Home / Uncategorized / Presiden Jokowi Resmikan Tol Balikpapan Samarinda Sepanjang 97,3 Km
Presiden Jokowi Resmikan Tol Balikpapan Samarinda Sepanjang 97,3 Km
Presiden Jokowi Resmikan Tol Balikpapan Samarinda Sepanjang 97,3 Km

Presiden Jokowi Resmikan Tol Balikpapan Samarinda Sepanjang 97,3 Km

BALIKPAPAN, BERSAHAJANEWS.COM – PresidenJokowi meresmikan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda, ruas Balikpapan-Samboja di Gerbang Tol Manggar, Balikpapan, Kalimantan Timur , Selasa (24/8/2021).

Dengan ini optimistis jalan Tol Balikpapan Samarinda sepanjang 97,3 km di Kalimantan Timur akan menciptakan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru dan meningkatkan jaringan logistik nasional.

Presiden Jokowi hadir di lokasi peresmian didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Pekerjaa Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, dan Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor.

“Kita harapkan dengan adanya jalan tol ini akan menciptakan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru dan perbaikan jaringan logistik akan lebih baik, lebih efisien, dan lebih cepat,” kata Presiden Jokowi.

Ia mengatakan, perbaikan jaringan logistik yang ada, otomatis akan memperbaiki daya saing Indonesia, utamanya komoditas-komoditas yang diproduksi di Kalimantan Timur sehingga akses makin lancar dan bisa menurunkan biaya logistik.

“Dan, tentu saja produk-produk ekspor dari provinsi ini akan memiliki daya saing yang tinggi sehingga menjadikan ekonomi di Provinsi Kalimantan Timur makin efisien dan makin kompetitif,” katanya.

Secara keseluruhan, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda memiliki total panjang 97,3 km, yang terbagi menjadi lima seksi, yaitu Seksi lima ruas Balikpapan (Km 13)-Sepinggan (11,09 km), Seksi 1 ruas Balikpapan (Km 13)-Samboja (22,03 km), Seksi 2 ruas Samboja-Muara Jawa (30,98 km), Seksi III Muara Jawa-Palaran 17,30 km) dan Seksi IV Palaran-Samarinda (16,59 km).

Jalan Tol Balikpapan-Samarinda memiliki empat gerbang tol, yakni Gerbang Tol (GT) Manggar, GT Karang Joang, GT Samboja, dan GT Palaran. Selain itu, jalan tol ini juga dilengkapi dengan dua rest area tipe A, di mana ke depan akan dilengkapi stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBBU) yang telah selesai dibangun di Km 37 arah Balikpapan dan Km 36 arah Samarinda dan dikelola anak usaha Jasa Marga, PT Jasa Marga Related Business.(Rd)

About Admin

Check Also

Penutupan Tempat Ibadah GKPS Purwakarta Dikarenakan Tak Berijin

Purwakarta, detikborneo,com -Penutupan tempat ibadah jelang tahun politik makin masiv setelah terjadi di Lampung, Lumajang …

Keren Alue Dohong Akan Memfasilitasi Anggota TBBR Menjadi Bagian Penjaga Hutan Di Kementerian LHK

Toho Kab Mempawah, detikborneo.com – Peringatan Hari Ulang Tahun Keramat Patih Patinggi yang dilaksanakan dari …

Dua Maestro Dayak, Bidang Musik Sape Dan Gitar Memeriahkan Hari Musik Nasional 2023 Di Jakarta

Poto: Fery Sape, Lawadi Nusah (Sekum DAD DKI Jakarta) Dan Eet Sjahranie Jakarta, detikborneo.com -Hari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *