27.7 C
Singkawang
More
    BerandaPolitikPemimpin yang Tepat bagi Zamannya

    Pemimpin yang Tepat bagi Zamannya

    Judul buku : Drs. Cornelis, M.H., Motivator & Pemimpin

    Penulis : R. Masri Sareb Putra, M.A.

    Editor: Matius Mardani

    Cetakan  Ke-1, Tangerang,                                

    Penerbit : Lembaga Literasi Dayak 2021

    Halaman : xxii-410 hlm,

    Ukuran: 15 x 23 cm

    ISBN: 978-623-7069-89-8

    Menjadi Pemimpin adalah sebuah panggilan hidup. Tahukah anda bahwa Masing-masing kita sejatinya adalah pemimpin, setidaknya pemimpin bagi diri kita sendiri. Bagaimana tidak setiap hari kita harus membuat keputusan. Cara dan apa yang ia diputuskan menggambarkan siapa sejatinya pemimpin itu. Kalau diri sendiri saja perlu dipimpin apalagi sebuah komunitas, organisasi ataupun pemerintahan. Dalam sebuah organisasi ataupun komunitas bahkan pemerintah tentu membutuhkan sosok pemimpin yang dapat membuat keputusan yang adil bagi  pengikutnya. Kita dapat membayangkan betapa krusialnya posisi seorang pemimpin.

    Buku biografi Cornelis “motivator dan pemimpin” menunjukkan tugas dan tanggung jawab seorang pemimpin. Kemampuan memimpin tidak lahir begitu saja, melainkan juga diciptakan atau dijadikan. Pemimpin sejati dapat menggerakkan orang-orang melakukan nilai-nilai yang sudah ditanamnya artinya motivator dan pemimpin merupakan sebuah kesatuan. Pemimpin selain mengajarkan nilai-nilai bagi pengikutnya harus mampu menghidupi nilai-nilai tersebut terlebih dahulu. Pemimpin harus dapat melayani dengan baik, terlebih seorang pemimpin harus berani mengambil keputusan ditengah setiap tantangan.

    Hal ini Cornelis tunjukkan dengan perjuangannya membangun Kalimantan Barat juga masyarakat Dayak. Seorang pemimpin tidak hidup bagi dirinya saja melainkan juga mengabdikan hidup bagi rakyat yang ia pimpin. Tidak hanya melihat persoalan dari sudut pandangnya sendiri tetapi memahami apa yang dibutuhkan rakyatnya. 

    Kepemimpinan dan perjuangan harus diwujudkan dalam sebuah karya. Taman bukit Cornelis menjadi gambarannya. Menjadi pemimpin besar tidak didapat dengan mudah Cornelis membangun kepemimpinannya mulai dari bawah dengan menjadi camat, bupati, gubernur hingga anggota DPR RI. Perjalanan panjang beliau menjadikan dirinya tertulis di hati rakyat sebagai penghargaan dari warga kalimangan Barat. 

    Buku Cornelis pemimpin dan motivator tidak hanya menonjolkan seorang pemimpin yang bernama Cornelis akan tetapi komunitas yang ia pimpin yakni Kalimantan barat dan masyarakat Dayak. Setiap generasi atau masa harus dapat melahirkan sosok pemimpin yang tepat bagi zamannya. Hal ini menjadi referensi bagi pembaca baik individu maupun bagi anda seorang pemimpin. 

    Membaca buku ini sama dengan belajar langsung dari seorang pemimpin, dengan demikian dapat memotong kurva belajar. Melalui sebuah buku pengalaman di dunia politik dan kepemimpinan selama bertahun-tahun seorang Cornelis diubah menjadi menjadi pengetahuan dan dapat dipraktekkan bagi siapa saja. Setiap anda dapat membaca buku ini hanya beberapa waktu saja akan tetapi efek manfaatnya dapat sepanjang masa. (Esra Agus Kristianto)

    Latest articles

    Explore more

    Arsip berita

    9 KOMENTAR

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini