26.5 C
Singkawang
More
    BerandaBeritaPresiden MADN Hadir Saat Cornelis Nalau Anton Lantik Effendi Jadi Pangwil Bakormad...

    Presiden MADN Hadir Saat Cornelis Nalau Anton Lantik Effendi Jadi Pangwil Bakormad Kalimantan Timur. Cornelis: Jumlah Pasukan Bakormad saat ini sudah 30 Ribu

    Samarinda, detikborneo.com – Meskipun hujan turun dari malam hingga sore pada minggu (7/7/2024) acara Pelantikan Pengurus Badan Komando Laskar Masyarakat Adat Dayak (BAKORMAD) Wilayah Provinsi Kalimantan Timur yang dimulai pukul 14.00 WITA berjalan hikamat dan meriah di ballrom hotel Midtown kota Samarinda.

    Tampak hadir tokoh-tokoh Dayak Nasional dan Kalimantan Timur, dan juga tokoh lainnya sepertinya Dr. Andersius Namsi, Ph.D , Yakobus Kumis, Firminus Kunum, Sari Jaang, Yulianus Henock, Martinus Usat, Decky Samuel, Aikul Palit dan Lawadi Nusah (Sekum DAD DKI Jakarta).

    BACA JUGA : Menteri ATR: Keamanan Sertifikat Tanah Elektronik Terjaga

    IMG 20240707 WA0255

    Tarian penyambutan tamu putri-putri cantik Dayak Tunjung Benuaq yang lemah gemulai mengiringi kehadiran Dr. Drs Marthin Billa, MM Presiden Majelis Adat Dayak Nasional (MADN), Cornelis Nalau Anton, SE Panglima Bakormad Nasional dan Zainal Arifin Ketua DAD Provinsi, Kalimantan Timur, Kapolresta Samarinda dan tamu undangan lainnya saat memasuki ballroom yang disambut dengan pengalungan sal Manik motif Dayak oleh Effendi, SH., M.Hum selaku Panglima Bakormad Wilayah Kalimantan Timur yang akan dilantik bersama Simon Jaang, SH (Sekretaris Umum), Dr. Ruth Dj (Bendahara Umum) dan Para Pengurusnya.

    Letambunan Abel, SH Sekretaris Jenderal Bakormad Nasional membacakan Surat Keputusan Nomor: 003/BAKORMAD/SK/VII/2024 Masa Bakti 2024-2029 dilanjutkan Pembacaan Janji Jabatan di pandu Cornelis Nalau Anton (Pangilima Bakormad Nasional), Penyerahan Pataka dan Penanda Tangganan berita acara pengukuhan Badan Komando Laskar Masyarakat Adat Dayak (BAKORMAD) Wilayah Kalimantan Timur.

    IMG 20240707 WA0257

    BACA JUGA : Haji Isam Pecahkan Rekor Borong 2000 Ekskavator, Ternyata Dulu Pernah Jadi Tukang Ojek

    Dalam kata sambutannya Cornelis menyampaikan: Selamat dan Sukses atas diantiknya para pengurus tadi, Bakormad Nasional adalah Pasukan khusus yang dibentuk oleh MADN pada Rakernas 1 Nomor 006/RAKERNAS-1/MADN/X/2022 dan Nomor: 91/MADN/PO/IX/2022 tentang tata cara Pembentukan, Pengangkatan, Tugas, Fungsi, Wewenang, Tanggung Jawab, Hak dan Kewajiban Badan Komando Laskar Masyarakat Adat Dayak Nasional (BAKORMAD).

    Semua mandat untuk pembentukan organisasi Bakormad Wilayah sudah ada diseluruh pulau Kalimantan dan DKI Jakarta saat ini jumlah anggota sudah mencapai 20-30 ribu orang, baru dilantik Kaltara tahun 2022 dan hari ini Kaltim.5 Tugas utama adalah mengawal semua keputusan-keputusan, Kebijakan-kebijakan dan peraturan-peraturan yang keluarkan oleh MADN dan DAD. Mengawal Perjuangan Masyarakat Adat Dayak dalam mempertahankan Harkat, Martabat dan keberadaan Masyarakat Adat Dayak. Sesama anggota ormas Dayak jangan mau diadu domba tetap bersatu demi menjaga kekayaan alam, budaya dan membantu pemerintah dalam menjaga keamanan sosial dimasukkan, ucap Cornelis.

    BACA JUGA : Kapolri Berikan Pin Emas untuk Dirresnarkoba Polda Kalsel dan Tim

    Sedangkan Effendi setelah melantik delapan pengurus Bakormad daerah di Kaltim menyampaikan terima kasih atas kehadiran Presiden MADN salam hormat orang kebangaan kami masyarakat Dayak satu komando, terima kasih juga kehadiran Panglima Bakormad Nasional dan seluruh tamu undangan saya minta maaf meskipun acara banyak kekurangannya ini adalah yang dapat dilakukan dan merupakan permulaan awal yang baik, tutupnya.

    Polda Kaltim Apresiasi atas terselenggaranya acara pelantikan pengurus Bakormad Wilayah, bersyukur jika kita bersama dalam menjaga Kamtibmas dengan bergandengan tanggan tetap aman dan kondusif untuk Kaltim ujar Kombes Pol. Dr. Arif Fadli Kapolres Samarinda mewakili Kapolda yang mohon maaf berhalangan hadir ada kegiatan lain. Acara cukup meriah dihadiri 250 orang dilanjutkan poto bersama, makan dan hiburan tarian dan musik yang menambah semarak suasana makin meriah. (Bajare007)

    Latest articles

    Explore more

    Arsip berita