24.9 C
Singkawang
More
    BerandaUncategorizedKetum DAD DKI Jakarta Beri Ucapan Selamat Kepada Stand Kalteng Juara Pertama...

    Ketum DAD DKI Jakarta Beri Ucapan Selamat Kepada Stand Kalteng Juara Pertama Festival Lomba Kuliner Nusantara di Senayan

    Tamunan Kiting Ketua Umum DAD DKI Jakarta

    Ketua DAD DKI Jakarta Beri Ucapan Selamat Kepada Stand Kalteng Juara Pertama Festival Lomba Kuliner Nusantara di Senayan

    Jakarta, detikborneo.com -Tidak sisa-sisa jerih payah para peserta lomba kuliner yang ikut lomba

    Tampak kegembiraan pada wajah para staf Anggota Dewan Perwakilan Daerah Kalimantan Tengah (DPD RI Kalteng) mewakili ikut lomba. Nama Provinsi Kalteng disebut sebagai juara pertama dalam penilaian juri Festival Lomba Kuliner Nusantara.

    Festival ini merupakan rangkaian dari kegiatan Hari Ulang Tahun ke-17 DPD RI. Mengambil tema dari Daerah untuk Indonesia, festival ini menyajikan penampilan kuliner dari provinsi-provinsi yang ada di Indonesia.

    “Alhamdulilah. Tidak menyangka, Kalteng bisa meraih juara. Berkat dukungan Anggota DPD RI dari Kalteng dan giat rekan-rekan staf, kita bisa mengharumkan nama Kalteng,” ujar Deni Martanti, Koordinator Tim Kuliner Kalteng, Jumat (1/10/2021).

    Mbak Deni dan Ibu Nova

    Deni menjelaskan bahwa tidak ada persiapan khusus yang dilakukan. Mengingat waktu persiapan yang terbatas, ia bersama dengan tim memilih konsep penyajian kuliner yang sederhana. Mengambil penganan dan minuman khas dari UMKM Kalteng, bersama tim ia menyiapkan penataan semaksimal mungkin.

    Adapun makanan yang disajikan seperti Amplang, Sintuk Madu, dan Ikan Saluang. Sementara minuman yang disiapkan berupa teh Bajakah dan Kopi Pasak Bumi yang memikat dewan juri.

    Tim Kalteng dalam waktu singkat memesan produk UMKM dari Palangka Raya dan mengemas ulang di Jakarta. Hal ini untuk menyesuaikan kriteria penilaian yang meliputi rasa, kemasan, serta tampilan.

    Deni mengaku tidak menyangka penilaian juri akan memenangkan Kalteng. Hal ini karena dari berbagai provinsi menyediakan kuliner terbaik mereka dengan sajian yang berkesan. Ia sendiri menilai tim Kalteng hanya mengandalkan kreativitas penataan stan pameran dengan konsep makanan yang sederhana.

    Team Stand Kalteng

    “Konsep tim Kalteng sederhana. Pengunjung dan para Wakil Daerah dari berbagai provinsi bisa mengenal, mencicipi, atau membawa pulang kuliner Kalteng yang sudah dikemas. Tujuannya itu. Agar produk UMKM Kalteng bisa dikenal,” ujarnya.

    Ia tak mau berandai-andai. Namun melihat kriteria, bisa saja konsep tersebut memenuhi kriteria yang diharapkan oleh para juri.

    Deni menyebut kemenangan ini didedikasikan pada pelaku UMKM di Kalteng yang selama ini mendapatkan perhatian dari para anggota DPD RI dari daerah pemilihan tersebut.

    Lily Amelia Salurapa, Senator DPD RI dari Sulawesi Selatan yang sempat mengunjungi stan Kalteng menyampaikan sajian makanan yang ditampilkan menggugah selera.

    “Kalimantan Tengah luar biasa. Baru lihat, sudah pengen makan saja,” ungkapnya sembari memberi tanda dua jempol.

    Senator lain asal Maluku, Novita Anakotta yang turut mampir bersama Lily juga mengapresiasi konsep Tim Kalteng yang tidak sekadar menampilkan kuliner tapi juga mempromosikan produk UMKM. Hal ini menurutnya konsep luar biasa.

    “Enak dan paling hebat lagi memperkenalkan produk-produk UMKM,” ujarnya.

    Sebagai informasi, adapun anggota DPD RI dari Kalteng antara lain Dr. Agustin Teras Narang, S.H., Hj. Yustina Ismiati, S.H., M.H., Habib Said Abdurrahman, dan H. Muhammad Rakhman S.E., S.T.

    Kalteng sendiri memiliki keragaman kuliner. Untuk makanan berat ada beragam rupa seperti Kalume, Hintalu Karuang, Juhu Umbut Rotan yang berbahan rotan muda, Juhu Kujang, dan banyak lainnya.

    Poto Bersama Pemenang Lomba

    Tamunan Kiting Ketua Umum DAD Provinsi DKI Jakarta mendengar kabar ini sangat senang dan bangga atas prestasi yang sudah diperoleh Team Stand dari Kalteng saat mengikuti lomba kuliner.

    Selamat atas prestasi ini semoga dengan kegiatan ini makin banyak orang yang ingin berkunjung disana, ujar Tamunan

    Jadi bagi pembaca detikborneo.com yang akan berkunjung ke Kalteng. Pastikan anda tidak hanya menikmati kekayaan alam dan Pariwisata di Kalteng yang khas, tapi juga sempatkan menikmati kekayaan kuliner khas Pulau Borneo dan Bumi Tambun Bungai. (Bajare007/ Sumber: Pranusa.Id)

    Artikulli paraprak
    Artikulli tjetër

    latest articles

    explore more

    1 KOMENTAR

    1. Thanks for your marvelous posting! I truly enjoyed reading it, you are a great
      author.I will make sure to bookmark your blog and may come back down the road.
      I want to encourage that you continue your great posts, have a nice holiday weekend!

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini