24.9 C
Singkawang
More
    BerandaBisnisJokowi Kembali Groundbreaking Sejumlah Proyek di IKN Hari Ini, Didampingi Erick Thohir

    Jokowi Kembali Groundbreaking Sejumlah Proyek di IKN Hari Ini, Didampingi Erick Thohir

    Sepaku, detikborneo.com – Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali bertolak menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) di Provinsi Kalimantan Timur, hari ini Rabu (17/1/2024). Jokowi diagendakan melakukan proses peletakan batu pertama atau groundbreaking ke-IV untuk 11 proyek di IKN.

    Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi bertolak ke IKN, Kalimantan Timur dengan menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia-1. Jokowi dan rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta sekitar pukul 06.30 WIB.

    BACA JUGA :23 Investor Pelopor di Tahun 2023 Telah Groundbreaking di IKN, Total Nilai Estimasi Investasi RP41 Triliun

    Setibanya di Bandara Internasional Sultan Aji Mahmud Sulaiman Sepinggan, Balikpapan, Jokowi akan menaiki helikopter Super Puma TNI AU untuk menuju IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara.

    Dia tampak didampingi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Gandi Sulistiyanto.

    Sebelumnya, Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN Agung Wicaksono mengatakan, proses groundbreaking proyek tersebut telah dipetakan Jokowi tepat 7 bulan sebelum digelarnya upacara HUT ke-79 Republik Indonesia di IKN pada 17 Agustus 2024 mendatang.

    BACA JUGA :Gerak Cepat Otorita IKN bidang Kebudayaan, kunjungi Samsara Living Museum di Bali

    “Tepat 7 bulan sebelumnya akan dilakukan groundbreaking ke-IV. Kita akan semakin kencang, gaspol, tepati janji untuk membangun IKN,” ujar Agung dalam sesi konferensi pers virtual, Selasa (16/1/2024).

    Tak hanya Jokowi, Menteri BUMN Erick Thohir juga direncanakan hadir dalam pelaksanaan groundbreaking ke-IV di IKN. Pasalnya, ada dua proyek BUMN yang bakal dimulai, yakni Nusantara Logistic Hub oleh PT Pos Indonesia (Persero) dan Studio Siaran Radio di IKN oleh RRI.

    “Pak Erick Thohir juga besok akan hadir. Ada dua BUMN yg besok akan berperan, PT pos logistik dan RRI. Kalau tidak akan aral melintang, besok Pak Presiden akan bicara kepada bangsa Indonesia melalui siaran radio untuk pertama kalinya di IKN,” ungkapnya.

    Selanjutnya, ada empat proyek yang berasal dari alokasi APBN yang bakal groundbreaking 17 Januari 2024. Tiga di antaranya dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), yakni Kantor Otorita IKN, Masjid Negara, dan Memorial Park. Sementara satu lainnya yakni Kantor Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

    BACA JUGA :Tenaga Ahli Otorita IKN bidang Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat Memperkenalkan IKN Pada Warga Perbatasan

    “Yang APBN ada tiga. Pertama yang bersejarah, Kantor OIKN akan dibangun. Dan juga dari PUPR bangun dua yang monumental. Pertama masjid negara di IKN Nusantara mulai besok, dan memorial park, beranda Nusantara,” papar Agung.

    Sisanya, ada empat proyek milik swasta yang akan groundbreaking Rabu, yaitu area pergudangan oleh SUN Hub, hotel bintang 5 milik Jambuluwuk, Green Pesantren sebagai pilot project reforestasi, dan Nusantara Warehouse Park oleh perusahaan Kalimantan PT Wulandari Bangun Laksana.

    “SUN Hub dan Nusantara Warehouse Park menunjukan memang logistik jadi tema di groundbreaking kali ini bersama Pos Indonesia. Hotel juga terus bertambah. Kali ini ada hotel bintang 5 lagi dari Jambuluwuk Group bekerjasama dengan Badan Usaha Otorita juga,” tuturnya. (Rd)

    (liputan6)

    latest articles

    explore more

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini