32.8 C
Singkawang
More
    BerandaBeritaKetua Komisi V DPR RI Beri Bantuan Kendaraan Roda Empat untuk ITKK

    Ketua Komisi V DPR RI Beri Bantuan Kendaraan Roda Empat untuk ITKK

    Sekadau, Detikborneo.com – Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus, S.Sos., M.Si. didampingi Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Provinsi Kalimantan Barat menyerahkan bantuan berupa kendaraan roda empat untuk Institut Teknologi Keling Kumang (ITKK) di halaman Rektorat Institut Teknologi Keling Kumang, Sekadau (19/12). Bantuan tersebut diserahkan secara langsung kepada Rektor Institut Teknologi Keling Kumang, Dr. Drs. Stefanus Masiun, S.H., M.E.

    “Bantuan tersebut hanyalah sebuah gerakan kecil yang bisa menyentuh sektor pendidikan, khususnya di Pulau Kalimantan yang masih tertinggal. Sebagai wakil rakyat, saya berharap dengan bantuan kendaraan roda empat yang kami berikan ini, bisa memberikan manfaat untuk Sivitas Akademika Institut Teknologi Keling Kumang,” tutur Lasarus.

    Bantuan yang diberikan tidak semata disalurkan bagi sekolah maupun perguruan tinggi. Namun, juga dinilai dari keseriusan kalangan menengah ke bawah. Menurut Lasarus, ITKK memiliki peluang untuk berkembang menjadi salah satu perguruan tinggi yang berkualitas di Kalimantan Barat. Karena itu, dirinya akan mendukung ITKK dalam mengembangkan diri.

    “Kabupaten Sekadau memiliki potensi. Kita bisa lihat masih banyak lahan yang luas. Dengan peluang tersebut, ITKK diharapkan dapat mengembangkan potensi yang ada. Segmen menengah ke bawah itulah yang harus dijamah oleh perguruan tinggi ini (ITKK),” ujar politisi dari Partai PDI-P tersebut.

    Meskipun baru melewati tahun akademik yang pertama, Lasarus yakin, ITKK mampu berkembang pesat dan akan menjaring banyak mahasiswa pada tahun-tahun yang akan datang.

    Sementara itu, Kepala BPTD Kalbar, Syamsuddin mengatakan terdapat banyak bantuan dari Kementrian Perhubungan yang disalurkan di Kalimantan Barat melalui Komisi V DPR RI.

    “Beberapa bantuan sudah disalurkan di Bandara Sintang. Ada juga yang disalurkan ke Pelabuhan Kijing. Kemudian pembangunan dermaga juga sangat bermanfaat bagi masyarakat. Saat ini, banyak fasilitas dan prasarana yang sedang dalam proses pembangunan. Inilah kontribusi dari wakil rakyat di pemerintah pusat,” ujarnya.

    Rektor Institut Teknologi Keling Kumang menyambut baik bantuan tersebut. “Saat ini, ITKK memiliki 140 mahasiswa dari tiga program studi, yakni Agroteknologi, Kewirausahaan, dan Rekayasa Komputer. Sebagian besar mahasiswa tersebut merupakan masyarakat dari Kabupaten Sekadau. Harapan kita, orang tua yang tidak mampu menguliahkan anaknya di Pontianak maupun di luar pulau, bisa kuliah di ITKK. Kami jaga kualitasnya,” kata Masiun.

    Sebagai perguruan tinggi pertama di Kabupaten Sekadau yang baru beroperasi, Masiun bersyukur karena sejak awal berdiri, ITKK sudah mendapatkan dukungan dari pemerintah, baik pemerintah daerah maupun pemerintah pusat. Ia berharap, dukungan tersebut dapat terus berlanjut. (MF)

    Latest articles

    Explore more

    Arsip berita

    27 KOMENTAR

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini