31.6 C
Singkawang
More
    BerandaBeritaPelantikan Pengurus PWI Kalbar Masa Bhakti 2024 - 2029

    Pelantikan Pengurus PWI Kalbar Masa Bhakti 2024 – 2029

    Kubu Raya, detikborneo.com – Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kalimantan Barat masa bhakti 2024-2029 resmi dilantik oleh Ketua Umum PWI Pusat, Hendry Chairudin Bangun di Hotel Alimoer, Kabupaten Kubu Raya, Selasa (9/7/2024).

    Ketua PWI Kalbar, Kundori, mengatakan bahwa profesionalisme pers merupakan salah satu kunci utama dalam pembangunan daerah.

    “Tantangan pada era digital yang cepat, seperti hoax dan disinformasi, akan merusak kepercayaan publik terhadap pers. Kita wartawan dituntut profesional dalam penyajian berita. Uji Kompetensi Wartawan juga sudah dilaksanakan untuk peningkatan kualitas wartawan,” ungkapnya.

    Sementara itu, Ketua PWI Pusat, Hendry CH Bangun menyatakan bahwa pelantikan PWI Kalbar harus ditindaklanjuti dengan gerakan nyata. Ia juga menekankan pentingnya kerjasama PWI Kalbar dengan Pemda tingkat I dan II untuk mempersiapkan event Pilkada.

    “Kami berharap ada pergerakan positif dari PWI dan pers di Kalimantan Barat. PWI Kalbar dengan KPU, Bawaslu, serta unsur pemerintahan perlu mengadakan kegiatan agar Pilkada berjalan dengan baik,” ucapnya.

    Hendry CH Bangun juga menegaskan bahwa PWI adalah organisasi yang berdiri sejak 9 Februari 1946 dan terus berjuang membantu negara. Sekarang sudah ada lebih dari 20 ribu wartawan se-Indonesia yang bergabung di PWI,” tuturnya.

    Sementara itu, Pj Gubernur Kalbar, dr. H. Harisson, M.Kes., menyatakan bahwa wartawan adalah pilar demokrasi Indonesia yang dituntut mengedepankan nilai kebenaran dan alat kontrol sosial.

    “Saya himbau agar wartawan menjunjung tinggi independensi dan integritas. Berita disajikan tanpa intervensi pihak manapun, beri pemahaman yang baik untuk masyarakat,” katanya.

    Kegiatan ini dihadiri oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, Polda Kalbar, Kodam XII/Tanjungpura, Kejati Kalbar, Pemerintah Kabupaten/Kota se-Kalbar, PT. Antam Tbk-UBP Bauksit Tayan, PLN Unit Induk Distribusi Kalbar, PT. Pertamina Patra Niaga, PTPN IV, PT. Pelindo serta Bank Kalbar.

    latest articles

    explore more