendardji Soepandji menyampaikan: Bulan Desember Tahun 2022 dapat undangan untuk pameran Budaya di Afrika Selatan, semua akomodasi ditanggung pihak kedutaan tetapi biaya transportasi ditanggung pribadi dan dalam kesempatan ini kami mengundang agar DAD DKI Jakarta ikut hadir bersama sebagai ajang promosi kebudayaan Dayak dan Pariwisata di Kalimantan dan Indonesia, ucapnya.

Tamunan Kiting Ketua Umum DAD DKI Jakarta menyambut baik atas undangan ini dan akan segera mempersiapkan personil DAD DKI Jakarta yang bisa berangkat tentu berharap ada sponsor dan donatur yang dapat membantu biaya transportasi dengan bekerjasama dengan DAD DKI Jakarta kata Tamunan mengakhiri. (Bajare007)

About Admin

Check Also

Penutupan Tempat Ibadah GKPS Purwakarta Dikarenakan Tak Berijin

Purwakarta, detikborneo,com -Penutupan tempat ibadah jelang tahun politik makin masiv setelah terjadi di Lampung, Lumajang …

Keren Alue Dohong Akan Memfasilitasi Anggota TBBR Menjadi Bagian Penjaga Hutan Di Kementerian LHK

Toho Kab Mempawah, detikborneo.com – Peringatan Hari Ulang Tahun Keramat Patih Patinggi yang dilaksanakan dari …

Dua Maestro Dayak, Bidang Musik Sape Dan Gitar Memeriahkan Hari Musik Nasional 2023 Di Jakarta

Poto: Fery Sape, Lawadi Nusah (Sekum DAD DKI Jakarta) Dan Eet Sjahranie Jakarta, detikborneo.com -Hari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *