26.5 C
Singkawang
More
    BerandaUncategorizedKetok Palu Jhonny Laing Impang Terpilih Aklamasi Menjadi Ketua Umum DAD Kaltara...

    Ketok Palu Jhonny Laing Impang Terpilih Aklamasi Menjadi Ketua Umum DAD Kaltara 2023-2028

    IMG 20230129 WA0000
    Poto: Dr. Drs. Marthin Billa, MM melantikan Jhonny Laing Impang menjadi Ketua Umum DAD Kaltara

    Tanjung Selor Kaltara, detikborneo.com -Ribuan warga dan Tokoh hadir saat pembukaan Musyawarah II Dewan Adat Dayak (DAD) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) pada tanggal 27 Januari 2023 di halaman parkir Kantor sekretariat di kawasan gunung seriang tanjung selor Kabupaten Bulungan.

    Zainal Paliwang Gubernur Kaltara hadir sekaligus meresmikan Kantor sekretariat DAD Provinsi Kalimantan Utara, bangunan megah banyak mengunakan bahan baku kayu ulin, tampak 4 tiang penyangah depan masih utuh pohon ulin setinggi kurang lebih 4m tidak ketinggalan ornamen khas ukiran Dayak ditiang halaman dengan replika burung enggang setinggi kurang lebih 7 meter menambah estetika tingginya budaya Dayak yang masih terpelihara.

    Screenshot 20230129 115534

    Lokasi tempat acara kurang lebih 25 kilometer dari pusat kota, dan kawasan ini akan menjadi pusat perkantoran pemda Kaltara disebelah kira sudah nampak pembangunan Kantor DPRD Provinsi Kalimantan Utara.

    Dr. Drs. Marthin Billa, MM Presiden Majelis Adat Dayak Nasional (MADN) tampak hadir ikut didaulat potong tali rotan penghalang masuk Lokasi acara setelah didoakan dulu secara Adat Dayak Kenyah oleh Ului Ilang pemangku adat Desa Teras Nawang Dayak Kenyah Lepok Tau.

    IMG 20230129 WA0020

    Setelah masuk dikantor sekretariat DAD Rombongan Gubernur dan Presiden MADN menuju lokasi penancapan tiang pertama Lamin (Rumah Adat Dayak) yang rencana anggaran pembangunan senilai 18 miliar rupiah diatas tanah sumbangan pribadi Johnny Laing Impang.

    Ului Impang Pemangku Adat membacakan ritual doa dalam budaya Dayak Kenyah dilanjutkan penimbunan tanah oleh Zainal Paliwang, Marthin Billa dan Johnny Laing Impang dilokasi tiang kayu ulin diameter 60cm dengan skop yang Penancapannya ke tanah dibantu alat berat beko.

    IMG 20230129 WA0014

    Tepat pukul 14.30 WIT setelah dihibur tarian putri-putri cantik Dayak dilanjutkan acara Pelantikan Albertus Stefanus Marianus, ST sebagai Komandan Panglima Wilayah Badan Komando Laskar Masyarakat Adat Dayak (BAKORMAD) Provinsi Kalimantan Utara oleh Cornelis Nalau Anton Panglima BAKORMAD Nasional.

    Cornelis Nalau Anton dalam kata sambutannya: BAKORMAD tugas fungsinya adalah mengawal semua kebijakan dan keputusan Presiden MADN sampai ditingkatkan DAD Provinsi sampai ke akar rumput dan siap bekerjasama dengan instansi pemerintah serta pihak swasta.

    IMG 20230129 WA0013

    Agenda malam hari dilaksanakan pembekalan acara seminar singkat tentang Hak Hutan Adat yang menjadi Narasumber Muhammad Said Direktur penangan konflik Dirjen Kehutanan.

    Antusiasme tanya jawab peserta dan nara sumber cukup berkembang baik berhubung waktu singkat maka dibatasi karena masih ada Narasumber lain yakni dari Polda Kaltara dan Kodam VI Mulawarman yang diwakili oleh Kolonel TNI Abraham Kalelo putra Dayak Maanyan yang menjabat Kasi Intel Korem.

    IMG 20230129 WA0034

    Hari kedua Musyawarah II Dewan Adat Dayak (DAD) Provinsi Kaltara pada pagi hari dijadwalkan Pembekalan dari Marthin Billa Presiden Majelis Adat Dayak Nasional (MADN) dan dalam penyampaiannya bahwa saat ini Legalitas Dukumen Akte Notaris AHU MADN dari Menkumham sudah selesai dalam satu tahun masa kerja, MADN juga sudah menjalin komunikasi dengan beberapa instansi pemerintah, ucapnya.

    Ir. Nyelong Inga Simon Ketua Bidang Pemberdayaan Perempuan MADN turut berkesempatan menyampaikan visi misi akan rencana wadah yang menaungi semua Perempuan Dayak sebagai bagian dari ujung tombak dalam rumah tangga keluarga maka sudah seyogyanya agar selalu didampingi dari wanita karir hingga Perempuan dipedesan agar kedepan mimpi-mimpi Perempuan Dayak agar anak-anaknya bisa ikut sukses bersama.

    IMG 20230129 WA0005

    Wadah ini disepakati namanya Lembaga Perempuan Dayak Nasional (LPDN) dan tetap dibawah Komando MADN. LPDN nanti setelah dideklarasikan rencana tanggal 30 Juni 2023 diistana Bogor mudah-mudah hadir juga Presiden RI Ir. Joko Widodo, kata Nyelong yang hadir diacara bersama Maria Goreti Nereng.

    Drs. Yakobus Kumis, MH Sekjen MADN bertugas menjadi pimpinan Sindang saat acara Munas bersama empat anggota mewakili unsur Dewan Pakar Martinus Labo, Pengurus DAD yakni: Markus, Albertus dan Luwardi.

    IMG 20230129 WA0035

    Dalam laporan pertanggungjawaban Johnny Laing Impang mendapatkan apresiasi dari peserta munas yang mana saat ini telah memajukan DAD Kaltara dengan baik diantaranya saat ini sudah membangun Kantor Sekretariat yang mewah, Mobil Ambulan Gratis untuk semua warga yang membutuhkan dan rencana akan membangun Rumah Lamin serta Museum Dayak dilokasi yang sama.

    Lima perwakilan DAD Kabupaten dikaltara yakni DAD Bulungan, DAD Tarakan, DAD Malinau, DAD Tanah Tidung dan DAD Nunukan semua menerima dan setuju mengusulkan Jhonny Laing Impang untuk kembali menjadi Ketua Umum DAD Kaltara Periode 2023-2028 sehingga menguatkan posisi untuknya menahkodai lima tahun kedepan dengan terpilih secara aklamasi ini.

    IMG 20230129 WA0002 1

    Pukul 16.00 WIT Presiden MADN Dr. Drs. Marthin Billa, MM melantik Jhonny Laing Impang dengan pakaian kebesaran Khas Dayak Kenyah Lepok Tau dilanjutkan kata sambutannya Ketua terpilih yang menyampaikan agar Masyarakat Adat Dayak Di Kaltara tetap kompak jaga persatuan supaya kita kuat, turut serta bersama memperjuangkan hak-hak tanah adat dan tetap melestariakan budaya Dayak, katanya.

    Acara ditutup Marthin Billa dilanjutkan Menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars MADN dan lagu Padamu Negri, doa penutup oleh Pdt. Timotius Sipur, M.Th Kepala Kantor MADN, acara berakhir jam 17.00WIT dilanjutkan ucapan selamat kepada Ketua Terpilih dan poto bersama. (Bajare007)

    IMG 20230129 WA0015

    Latest articles

    Explore more

    Arsip berita

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini