29.4 C
Singkawang
More
    BerandaBeritaWebinar 4 Bibliopedia.id: Korelasi Thinking Skill and Creative Writing

    Webinar 4 Bibliopedia.id: Korelasi Thinking Skill and Creative Writing

    Tangerang, Detikborneo.com – Bibliopedia.id kembali menyelenggarakan webinar dengan topik korelasi thinking skill dengan creative writing, Jumat (25/03/2022).

    Pemateri dalam webinar yaitu Heru Susanto M.Th beliau pengampu mata pelajaran thinking skill di Candle Tree School Tangerang, bersama dengan Masri M.A penulis  buku sekaligus direktur Lembaga Literasi Dayak (LLD).  

    Webinar diselenggarakan melalui zoom dan diikuti peserta dari berbagi daerah seperti Tangerang, Jakarta, Pontianak, Sosok, Sanggau, Tamiang Layang, Sampit, Pangkalpinang, Palangka Raya, Sintang, Entingkong, Jogya, dan Salatiga.

    Heru Susanto M.Th. menyampaikan materi yang berkaitan dengan bagaimana berfikir kritis dan analitis. Proses menulis seperti mengolah masakan dimana harus mengumpulkan bahan masakan dan menyediakan alat-alatnya. Proses mengolah menjadi masakan yang enak itulah tekniknya. Setiap orang akan memiliki teknik yang berbeda dalam meracik masakan itulah yang dimaksud keterampilan berfikir.

    Sedangkan Masri M.A mengupas bagaimana menciptakan tulisan yang kreatif, menciptakan tulisan yang menarik ibarat membangun rumah. Desain kita menentukan, akan tetapi bahannya bisa dari mana saja. Bahan-bahan yang digunakan untuk membangun rumah itulah yang sumber referensi.

    Matius Mardani, M.Pd. sebagai moderator dengan pengalamannya memimpin jalannya webinar dengan lugas sehingga para peserta pada akhirnya mampu menciptakan pertanyaan yang menarik kepada narasumber.

    Webinar kali ini sangat membantu bagi para peserta terbukti pertanyaan-pertanyaan yang diajukan pada sesi tanya-jawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan merupakan pertanyaan dasar dalam menulis.

    Seperti bagaimana mengutip atau apakah dalam setiap harus referensi?  Narasumber juga membagikan trik-trik dalam penulisan tidak hanya menulis buku akan tetapi bagaimana menulis makalah, karya ilmiah maupun artikel, dan bagaimana cara mengutip referensi menjadi topik yang menarik bagi para peserta.

    Dalam webinar yang diselenggarakan oleh bibliopedia.id lebih mengutamakan diskusi. Narasumber berusaha memaparkan apa ditanyakan oleh peserta. Ibaratnya membeli sesuatu maka peserta akan mendapat apa yang mereka butuhkan dari narasumber daripada memperoleh apa yang dijual.

    Dari hasil diskusi peserta mengusulkan untuk mengadakan webinar lanjutan dari topik kali ini. Bibliopedia berupaya menggerakkan dunia literasi dengan rutin menyelenggarakan webinar dengan topik bagaimana memulai menulis sampai tulisan dapat diterbitkan. (EAK)

    latest articles

    explore more

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini