25.1 C
Singkawang
More
    BerandaUncategorizedIbadah Muta'adiyah Menebar Berkah Bagi Kaum Duafa

    Ibadah Muta’adiyah Menebar Berkah Bagi Kaum Duafa

    Jakarta, Detikborneo.com – Dalam bulan suci Ramadhan tahun ini, warga rukun warga, seperti tahun yang lalu, dikoordinasikan Haji Hendra Jafar mengadakan bakti sosial pembagian makanan gratis, tiap minggu selama 4 minggu dalam bulan puasa.

    Setiap kali sebanyak 500 paket makanan gratis ke warga di posko No. 4, pas pintu gerbang posko komplek Danau indah di tepi jalan raya. Hal yang sama dilakukan pada Jumat (22/04/2022), Pukul 4.00 sore, tapi kali ini dan minggu depan paket telah ditingkatkan menjadi 600 paket.

    Hal yang sama sudah dilakukan sejak pandemi, beberapa tahun yang lalu. Inilah partisipasi dan ada keperdulian warga tanpa pamrih.

    Pandemi Covid-19 tidak terasa sudah hampir 2 tahun berlangsung, tetapi sampai saat ini belum juga dapat dicegah secara maksimal selain dengan vaksinasi Covid-19. Kendati jumlah kasus Covid-19 mulai menurun, tapi orang yang terpapar virus korona masih ada.

    Terlebih lagi, masyarakat Indonesia perlu waspada dengan dan terus bermunculan varian Covid-19 baru dari negara lain. Demikian kata Haji Hendra Jafar, ketua RW 013, Kelurahan Sunter Jaya, Jakarta utara.

    Pembagian sembako bagi warga terkena imbas pandemi covid-19 yang dikaitkan ibadah sosial (muta’adiyah) yang berkaitan dengan amalan yang manfaatnya berdampak pada orang lain, seperti menyantuni anak yatim, mengobati orang sakit, membantu orang yang terkena musibah, dan lain sebagainya. Adalah amal sosial yang bermanfaat amat mulia.

    Eka Yeluma, Lurah Sunter Jaya, dihubungi saat di lapangan kegiatan mengatakan, “sangat salut ketua RW 013, H. Hendra Ja’far, mengajak warga untuk turut menebar berkah dan kebahagiaan bagi Kaum Duafa melalui Program Ramadhan, “Berbagi Sembako Ramadhan untuk Duafa”.

    Hadir Babim Kamtibmas Aipda M. Kholiq, Hampir semua perwakilan pengurus LMK (Lembaga Musyawarah Kelurahan), Sukianto dari RW O13, ibu Isti dari Apartemen Park View, dari Rw 015 dan juga lainnya tidak tersebut namanya.

    Selain itu, hari Sabtu (23/04/2022) mulai pukul 9.30, di sekretariat Rukun Warga 013, Sunter Jaya akan disalurkan paket lebaran ke masjid Ataqwa, Sunter Jaya. 200 paket beras 5 kg untuk 1 000 orang. Serta santunan untuk 200 orang anak yatim piatu dan kaum duafa, masing-masing Rp 100.000/ orang, uang saja sudah Rp 20 juta, belum termasuk nilai beras.

    “Saya sebagai saksi hidup, pembagian paket sembako ini, bukan baru kali ini. Penghuni Rukun Warga, sudah mulai sebelum kerusuhan tahun 98. Sudah hampir 25 tahun, tidak pernah terputus, semula sedikit. Tiap tahun meningkat, kita bersyukur tahun ini masih kuat dan mampu mengadakan bakti sosial yang sangat berperikemanusiaan, jiwa sosial yang Pancasilais ini bukan cari popularitas, tapi hati ikhlas beramal,” kata Komandan Satpam A. Yani. (Dilaporkan oleh Hendry Jurnawan)

    Latest articles

    Explore more

    Arsip berita