Home / Uncategorized / Willy Midel Yoseph Berkunjung Ke Tanjung Selor Kaltara Bersama Pengurus ICDN Se-Indonesia.

Willy Midel Yoseph Berkunjung Ke Tanjung Selor Kaltara Bersama Pengurus ICDN Se-Indonesia.

Willy Midel Yoseph Berkunjung Ke Kaltara Bersama Pengurus ICDN Se-Indonesia.

Tanjung Selor, detikborneo.com -Ikatan Cendekiawan Dayak Nasional (ICDN) mulai marathon membentuk pengurusnya ditiap Provinsi Di Indonesia. Sejak dideklarasikana pada tanggal 19 Januari 2019 di Kota Palangkaraya Kalimantan Tengah bersama para pendirinya yakni: Willy Midel Yoseph, Fredrik Bith, Aswin Usup, Yansen Tipa Padan dan Almarhum Damianus Jackie serta almarhum Hamid Darmadi. Awal Tahun 2020 melakukan Musyawarah Nasional di Kota Samarinda Kalimantan Timur di Hotel Senyiur dan setelah kegiatan tersebut sempat terhentik kurang lebih dua tahunan akibat pandemi covid-19 sehingga mulai awal Tahun 2022 bergerak cepat untuk melantik para pengurus di Provinsi dan Kabupaten.

Pada awal tahun ini tanggal 9 Januari 2022 baru saja di lantik pengurus ICDN DPD Provinsi Kalimantan Barat dengan Ketua Umumnya Dr. Drs. Adrianus Asia Sidot M.Si anggota DPR RI Komisi X dari Fraksi Golkar mengantiakan Prof.Hamid Darmadi yang wafat akibat Covid-19 pada tahun 2021. Acara Pelantikan Pengurus ICDN DPD Kalimantan Barat dilaksanakan di Hotel Ibis Kota Pontianak oleh Irjen Pol (P). Drs. Tommy Sagiman Dewan Pembina DPN ICDN mewakili Ketua Umum yang tidak bisa hadir karena isoman dirumah sehingga mengikuti kegiatan secara virtual zoom meeting.

Selang hanya dua pekan Willy Midel Yoseph Ketua Umum DPN ICDN langsung melantik Pengurus ICDN DPD Provinsi Kalimantan Tengah yang dilaksanakan di Ballroom Golden Christian School kota Palangkaraya bersama para pengurus ICDN Kabupaten di Kalimantan Tengah.

Hari ini Jumat 25 Februari 2022 Dewan Pimpinan Nasional (DPN) ICDN Willy Midel Yoseph (Ketua Umum) dan Joni Bunggai (Sekretaris Jendral) bersama Para Ketua Umum DPD ICDN Provinisi di Kalimantan dan Provinsi DKI Jakarta mendatangi Tanjung Selor kota termuda di Pulau Kalimantan yang Baru terbentuk pada tanggal 25 Oktober 2012 Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012.

Kedatangan Willy Midel Yosep saat di Bandara Internasional Juwata Tarakan tiba pukul 13.30 WITA mengunakan pesawat Batik Air No ID. 6674 dari Jakarta Pukul 10.30 WIB disambut oleh Prof. Adri Patton Rektor Universitas Borneo Tarakan dan Norhayati Andris Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Utara.

Setelah istrirahat kurang lebih 30 menit di Ruang Transite VVIP Room Bandara Juwata Tarakan, rombongan langsung menuju pelabuhan untuk naik Speed Booth kurang lebih 60 menit menuju Tanjung Selor kota termuda di Indonesia no urut 34 dan pernah menjadi Kota Kesultanan Bulungan atau Bulongan yang berdiri tahun 1731 dengan raja pertama Wira Amir dengan gelar Amirin Mukminin (1731-1777) dan Raja Kesultanan Bulungan terakhir raja ke-13 Datuk Tiras gelar Sultan Maulana Muhammad Djalalluddin (1931-1958).

Saat merapat dipelabuhan Speet Both yang ditumpangi Willy Midel Yoseph langsung disambut oleh Dr. Yansen Tipa Padan Faunder dan Ketua Umum ICDN DPD Kaliamantan Utara sekaligus juga saat ini menjabat Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Utara.

Pembacaan Doa Khas Dayak Lundayeh disampaikan oleh sesepuh tokoh adat Dayak di Kaltara dilanjutkan Pemasangan Topi dan Kalung manik taring Khas Dayak Kenyah diiringi musik dan tarian gadis-gadis cantik putri Dayak lemah gemulai membawakan tarian penyambutan tamu yang menjadi tradisi buadaya Dayak di Kalimantan Utara.

Kalimantan Utara Provinsi termuda dengan empat Kabupaten dan satu kotamadya yakni:

  1. Kota Madya Tarakan.
  2. Kabupaten Bulungan
  3. Kabupaten Nunukan
  4. Kabupaten Malinau
  5. Kabupaten Tanah Tidung.

Kalimantan Utara Provinsi termuda dengan luas wilayah 75.467,70 km2 dan jumlah penduduk pada sensus 2021 berjumlah 738.163 jiwa. Lolos pilkada tahun 2020 melawan petahanan Irianto Lambrie Gubernur pertama dan dilanjutkan Gubernur Zainal Arifin Paliwang alumni AKABRI Tahun 1986 dari akademi kepolisian dan jabatan terakhir sebagai Wakapolda Kalimantan Utara tahun 2018-2020 dengan pangkat Brigadir Jendral.

Acara Pelantikan Pengurus ICDN DPD Kaltara dan Seminar Nasional sekaligus jadwalkan juga Deklarasi Forum Pemuda Dayak Kalimantan Utara yang akan dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 26 Februari 2022, Jam 08.00 WITA -Sampai Selesai tempat Gedung Pesparawi Kabupaten Bulungan Tanjung Selor Kalimantan Utara.

Acara Seminar Nasional dengan Narasumber:

  1. Dr. Alue Dohong, Ph.D Anggota Dewan Pembina DPN ICDN Dan Wamen Kementrian Lingkungan Hidup.
  2. Ir. Abdon Naban Aktifis dan Pegiat Masyarakat Adat.

Selain onsite acara juga bisa diikuti via zoom meeting ID: 826 8990 9502 Passcode: 997982 dan You Tube Kanal Cendekia serta Facebook Kanal Cendekia. (Bajare007)

About Admin

Check Also

Penutupan Tempat Ibadah GKPS Purwakarta Dikarenakan Tak Berijin

Purwakarta, detikborneo,com -Penutupan tempat ibadah jelang tahun politik makin masiv setelah terjadi di Lampung, Lumajang …

Keren Alue Dohong Akan Memfasilitasi Anggota TBBR Menjadi Bagian Penjaga Hutan Di Kementerian LHK

Toho Kab Mempawah, detikborneo.com – Peringatan Hari Ulang Tahun Keramat Patih Patinggi yang dilaksanakan dari …

Dua Maestro Dayak, Bidang Musik Sape Dan Gitar Memeriahkan Hari Musik Nasional 2023 Di Jakarta

Poto: Fery Sape, Lawadi Nusah (Sekum DAD DKI Jakarta) Dan Eet Sjahranie Jakarta, detikborneo.com -Hari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *