Home / Bisnis / Debat Pilpres, Ganjar Ingin IKN Jadi Pusat Gravitasi Baru Regional

Debat Pilpres, Ganjar Ingin IKN Jadi Pusat Gravitasi Baru Regional

Jakarta, detikborneo.com – Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo mendorong agar Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara menjadi pusat gravitasi baru bagi Indonesia di regional ke depannya.

Pernyataan itu disampaikan Ganjar dalam paparannya di debat ketiga Pilpres, Minggu (7/1). Ganjar mengatakan pertahanan Indonesia harus masuk pada teknologi 5.0.

“Dan kita perlu melakukan penataan gelar pasukan karena IKN menjadi pusat gravitasi baru, dan ini bagian dari antisipasi terhadap tarung global antara Amerika Serikat dan Tiongkok (China),” ucap Ganjar.

BACA JUGA :23 Investor Pelopor di Tahun 2023 Telah Groundbreaking di IKN, Total Nilai Estimasi Investasi RP41 Triliun

Dia mengatakan hubungan internasional Indonesia harus disesuaikan dengan situasi geo-politik internasional. Ganjar menyebut Indonesia menganut sistem politik bebas aktif.

Artinya, Indonesia tak terikat dengan blok Barat maupun Timur. Namun, kondisi itu tetap harus disesuaikan dengan situasi global. Namun, selain itu, Ganjar menilai kepentingan hubungan luar negeri juga menyangkut lapangan kerja Indonesia di luar negeri.

“Kepentingan nasional harus nomor satu karena penting ini harus ada redefinisi yang bebas aktif disesuaikan dengan kondisi kekinian,” ucap Ganjar.

BACA JUGA :Ajakan Jokowi Kepada Jepang Untuk Berinvestasi di IKN

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat ketiga Pilpres 2024 pada malam hari ini, Minggu (7/1). Debat dihelat di Istora Senaya, Jakarta.

Dalam debat kali ini, tiga calon presiden yang beradu gagasan. Mereka adalah Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

Tema debat seputar pertahanan, keamanan, geopolitik, hubungan internasional, dan politik luar negeri.

Tiap capres diberi waktu untuk memaparkan visi dan misi masing-masing di awal debat. Setelah itu dilanjut pertanyaan dari panelis yagn dibacakan moderator lalu segmen tanya jawab antarcapres.

Debat dipandu oleh dua moderator yang merupakan jurnalis MNC Grup, yakni Anisha Dasuki dan Ariyo Ardi. MNC Grup dan Garuda TV dipilih menjadi stasiun televisi yang menyiarkan. (Rd)

(CNN)

detikborneo

About detikborneo

Check Also

Karolin Dapat Tiket Maju Calon Bupati Landak dari PDIP

Ngabang, detikborneo.com – Karolin Margaret Natasa telah menerima surat tugas calon Bupati Landak dari Dewan …

Sikapi Aliran Baru Kekristenan Pewarna Gelar Diskusi Terbatas Menghadirkan Pdt. Martin L Sinaga

Sikapi Aliran Baru Kekristenan Pewarna Gelar Diskusi Terbatas Menghadirkan Pdt. Martin L Sinaga Jakarta, detikborneo.com …

Pameran Budaya Kuping Panjang Wanita Dayak Di Belanda Terlaksana Sukses, Pj Gubernur Kaltim Apresiasi Panitia

Pameran Budaya Kuping Panjang Wanita Dayak Di Belanda Terlaksana Sukses, Pj Gubernur Kaltim Apresiasi Panitia …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *