25.4 C
Singkawang
More
    BerandaBeritaPrabowo-Gibran Bakal Lanjutkan Pembangunan IKN

    Prabowo-Gibran Bakal Lanjutkan Pembangunan IKN

    Prabowo-Gibran Bakal Lanjutkan Pembangunan IKN

    Jakarta, detikborneo.com – Pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mengatakan berkomitmen melanjutkan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

    Dengan demikian, bisa diartikan segala tahapan pembangunan IKN yang telah dimulai era Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak akan terbengkalai. Komitmen Prabowo-Gibran mengenai IKN tertera di dalam dokumen visi misinya.

    Dengan Visi “Bersama Indonesia Maju, Menuju Indonesia Emas 2045”.

    BACA JUGA : KLHK Pastikan Pembangunan IKN Gunakan Pendekatan Rehabilitasi Hutan dan Lahan

    Di dalam visi tersebut, terdapat 8 Misi Asta Cita, 8 Program Hasil Terbaik Cepat, dan 17 Program Prioritas.

    Ada pun melanjutkan pembangunan IKN menjadi salah satu dari 17 program prioritas pasangan yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) itu.

    Sebagai informasi, pembangunan IKN terbagi dalam beberapa tahapan dengan target selesai pada tahun 2045 mendatang. Seperti halnya untuk infrastruktur dasar, Kementerian PUPR sedang fokus menyelesaikan pembangunannya pada tahun 2024.

    Berdasarkan data Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN hingga 19 Oktober 2023, progres fisik untuk batch 1 yang telah dimulai sejak 2020 sebanyak 40 paket pekerjaan sebesar 55,89 persen.

    Kemudian, batch 2 dimulai sejak Maret 2023 sebanyak 42 paket pekerjaan mencapai 1,14 persen. Sehingga total progres pekerjaan fisik infrastruktur IKN secara keseluruhan sebanyak 82 paket sebesar 22,16 persen.

    BACA JUGA : MADN dan Polri Komitmen Sepakat Kawal Pembangunan IKN

    Beberapa infrastruktur dasar IKN yang utamanya akan selesai pada 2024 yakni untuk pemenuhan kebutuhan air bersih dan beberapa jaringan jalan untuk meningkatkan konektivitas ke kawasan IKN.

    Misalnya Bendungan Sepaku Semoi dengan progres 98,12% dan telah dilakukan pengisian air awal (impounding), serta Duplikasi Jembatan Pulau Balang Bentang Pendek dengan target selesai Juli 2024. Lalu, pembangunan tiga seksi Jalan Tol IKN yang ditargetkan selesai pada pertengahan tahun 2024. (Rd)

    latest articles

    explore more

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini